Skip to main content

Susu Mahal itu Banyak. Tetapi Susu Mahal Belum Tentu Cocok untuk Anak Kita


“Susu mahal itu banyak. Tetapi susu mahal belum tentu cocok untuk anak kita” Ungkapya

******

Anak adalah karunia terbesar yang diberikan Allah kepada kita semua. Mendapat kepercayaan dari  Tuhan untuk menjadi orang tua tentu menjadi hal sangat membahagiakan. Terlebih bila kehadiran sang buah hati dinanti hingga waktu yang cukup lama. Setelah sang ibu tahu ‘positive’ hamil, maka sebagai orang tua yang baik maka kehamilan tentu akan dijaga dengan sebaik-baiknya. 

Begitupun saat bayi sudah lahir sebagai orang tua tentu akan memberikan perhatian yang sebaik-baiknya bagi sang buah hati. Memberikan yang terbaik kepada anak tentu menjadi hal wajib bagi orangtua. Salah satu bentuk kasih sayang dan perhatian orang tua terutama ibu kepada buah hati adalah memberikan ASI eksklusif selama enam bulan pertama dan dilanjutkan selama dua tahun. ASI eksklusif selama enam bulan pertama sangatlah penting karena saat itu bayi dalam masa perkembangan dan pertembuhan. ASI eksklusif juga mengandung banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat ASI eksklusif 6 bulan pertama menurut Mbak Monic Lee yang saya kutip dari website manfaat [dot] co [dot] id.


Pertama, ASI merupakan minuman sekaligus makanan yang memiliki kualitas terbaik untuk bayi karena mudah dicerna dan diserap, higienis, segar dan aman dari segala bahaya pengawet. Kedua, ASI mampu menyempurnakan masa pertumbuhan sehingga bayi yang menerima ASI ekslusif akan terhindar dari berbagai macam penyakit dan bisa meningkatkan kecerdasan. Ketiga, ASI memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit yang dapat menyerang bayi terutama infeksi. Ke empat, ASI memperindah kulit, gigi, dan bentuk rahang bayi. Kelima, Apabila bayi diberikan ASI ekslusif dipercaya akan jarang terkena diare, sembelit, dan alergi. Ke enam, ASI ekslusif dipercayai sebagai sumber paling efektif untuk mencegah kematian bayi karena bayi di bawah usia 2 bulan apabila tidak disusui enam kali lebih besar kemungkinannya untuk meninggal dunia yang diakibatkan karena diare atau infeksi saluran pernapasan akut daripada bayi yang menerima ASI.

Pengalaman saya memberikan ASI eksklusif kepada anak saya, Noofa, adalah pengalaman yang sangat menyenangkan dan membahagiakan bagi saya. Betapa tidak, memberikan ASI juga bisa mempererat hubungan Ibu dan anaknya. Saya memberikan ASI ekslusif pada Noofa enam bulan pertama kemudian dilanjutkan hingga usia Noofa dua tahun. Tetapi pada kenyataannya, Noofa masih nenen hingga Noofa usia tiga tahun. hehe.

Proses menyapih Noofa memang cukup lama. Pertama kali berencana menyapihnya di usia dua tahun. tetapi tidak berhasil. Dicoba lagi dan lagi hingga menjelang ulang tahun ketiga Noofa. Namun, meskipun begitu, Noofa masih suka ‘menthil’ kalau mau tidur.

Meskipun masih ASI, Anak saya mulai saya kenalkan susu formula dan susu UHT saat usianya menjelang dua tahun. Proses pemilihan susu formula juga tidak singkat. Waktu itu saya evaluasi beberapa merk susu, memilih yang benar-benar cocok untuk Noofa. Di usianya yang masih balita, tentunya saya ingin memberikan Susu Balita Terbaik untuk Noofa. Tidak mudah memang, karena Noofa awalnya tidak tertarik sama sekali dengan susu formula. Lalu saya konsultasikan dengan ahlinya.



“Susu mahal itu banyak, Bu. Tetapi susu mahal belum tentu cocok untuk anak. Karena setiap anak itu berbeda. Mending, Ibu fokus kepada bagaimana anak ibu mau minum susu sebagai tambahan nutrisi di dalam tubuhnya”. Begitu kalimat singkat yang dikatakan beliau kepada saya.


Saya observasi beberapa merk susu dengan rasa yang sekiranya disukai Noofa. Alhamdulillahnya Noofa belum pernah mendapatkan efek negative dari susu-susu yang pernah diminumnya, seperti diare atau alergi. Namun, Noofa lebih condong ke rasa susu tersebut. Contohnya, susu merk A rasa coklat tidak sama dengan susu merk B rasa coklat. Setelah melalui proses panjang tersebut, akhirnya sekarang Noofa bisa doyan susu formula dan tetap doyan makan, juga sesekali masih minta nenen. Hehehe. 

Memberikan ASI eksklusif sekaligus susu formula terbaik buat Noofa merupakan salah satu bentuk perhatian dan kasih sayang yang saya lakukan sebagai orangtua. Memberikan segala sesuatu yang terbaik buat buah hati memang sudah menjadi komitmen saya dan suami sebagai orang tua supaya ke depan anak kami (Noofa) menjadi anak yang tumbuh sehat, cerdas dan bisa berprestasi sehingga bisa membanggakan orang tua, amien. 

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . .

Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi. Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan?
Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya.
Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut karena pernah kejadian tet…

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi.. 
Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya ini cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu aku pencet…

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare.