Cara Meningkatkan Minat Baca Pada Anak - Cah Kesesi AyuTea

Cara Meningkatkan Minat Baca Pada Anak

Halo Assalamu'alaikum,

Boleh kah saya bertanya, sudah berapa buku yang temen-temen baca selama ini? Buku apa yang paling disukai temen-temen untuk dibaca?

Jaman sudah serba digital gini, apakah temen-temen masih sering membaca buku? 

Membaca itu banyak manfaatnya, siapapun yang gemar membaca akan mendapatkan banyak manfaat yaitu menambah wawasan mereka. 


Lalu bagaimana dengan anak-anak? Bagaimana agar anak-anak kita suka membaca juga? Bagi sebagian anak, membaca mungkin membosankan. Bagaimana caranya agar anak mau membaca tanpa merasa terpaksa?

Waktu Noofa kecil, saya sudah banyak membelikan beberapa boardbook untuk dia, ada juga membelikan buku-buku cerita untuk Noofa. tujuan saya biar dia terbiasa dengan buku sejak kecil. 

Saya sebagai orangtua harus membaca bersama anak, saya berusaha membuat kegiatan ini menjadi menyenangkan. Tanpa kita sebagai orangtua, ngga mungkin juga anak langsung bisa membaca, palingan, dia mencoba menceritakan kembali dari gambar-gambar yang dia lihat. Karena buku anak biasanya full color. Ya, kan?

Nah, berikut ini tips bagaimana meningkatkan minat baca pada anak:

pertama: Menjadi Contoh untuk Anak

Anak adalah peniru ulung, pernah dengar kalimat itu? Ya, anak ibarat kertas putih, dia mau ditulis apa saja oleh orangtuanya akan nurut. Bahkan di film tarzan, ada anak manusia yang perilakunya seperti monyet karena sejak kecil hidupnya dengan monyet. 

Nah, kalau kita ingin anak kita gemar membaca, ya kita sebagai orangtua memberi contoh kepadanya. Saya membacakan buku cerita ke anak saya dengan bahagia dan ikhlas, wal hasil Noofa tertular suka membacakan buku untuk Nooha, adiknya. 

Kedua: Mengimplementasikan Isi Buku

Maksudnya adalah menghidupkan isi buku. Misalnya hari ini membaca tentang memasak masakan. Nah, kita ajak anak kita terlibat saat kita memasak. Selain untuk eksplorasi dan pengalaman, kita juga bisa memberikan contoh-contoh nyata dari bacaan yang kita baca. 

Banyak, kok. Kegiatan-kegiatan indoor maupun outdoor yang diilhami dari bacaan yang kita baca. 

Ketiga: Menonton Film-film Adaptasi dari Buku

Ada beberapa buku yang kemudian diadaptasi dalam betuk film, kalau sudah khatam baca bukunya, kemudian ajak anak untuk menonton filmnya. Ini salah satu cara jitu supaya anak jadi suka membaca, karena ada semacam gambaran melalui film dari apa yang pernah ia baca.

Keempat: Perbanyak Koleksi Buku di Rumah

Anak yang di sekelilingnya banyak buku, lambat laun dia akan mencintai buku. Kalau bahasa kerennya, AL-KULINA MINAL BIASA, hahaha.. Jadi anak yang terbiasa dengan buku maka akan mencintai buku.

Letakkan buku di mana saja termasuk di mobil, mereka pasti akan mengambil dan membacanya. Alice, seorang pakar pengembangan anak menyarankan agar tidak menyimpan buku di rak yang susah dijangkau, Biarkan anak kecil mengambil buku dan membawanya ke mana saja.

Itulah sedikit tips dari saya tentang cara meningkatkan Minat Membaca Pada Anak, mungkin temen-temen punya tips lain dari sekian banyak ilmu parenting yang pernah didapatkan? Yuk ah share di kolom komentar.

1 comment:

  1. Kalau orang tua gak suka baca buku, tetapi anak pengin di didik seperti itu bagaimana ya? Itu bakat atau memang perlu dibiasakan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)