Memilih Printer Sesuai Kebutuhan - Cah Kesesi AyuTea

Memilih Printer Sesuai Kebutuhan

Assalamu'alaikum,

Memilih Printer Sesuai Kebutuhan Printer adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mencetak dokumen berupa teks, gambar atau kombinasi keduanya. Seiring berkembangnya teknologi dan kebutuhan saat ini printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak tetapi juga bisa digunakan untuk menduplikat dokumen layaknya mesin fotokopi, fitur tambahan lainnya yang sering dijumpai di printer perkantoran adalah faks dan scan. Printer model ini disebut All in One karena menggabungkan banyak fitur dalam satu perangkat. Harganya jelas lebih mahal daripada printer fungsi tunggal tetapi jika dihitung akan lebih hemat dibandingkan membeli perangkat terpisah untuk faks atau scanner. 

Saat ini pasar printer di Indonesia dikuasai oleh Epson, Canon dan HP. Ketiga merk ini pasti sudah tidak asing lagi dan kualitas produknya tidak perlu diragukan. Masing-masing mempunyai kelebihan dan pilihan model printer. Printer termahal tidak selalu yang terbaik, pilihlah printer yang sesuai kebutuhan dan anggaran. Untuk pengguna rumahan yang hanya membutuhkan fitur cetak tentu akan berlebihan jika membeli printer multifungsi yang memiliki fitur faks. Begitu juga sebaliknya pengguna di perkantoran akan kurang efisien jika membeli printer cetak saja padahal di saat yang bersamaan juga membutuhkan fitur seperti scan, fotokopi dan faks.


1. Printer Fungsi Tunggal

Printer ini mudah ditemukan di toko komputer. Harganya pun terjangkau karena tidak terdapat fitur lain selain mencetak. Selain itu pengoperasiannya juga mudah karena dibandingkan printer multifungsi. Printer jenis ini cocok untuk Anda yang hanya membutuhkan printer untuk mencetak. Printer cartridge atau tinta isi ulangnya juga murah dan mudah pemasangannya. 



2. Printer Khusus Foto

Untuk Anda yang suka foto-foto printer jenis ini bisa mengabadikan momen perjalanan atau liburan Anda tanpa harus pergi ke studio foto. Printer jenis ini sudah canggih dan tidak memerlukan komputer, bahkan Anda bisa langsung mencetaknya dari smartphone, kartu memori atau flash disk. Untuk hasil cetak foto yang maksimal pastikan Anda menggunakan kertas foto yang direkomendasikan produsen. Selain itu gunakan printer cartridge asli sehingga warna yang dihasilkan tahan lama dan bagus.

3. Printer Laser

Seperti namanya printer ini menggunakan laser dalam proses pencetakan. Printer jenis ini mempunyai kelebihan di kecepatan mencetak dibandingkan printer inkjet. Printer laser tidak menggunakan tinta tetapi berupa serbuk campuran karbon dan polimer. Jika tinta isi ulang pada printer inkjet disebut printer cartridge maka printer laser namanya toner cartridge. Jika Anda membutuhkan printer yang bisa mencetak dengan cepat dalam jumlah banyak maka printer laser merupakan pilihan tepat.

4. Printer Multifungsi

Printer jenis ini banyak digunakan di perkantoran karena banyaknya fungsi yang bisa digunakan dalam satu perangkat. Printer multifungsi hadir sebagai jawaban untuk pengguna kantoran yang sering melakukan faks, fotokopi, scan dan tentunya mencetak. Selain multifungsi, printer jenis ini juga dilengkapi dengan fitur seperti ethernet atau wifi direct sehingga bisa langsung mencetak dari perangkat yang mendukung wifi. Tersedia dalam 2 pilihan printer cartridge, tinta inkjet atau serbuk toner pada printer laser. 

Belanja kebutuhan kantor atau rumah seperti printer atau perlengkapannya semakin mudah di Bukalapak.com, tersedia banyak pilihan produk dengan harga yang lebih murah daripada toko komputer. Selain lengkap, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas produk yang dijual di Bukalapak karena sudah banyak brand resmi yang juga membuka lapaknya di BukaMall. Selain membeli printer Epson, Canon atau HP dan printer cartridge Anda juga bisa membeli produk lain untuk aksesoris komputer atau laptop seperti cooling fan untuk menjaga laptop supaya tetap dingin.

46 comments:

  1. Aku dikantor pakai yang laser jet karena pemakaian rutin dan butuh cepat selesai sehingga lebih optimal

    ReplyDelete
  2. Di ka torku oake printer yg serba bisa itu, bisa foto kopi dan fax, tp ngefax skrg udh jarang sih ya, lbh banyak dipake utk print dan fotp kopi ajaa

    ReplyDelete
  3. Bulan November lalu aku habis beli printer, Mbak. Yang murah2 aja mbak. Yang penting bisa buat ngeprint dokumen.

    ReplyDelete
  4. Jadi teringat jaman masih jadi anak magang. Tiap hari harus jelasin printer, catridge, tinta dan kawan-kawannya. Kalau sekarang aku sudah agak-agak lupa soal printer. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, wkwkkw.. sekarang kalau ngeprint tinggal ngeprint aja di kantor

      Delete
  5. Aku ngeprint masih nebeng rental hihi soalnya kirim naskah kebanyakan by email ey

    ReplyDelete
  6. sekarang nyari printer di warnet susah banget. emang kudu punya printer sendiri.

