Skip to main content

Cara Meningkatkan Minat Baca Pada Anak

Halo Assalamu'alaikum,

Boleh kah saya bertanya, sudah berapa buku yang temen-temen baca selama ini? Buku apa yang paling disukai temen-temen untuk dibaca?

Jaman sudah serba digital gini, apakah temen-temen masih sering membaca buku? 

Membaca itu banyak manfaatnya, siapapun yang gemar membaca akan mendapatkan banyak manfaat yaitu menambah wawasan mereka. 


Lalu bagaimana dengan anak-anak? Bagaimana agar anak-anak kita suka membaca juga? Bagi sebagian anak, membaca mungkin membosankan. Bagaimana caranya agar anak mau membaca tanpa merasa terpaksa?

Waktu Noofa kecil, saya sudah banyak membelikan beberapa boardbook untuk dia, ada juga membelikan buku-buku cerita untuk Noofa. tujuan saya biar dia terbiasa dengan buku sejak kecil. 

Saya sebagai orangtua harus membaca bersama anak, saya berusaha membuat kegiatan ini menjadi menyenangkan. Tanpa kita sebagai orangtua, ngga mungkin juga anak langsung bisa membaca, palingan, dia mencoba menceritakan kembali dari gambar-gambar yang dia lihat. Karena buku anak biasanya full color. Ya, kan?

Nah, berikut ini tips bagaimana meningkatkan minat baca pada anak:

pertama: Menjadi Contoh untuk Anak

Anak adalah peniru ulung, pernah dengar kalimat itu? Ya, anak ibarat kertas putih, dia mau ditulis apa saja oleh orangtuanya akan nurut. Bahkan di film tarzan, ada anak manusia yang perilakunya seperti monyet karena sejak kecil hidupnya dengan monyet. 

Nah, kalau kita ingin anak kita gemar membaca, ya kita sebagai orangtua memberi contoh kepadanya. Saya membacakan buku cerita ke anak saya dengan bahagia dan ikhlas, wal hasil Noofa tertular suka membacakan buku untuk Nooha, adiknya. 

Kedua: Mengimplementasikan Isi Buku

Maksudnya adalah menghidupkan isi buku. Misalnya hari ini membaca tentang memasak masakan. Nah, kita ajak anak kita terlibat saat kita memasak. Selain untuk eksplorasi dan pengalaman, kita juga bisa memberikan contoh-contoh nyata dari bacaan yang kita baca. 

Banyak, kok. Kegiatan-kegiatan indoor maupun outdoor yang diilhami dari bacaan yang kita baca. 

Ketiga: Menonton Film-film Adaptasi dari Buku

Ada beberapa buku yang kemudian diadaptasi dalam betuk film, kalau sudah khatam baca bukunya, kemudian ajak anak untuk menonton filmnya. Ini salah satu cara jitu supaya anak jadi suka membaca, karena ada semacam gambaran melalui film dari apa yang pernah ia baca.

Keempat: Perbanyak Koleksi Buku di Rumah

Anak yang di sekelilingnya banyak buku, lambat laun dia akan mencintai buku. Kalau bahasa kerennya, AL-KULINA MINAL BIASA, hahaha.. Jadi anak yang terbiasa dengan buku maka akan mencintai buku.

Letakkan buku di mana saja termasuk di mobil, mereka pasti akan mengambil dan membacanya. Alice, seorang pakar pengembangan anak menyarankan agar tidak menyimpan buku di rak yang susah dijangkau, Biarkan anak kecil mengambil buku dan membawanya ke mana saja.

Itulah sedikit tips dari saya tentang cara meningkatkan Minat Membaca Pada Anak, mungkin temen-temen punya tips lain dari sekian banyak ilmu parenting yang pernah didapatkan? Yuk ah share di kolom komentar.

Comments

  1. Kalau orang tua gak suka baca buku, tetapi anak pengin di didik seperti itu bagaimana ya? Itu bakat atau memang perlu dibiasakan

    ReplyDelete
  2. My girl loves reading books and recreate Hairstyles in them because she is obsessed with them! I love them so much!

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

USAHA MIKRO; TETAP BERTAHAN DI TENGAH PANDEMI BERSAMA PIP

Kurang lebih 6 bulan masyarakat Indonesia berperang melawan pandemi Covid-19, dan hingga saat ini perang tersebut belum ada indikasi berakhir. Pandemi Covid-19 di Indonesia yang diketahui sejak awal bulan Maret 2020 harus memaksa sebagian besar masyarakat Indonesia untuk membatasi aktivitasnya agar penularan dapat dicegah. Dampak dari pembatasan tersebut mengakibatkan berbagai sektor terkena imbas akibat terhentinya aktivitas masyarakat. Di antara sektor yang paling parah terkena dampak Covid 19 adalah sektor ekonomi. Bukan hanya dalam skala makro, pandemi Covid-19 ini pun menghantam sektor mikro, bahkan tak tanggung-tanggung para pedagang kecil dan pelaku UMKM juga terkena imbasnya. Bahkan tidak sedikit dari mereka harus gulung tikar dan tidak dapat melanjutkan usahanya karena mengalami banyak kerugian, mulai dari turunnya pendapatan, hingga tidak lakunya barang-barang hasil produksi mereka.  Jika kita mau menengok lebih dalam lagi, UMKM di Indonesia sangat banyak jumlahnya, usaha ini

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi..  Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya i ni cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu a