Skip to main content

Like Mother, Like Daughter!

Seperti kata pepatah "Buah Jatuh tak Jauh dari Pohonnya", istilah popular lain dalam bahasa Inggris adalah Like Mother, Like Daughter. Di mana bermakna bahwa seorang anak cenderung menyerupai orang tuanya. Ya, aku juga cenderung meng--iyakan pepatah itu, karena seorang anak kan lebih sering melihat kebiasaan orangtuanya, itu sudah menjadi hal yang lumrah bila sang anak akan meniru orangtuanya. Bagaimana si orangtua mendidik anaknya, dan mencetak anaknya kelak mau jadi seperti apa.

Banyak hal yang memang membuat aku manggut-manggut dan geleng-geleng kepala, kadang kagum, gemes, kadang pula sedih ketika melihat polah tingkah Noofa. Misalnya, semenjak Noofa bisa protes dan ngambek, ya Allah.. sedih sekali karena Noofa suka ngamuk nggak jelas, nangis dipol-polin, dan tantrum. Ketika aku sharing sama Ibuku, eh Ibu malah tertawa dan bilang "Yoo.. Podho koe jaman cilik" . Sadar nggak sadar, kalau Noofa seperti itu, sekarang aku anggap seperti kaca bagiku dan kembali teringat kata-kata Ibu, "paling juga Noofa tiru aku"!


Ngomongin sifat Noofa yang identik Koleris, berkemauan keras membuat aku juga harus ekstra mengencangkan "ikat kepala", tidak mungkin aku berdiam diri ketika Noofa ngamuk, aku harus mengubah kebiasaan buruknya menjadi kebiasaan yang baik. Tentu, sebagai orangtua yang idealis, aku tidak ingin sifat burukku juga akan menjadi sifat buruk Noofa, aku hanya ingin yang baik-baik saja dari aku yang Noofa tiru. Semua orang juga pasti ingin seperti apa yang aku inginkan!

Bicara soal kebiasaan lain, (mungkin) karena sudah menjadi hal yang sering Noofa lihat, Noofa sekarang suka menyanyi, Noofa memang belum mengerti tentang apa itu HOBI, akan tetapi kebiasaan itu membuat aku menjadi mengerti betapa yang dilakukan orangtua akan lebih banyak ditirukan anaknya. Aku pernah dua kali mengajak Noofa karaokean, bernyanyi bersenang-senang, mengenalkan microfon untuk pengeras suara saat bernyayi, kini Noofa bisa berimaginasi dengan benda yang ia pegang, saat dia menyayi biasanya dia akan mencari botol minyak kayu putih atau benda lain seperti lampu senter yang diimaginasikan sebagai Mic. Lucu memang, dan sangat membahagiakan!
Noofa saat bernyayi dengan lampu senternya :D
Menyanyi akan menjadi hal yang disukai Noofa (mungkin) kelak saat Noofa besar nanti, seperti aku yang memang suka menyanyi. Dan akan aku dukung selagi ini tetap di jalan yang baik dan positif, menyalurkan bakat, dan berkreasi membawa prestasi. Bila perlu, bila suatu saat nanti memang bakat menyanyi Noofa itu benar ada, aku ingin Noofa menyanyikan lagu-lagu Islami seperti gambus dan qosidah saja, tapi entah bagaimana nasib lagu qosidah saat Noofa sudah besar nanti, semoga saja makin bersemi. Amin :D

Harapanku untuk Noofa, boleh saja meniru sifat orangtua, asal yang baik dan bagus saja yang ditiru, tidak meniru sifat buruk Umimu ini, karena Umi juga nggak ingin kelak bila nanti kamu punya anak, sifat buruk yang ada di kamu akan ditiru anakmu. Hehehe..

Kalau aku sendiri masih terus mempunyai prinsip untuk selalu mengajarkan yang terbaik untuk Noofa, kami sebagai kedua orangtua sepakat untuk memberikan contoh yang baik kepada Noofa. Kebayang nggak sih kalau nanti anak kita protes saat kita menyuruhnya untuk sholat? Contoh: "Ngapain aku sholat, lha wong bapak nggak pernah sholat?" JLEEEBB! Ada satu status Facebook Pak Hariyanto Wijoyo tanggal 21 Feb 2014 yang cukup mengetuk hatiku:

Orang tua sholat + anak sholat = orang tua dan anak masuk surga,
Orang tua tidak sholat + anak sholat = orang tua masuk neraka dan anak masuk surga,
Orang tua sholat + anak tidak sholat = orang tua dan anak masuk neraka.

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

USAHA MIKRO; TETAP BERTAHAN DI TENGAH PANDEMI BERSAMA PIP

Kurang lebih 6 bulan masyarakat Indonesia berperang melawan pandemi Covid-19, dan hingga saat ini perang tersebut belum ada indikasi berakhir. Pandemi Covid-19 di Indonesia yang diketahui sejak awal bulan Maret 2020 harus memaksa sebagian besar masyarakat Indonesia untuk membatasi aktivitasnya agar penularan dapat dicegah. Dampak dari pembatasan tersebut mengakibatkan berbagai sektor terkena imbas akibat terhentinya aktivitas masyarakat. Di antara sektor yang paling parah terkena dampak Covid 19 adalah sektor ekonomi. Bukan hanya dalam skala makro, pandemi Covid-19 ini pun menghantam sektor mikro, bahkan tak tanggung-tanggung para pedagang kecil dan pelaku UMKM juga terkena imbasnya. Bahkan tidak sedikit dari mereka harus gulung tikar dan tidak dapat melanjutkan usahanya karena mengalami banyak kerugian, mulai dari turunnya pendapatan, hingga tidak lakunya barang-barang hasil produksi mereka.  Jika kita mau menengok lebih dalam lagi, UMKM di Indonesia sangat banyak jumlahnya, usaha ini

Mencetak Kemasan Makanan di Uprint untuk Usaha Snack

Halo, Assalamu’alaikum.. Apa kabar, Februari udah berjalan satu pekan, nih, dan di beberapa mini market udah mulai banyak bertebaran promosi coklat dan segala macam yang berhubungan dengan valentine. Saya sendiri sih enggak pernah merayakan hari Valentine secara khusus, ya. karena menurut saya semua hari sama saja, saya selalu memberikan rasa sayang dan cinta kepada pasangan... pun dengan sesama, eaaa... Kamu pernah ngeh nggak kalau kemasan masakan untuk coklat, kue, permen menjelang Valentine itu lucu-lucu. Saya sih selalu ngeh, bahkan beberapa kali pernah kepincut dan membeli coklat karena suka dengan kemasannya. Kalau Valentine begini mah kebanyakan kemasan warna pink gitu, ya. Tapi ada juga beberapa coklat yang kemasannya selain warna pink. Ngomongin masalah kemasan. Saya jadi ingat teman saya yang buka usaha kuliner snack/jajanan. Tapi dia bingung soal design kemasannya. Namanya usaha kuliner begitu kan hal yang pertama dipikirkan tentu soal personal bran