    ReplyDelete
  7. Kalo aku pake printer laser merk HP. Gila, itu printer umurnya udah ada sepuluh tahunan tapi masih tetep oke kerjanya.

    ReplyDelete
  8. Printer di sekolah saya tuh gunakan dua jenis. Printer laser dan printer cartride, lumayan awet

    ReplyDelete
  9. Pengen banget beli printer karena kebutuhan yang menuntut untuk print banyak, jadi susah kalau harus ke t4 print lagi, makasih rekomendasinya 😊

    ReplyDelete
  10. Kalau ada rezeki sih enak yg multifungsi ya

    ReplyDelete
  11. Sekarang saya kalau cari printer pasti yang multifungsi. Membantu banget kalau harus fotocopi atau scan, gak usah harus ke tempat fotokopian

    ReplyDelete
  12. Printer emang harus bener-bener dipilih ya Mba, bingung juga di rumah udah berapa printer umurnya pendek semua.. huhu..

    ReplyDelete
  13. Aku baru punya printer mba dan alhamdulillah puas sekali dengan performa printernya. Tapi kayaknya aku butuh cooling fan deh

    ReplyDelete
  14. Printer ku rusak sering nya, akhirnya numpang cetak di rental

    ReplyDelete
  15. Jadi ingat punya dua printer lagi rusak, dimana service printer yang terpercaya ya?

    ReplyDelete
  16. di kantor pake yang laser mba tapi suka macet bikin kesel klo lagi dikejar2 buat report eh ngadat wkwkwkk

    ReplyDelete
  17. Keren ya ada USB Mini Fan..biar laptopnya gak cepet panas.

    ReplyDelete
  18. Sana dirumahpun ku punya merk ini mba.walaupun tipe yg beda. awet mba

    ReplyDelete
  19. Di rumah aku pakai yang printer multifungsi Mbak. Soalnya saya dan suami sama-sama sering kerja di rumah yang butuh print dan scan. Sepertinya hanya fitur itu yang sering dipakai....

    ReplyDelete
  20. kalau butuh yang cepet dan gak harus berwarna, laser jet jadi andalan banget di kantor dulu. tapi kalo buat di rumah, wishlist nya tentu yang multifungsi, hehehe

    ReplyDelete
  21. butuh bgt nih printer serba bisa buat mendukung acara belajar dan bekerja keluarga kamj

    ReplyDelete
  22. Aku di rumah pakai yg multifungsi buat print, scan, fotokopi juga. Karena tugas anak2 mulai banyak yg butuh printer :)

    ReplyDelete
  23. Ternyata mesin printer ada beberapa jenisnya ya. Harus tahu perawatannya juga agar printer awet dan ga gampang rusak.

    ReplyDelete
  24. Sekarang printer makin multifungsi ya...
    Kemarin saya lihat ada printer yang selain untuk mencetak juga bisa fotocopy, untuk scan dan ada wifi-nya juga.

    ReplyDelete
  25. Aku sekarang blm terlalu butuh printer sih, entah nanti. Tapi paling suka printer yg buat foto. Lagi-lagi kudu pinter ngrawatnya

    ReplyDelete
  26. Mas suami juga lagi pengen printer, padahal aku ada printer tapi cardridnya rusak. Katanya benerin lebih mahal mending beli baru gitu

    ReplyDelete
  27. Sejak berhenti kerja dan mengerjakan pekerjaan di rumah jadi berasa butuh printer untuk di rumah

    ReplyDelete
  28. Kalo aku suka printer yang sekaligus bisa scan dan fotocopy mba. Sekalian 😀

    ReplyDelete
  29. Aku dirumah pakai printer multifungsi, bisa ngeprunt, scan, dan fax karena waktu itu dibutuhkan untuk kantor biar praktis.

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah, printer di rumah udah multifungsi. Jadinya bisa ngapa-ngapain tanpa harus ke tukang ngeprint. :D

    ReplyDelete
  31. yang ada di rumahku yang multi fungsi ..jadi bisa untuk fax, kopi, dan scanner Mba..jadi bisa sekalian pakainya Kalau perlu

    ReplyDelete
  32. Dulu pas masih ribet sama tesis pengen banegt punya printer keren. Tp ga kesampean huhuhu

    ReplyDelete
  33. Belum kesampaian nih beli printer,, ntar lah kalau udah punya laptop dulu hehe.

    ReplyDelete
  34. Aku kmrn beli printer yg bisa buat scan dan foto copy mbak, soalnya rumahku jauh dr rental kan, jd aku pikir wajib punya printer yg agak lengkap kyk gtu

    ReplyDelete
  35. Paling penting untukku tuh printer yang sekalian ada scannernya. Juga untuk keperluan cetak2 dokumen penting yang rada rawan kalau dibawa ke tempat umum.

    ReplyDelete
  36. Kalau punya printer palingan ya buat cetak dokumen aja. Apa ada rekomendasi printer yg warnanya stabil buat cetak dokumen berwarna?

    ReplyDelete
  37. Jujur ya aku mah asal pakai aja, gatau ada beda bagian tintanya nih. Setelah baca baru tau deh

    ReplyDelete
  38. Memilih sesuatu sesuai kebutuhan itu sangat harus

    ReplyDelete
  39. Hari gini printer udah semacam kebutuhan juga, udh satu paket sama laptop, gadget dan internet yaa.. hihihi...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)