Ini yang Terjadi Ketika Tiduran Setelah Makan - Cah Kesesi AyuTea

Ini yang Terjadi Ketika Tiduran Setelah Makan


Tahukah kamu? Mengantuk setelah makan memang hal yang alamiah, namun jika rasa kantuk selalu datang setiap sehabis makan, maka hal ini dapat menghambat aktivitas kita sehari-hari dan membuat kita menjadi tidak produktif.

Sebenarnya rasa kantuk muncul dari otak sebagai respons hormon dan saraf dalam tubuh. Saat kantuk melada, kerja otak tidak akan maksimal. Sehingga, banyak fungsi tubuh yang terpengaruh seperti menurunnya kepekaan, tingkat konsentrasi yang rendah, dan tidak adanya gairah atau semangat. Meskipun begitu, sebaiknya hindari kebiasaan tidur setelah makan karena kebiasaan tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita, misalnya:
  • Naiknya berat badan. Rasa kantuk yang muncul setelah Anda menyantap makanan, membuat Anda ingin tidur. Jika Anda mengikuti keinginan ini dan tidur sebentar, misalnya hanya dalam hitungan menit, maka akan menyebabkan berat badan meningkat. Hal ini juga dapat memicu beberapa risiko penyakit yang berhubungan dengan obesitas.
  • Refluks asam. Refluks asam terjadi saat zat asam lambung naik kembali ke esofagus. Ini membuat dada terasa panas dan tidak nyaman.
  • Risiko penyakit stroke dan jantung. Meskipun dampaknya baru akan terlihat dalam jangka panjang, refluks asam berlebih dapat menyebabkan napas terhenti sejenak ketika tidur. Hal inilah yang memicu penyakit stroke. Selain itu, serangan jantung juga bisa terjadi jika seseorang sering langsung tidur ketika merasa kenyang. Hal ini terjadi akibat dari lemak yang terus menumpuk, yang kemudian menyebabkan penyempitan pembuluh darah.
Agar tidak mengantuk setelah makan, ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein, tidak makan terlalu banyak, menghindari makan makanan cepat saji dan meminum kopi di siang hari. Itulah yang bisa saya bagikan di postingan ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)