Skip to main content

Cara yang Tepat dalam Melakukan Transaksi Jual Beli Rumah/Tanah



Proses jual beli rumah atau tanah tidak semudah seperti transaksi yang dilakukan dipasar. Jika dipasar ada penjual ada pembeli, ada tawar menawar dan terkadang tidak perlu memakai nota. Berbeda jika anda ingin melakukan transaksi sebuah rumah atau tanah, semuanya harus jelas dengan syarat dan ketentuan yang dipaerkuat oleh hukum.
gambar hasil googling :)
Dibutuhkan ketelitian ketika akan melakukan transaksi sebuah rumah/tanah. Sebuah rumah dengan sertifikat memiliki sifat yang mengikat, sehingga jika rumah tersebut sudah pindah pemilik sedangkan sertifikatnya masih pemilik sebelumnya sebaiknya segera lakukan peralihan kepemilikan. Karena jika tidak dilakukan bisa saja pemilik lain mengklaim bahwa rumah tersebut adalah miliknya. Di kota-kota besar hal seperti ini sering terjadi, terlebih pemilik yang baru tidak tahu bagaimana prosedur kepemilikan sebuah rumah atau tanah yang ujung-ujungnya harus berurusan dengan ahli waris untuk mengajukan permohonan peralihan hak sertifikat.

Jika anda ingin membeli sebuah rumah atau tanah, sebaiknya pastikan kepemilikan sertifikat tersebut atas nama pemilik yang sekarang bukan pemilik yang lama. Jika pemilik sekarang mengatakan gampang jika nanti mau proses balik nama, anda perlu ingat nilai dari transaksi seperti ini tidak sedikit. Tapi jika anda percaya dengan perkataan pemilik yang sekarang, mintalah bukti perjanjian transaksi antara penjual dan pembeli sebelumnya dengan jelas. Pastikan di dalam surat perjanjian tersebut ada tanda tangan pejabat setempat seperti Kepala Desa, Camat, Lurah dan saksi-saksi yang lainnya.

Untuk lebih amannya, sebaiknya ketika terjadi sebuah transaksi jual beli properti sebaiknya dihadiri lebih dari dua orang saksi yang dilakuakan di hadapan pejabat setempat. Atau lebih bagusnya jika anda melakukan transaksi tersebut di hadapan notaris dan bisa langsung dibuatkan akte.

Kalau jual beli rumah atau tanah dilakukan dengan prosedur yang jelas, maka tidak ada pihak-pihak yang merasa dirugikan. Anda akan terbebas dari masalah sengketa dan bisa lebih nyaman menempati rumah baru yang anda beli. Dalam hal menjual rumah juga harus dilakukan dengan proses seperti di atas, agar semuanya berjalan dengan lancar dan kedua belah pihak bisa saling menguntungkan satu sama lain.

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi..  Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya i ni cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu a

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare. Gambar pinjem dari web iinformasitips