Skip to main content

Mencegah Infeksi Virus Ebola

Wabah penyakit Ebola yang kini sedang menyerang wilayah Afrika Barat sedang menjadi perbincangan hangat dunia medis. Bagaimana tidak, dalam jangka waktu 7 bulan atau sejak bulan Maret 2014, telah ditemukan sebanyak 20.000 kasus Ebola dengan angka kematian mencapai 4.941 hanya dari 3 negara saja, yaitu Guinea, Sierra Leone dan Liberia. Virus ini bekerja cepat dalam tubuh manusia dengan merusak kerja organ dan menyebabkan pendarahan yang mengakibatkan penderitanya mengalami muntah darah bahkan keluar darah dari hidung dan telinga. Akibatnya, tekanan darah turun secara mendadak dan mengakibatkan kematian.

Untuk mencegah penyebaran penyakit virus Ebola ke wilayah dan negara lain, pemerintah negara-negara terkait, WHO dan badan kesehatan lain telah mengeluarkan peringatan perjalanan ke wilayah yang terindikasi wabah Ebola. Jika bantuan tenaga medis dan non-medis dari negara lain akan datang ke negara endemik, mereka diwajibkan untuk mengenakan pakaian khusus yang terlindungi agar tidak terinfeksi virus tersebut. Sebab, kontak langsung dengan cairan tubuh penderita bahkan memegang jarum bekas penderita dapat menyebabkan seseorang turut terinfeksi.

Beberapa kasus baru-baru ini terjadi pada tenaga medis asal Amerika Serikat dan Spanyol, dimana mereka dikembalikan ke negara asalnya untuk menjalani perawatan intensif setelah terindikasi terjangkit penyakit Ebola. Orang yang diduga menderita Ebola sebaiknya segera diisolasi dan di karantina dari pasien lain untuk menghindari kontak dengan orang lain. Tenaga medis yang menangani bahkan petugas yang bertugas mengurus jenazah korban Ebola juga wajib dilengkapi dengan peralatan keamanan standart agar tidak bersentuhan langsung dengan tubuh penderita.

Selain itu, infeksi juga dapat menyebar akibat kontak dengan pakaian maupun tempat tidur pasien. Sebab dimungkinkan benda-benda tersebut telah tercemar cairan tubuh pasien. Sehingga perlu dilakukan penanganan menggunakan disinfektan untuk mematikan virus dari benda-benda tersebut agar tidak menyebar ke orang yang sehat.

Bagi orang yang bukan merupakan tenaga medis, sebaiknya menghindari perjalanan ke daerah-daerah endemik untuk mengurangi risiko paparan penyakit Ebola. Jika ada anggota keluarga yang baru saja kembali dari negara endemik dan timbul gejala seperti demam, ada baiknya untuk segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk menjalani serangkaian tes untuk memastikan apakah terinfeksi virus Ebola atau tidak.

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi..  Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya i ni cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu a

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare. Gambar pinjem dari web iinformasitips