header cah kesesi ayu tea

Karakteristik Reksadana Pendapatan Tetap yang Wajib Anda Tahu

C:\Users\alini\Downloads\141.jpg

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-orang-orang-wanita-tangan-8764611/

Reksadana memiliki beberapa jenis investasi dengan karakteristik yang berbeda, termasuk reksadana pendapatan tetap. Produk reksadana ini tentu saja memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan 3 jenis lainnya.

Berbicara mengenai investasi, reksadana selalu menjadi pilihan banyak orang karena memiliki risiko yang minim dengan keuntungan yang cukup menggiurkan. Selain itu, dengan minimal penanaman modal yang minim, membuat investasi ini cocok untuk berbagai kalangan. 

Lalu, bagaimana dengan reksadana pendapatan tetap? Apa perbedaannya dengan investasi reksadana yang lainnya? Temukan jawabannya di bawah ini.

Apa Itu Reksadana Pendapatan Tetap?

Sebelum mengetahui seperti apa karakteristik dari produk reksadana ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu reksadana pendapatan tetap agar bisa lebih memahami pembahasan berikutnya.

Reksadana pendapatan tetap adalah salah satu dari 4 jenis produk reksadana yang menginvestasikan setidaknya 80% dari asetnya ke dalam bentuk surat utang atau obligasi yang mana surat tersebut akan diterbitkan oleh perusahaan ataupun pemerintah.

Disebut dengan reksadana pendapatan tetap, karena produk reksadana ini mewujudkan uang yang ditanam oleh investor ke dalam instrumen yang bisa memberikan pendapatan tetap seperti obligasi, surat berharga, dan lainnya.

Risiko yang mungkin didapatkan investor pada jenis investasi ini memang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan reksadana pasar uang, namun potensi keuntungan yang didapatkan juga akan lebih tinggi.


Karakteristik Reksadana Pendapatan Tetap

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-tangan-laptop-bekerja-7054790/

Sebelumnya Anda mengetahui apa itu reksadana pendapatan tetap. Untuk bisa mengenali lebih jauh mengenai produk ini, Anda harus mengetahui karakteristiknya. Berikut beberapa karakteristik dari investasi pendapatan tetap ini.

  1. Bebas Pajak Obligasi

Perlu investor ketahui jika produk reksadana yang satu ini terbebas dari pajak obligasi. Sehingga, keuntungan yang akan didapatkan investor tidak akan terpotong oleh pajak. Dengan demikian, profit yang diterima akan lebih maksimal.

Padahal, saat ini jumlah besaran pajak obligasi cukup besar yaitu senilai 10%. Tentu saja nilai pajak tersebut cukup membuat ragu ketika mendengarnya karena membayangkan profit investasi Anda harus terpotong dengan nilai yang cukup tinggi. 

  1. Imbal Hasil Stabil

Sebagian besar reksadana pendapatan tetap akan ditempatkan pada obligasi. Hal ini menyebabkan imbal hasil yang akan diterima jauh lebih stabil. Obligasi biasanya akan menawarkan kupon dengan nilai yang lebih tinggi.

Dengan demikian, investor akan menerima keuntungan bukan hanya dari imbal hasil saja. namun juga dari capital gain atau selisih jual beli obligasi. 

  1. Pendapatan Tidak Tetap

Banyak yang salah paham dengan istilah pendapatan tetap ini. Yang dimaksud dengan pendapatan tetap dari reksadana ini ialah obligasi akan memberikan keuntungan secara berkala pada investor dalam bentuk kupon atau bunga yang memiliki jumlah tetap.

Hal tersebut bukan berarti produk reksadana ini akan memberikan pendapatan yang tetap setiap kalinya. Sebab, keuntungan investasi pendapatan tetap ini juga bisa berubah-ubah beriringan dengan kondisi ekonomi nasional ataupun global.

  1. Cocok untuk Jangka Menengah

Bagi investor yang senang berinvestasi untuk jangka yang tidak terlalu lama dan tidak terlalu singkat, maka reksadana pendapatan tetap akan cocok untuk Anda karena investasi ini dapat memberikan potensi keuntungan maksimal dalam jangka waktu menengah.

Manajer investasi akan menempatkan dana dari investor di obligasi dengan masa jatuh tempo lebih dari 1 tahun. Sehingga, produk investasi ini cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu sekitar 1-3 tahun lamanya.

  1. Berisiko Menengah

Meskipun reksadana dikenal dengan risiko investasinya yang minim, reksadana pendapatan tetap memiliki risiko menengah. Maksudnya yaitu diantara 4 jenis produk reksadana, investasi pendapatan tetap ini memiliki risiko yang berada di tengah-tengah.

Risiko yang mungkin terjadi yaitu perusahaan tidak dapat membayar kupon obligasi atau tidak dapat mengembalikan pokok obligasi. Namun, hal ini relatif jarang terjadi.

Investasi Reksadana Pendapatan Tetap di DBS Treasures

Berdasarkan karakteristik di atas, kita mengetahui jika produk reksadana ini juga memiliki risiko. Untuk bisa menghindari risiko yang fatal, tentunya Anda harus memilih mitra berinvestasi yang sudah tepercaya seperti perbankan prioritas DBS Treasures

DBS Treasures akan mendukung proses investasi Anda agar bisa berjalan dengan mudah dan mendapat keuntungan maksimal dengan meminimalisir risiko yang mungkin Anda dapatkan. Bukan itu saja, ada beberapa keuntungan lainnya yang ditawarkan oleh DBS Treasures yaitu:

  • Dana Dikelola oleh Manajer Investasi

Pengelolaan reksadana langsung dilakukan oleh manajer investasi profesional yang bermitra dengan DBS Treasures. Dengan demikian, modal yang ditanam oleh investor akan mengalami perkembangan yang lebih optimal sehingga imbal hasil yang didapatkan akan lebih maksimal.

  • Wawasan Peluang Tren Investasi Langsung Dari Ahlinya

DBS Treasures memiliki sebuah tim professional yang akan memberikan informasi atau wawasan pada investornya mengenai peluang investasi yang saat ini sedang tren, sesuai dengan minat dan profil para nasabah. Hal ini tentu akan sangat berguna bagi para investor karena mendukung pengambilan keputusan dengan yakin.

  • Minim Risiko

DBS Treasures akan membantu investor untuk lebih mudah diversifikasi. Diversifikasi bertujuan untuk meminimalisir risiko investasi. Sehingga, saat diversifikasi dapat dilakukan dengan mudah, risiko investasi akan menjadi lebih minim.

  • Transaksi Lengkap dan Mudah

Anda bisa melakukan berbagai transaksi dengan mudah melalui Aplikasi digibank by DBS. Mulai dari analisis reksadana yang didukung dengan data Infovesta, jual-beli reksadana, hingga switching.

jika Anda masih belum memiliki SID atau Single Investor Identification yang dikeluarkan oleh KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia), Anda bisa melakukan registrasi SID ini melalui Aplikasi digibank by DBS.

Berdasarkan karakteristik reksadana pendapatan tetap, apakah investasi ini cocok dengan kebutuhan Anda? Jika jawabannya iya, tunggu apalagi? Ayo investasi reksadana di DBS Treasures sekarang juga.



Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment