Skip to main content

W A R N A



Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keempat.

Warna merupakan sebuah identitas, identitas dari segala sesuatu. Sebagai sebuah identitas, setiap warna memiliki sebuah makna didalamnya. Misalnya saja, warna merah yang selama ini dikenal memiliki makna berani. Tentu saja, merah tidak hanya dimaknai sebagai warna yang menunjukkan identitas “berani” karena bisa jadi warna merah juga bisa dimaknai sebagai identitas yang menunjukkan sifat kasar. Terlepas dari semua itu, setiap orang tentu memiliki warna favorit, dan warna tersebut biasanya akan dijadikan sebagai sebuah identitas bagi si penyuka warna tersebut.

Begitu juga dengan aku, sebagai seorang perempuan tentu memiliki warna favorit. Sejak kecil sampai dewasa bahkan sampai memiliki seorang putri yang cantik, soal warna aku tidak berubah yaitu warna kuning. Karena bagiku warna kuning itu unik, menarik dan menujukkan keadaan yang cerah dan ceria, itu versiku lho. Sehingga tidak mengherankan jika banyak barang yang aku miliki terutama yang berkaitan dengan pakaian dan aksesorisnya lebih banyak yang berwarna kuning.

Kalau warna kuning  menjadi warna favorit, maka beda lagi dengan dua warna yang aku sukai dan kuanggap memiliki makna yang spesial, yaitu warna putih dan hitam. Meskipun kedua warna ini seringkali dianggap banyak orang sebagai warna yang saling bertentangan serta sering dikonotasikan sebagai warna yang tak akan pernah bisa bersatu, akan tetapi hal tersebut tidak membuat aku harus menafikan salah satu warna tersebut.

Selama ini kepercayaan yang beredar di masyarakat menunjukkan bahwa identitas warna putih dan hitam sering dipertentangkan. Warna putih dianggap sebagai simbol kesucian sedangkan warna hitam dianggap sebagai simbol kejahatan dan keburukan. Hal itulah yang kemudian menjadikan kedua warna itu menjadi sebuah lambang yang akhirnya  menunjukkan identitas seorang yang menyukai atau menggunakan warna tersebut dalam aktifitas kehidupannya.

Semisal orang yang suka memakai pakaian yang berwarna putih dianggap sebagai orang baik sedangkan yang memakai pakaian berwarna hitam dianggap jahat, sesat dan temannya syetan. Pengelompokan itulah yang pada akhirnya sering menyebabkan adanya golongan-golongan yang saling bertentangan dan jauh dari kesan kebersamaan ataupun persaudaraan karena dikotak-kotakkan.

Bagiku sendiri antara warna putih dan hitam sesungguhnya memiliki kesan dan makna yang mendalam. Namun, secara umum aku menilai bahwa warna putih dan hitam lebih menujukkan pada sebuah kenetralan. Netral dalam arti, putih dan hitam bisa menjadi sebuah warna yang mampu beradaptasi dan bisa menjadi bagian dari warna-warna yang lain. Warna putih dan hitam juga merupakan kombinasi warna yang natural dan mampu menjadi bagian integral dari berbagai warna yang ada.

Mengenai makna yang terkandung dalam warna putih dan hitam dalam sudut pandangku juga sangat istimewa. Putih bagiku bermakna indah, karena putih bagiku melambangkan sebuah keadaan yang damai, tenang, tentram, dan bahagia. Putih juga melambangkan sebuah identitas yang menunjukkan sifat sederhana dan apa adanya. Hal itulah yang membuatku menyukai warna ini.

Sedangkan warna hitam bagiku melambangkan sebuah bentuk kekuatan, ketegasan, kerja keras, optimis dan juga semangat pantang menyerah. Sehingga tidak mengherankan orang yang suka akan warna hitam biasanya juga akan memiliki karakter semacam itu. Meskipun warna hitam selalu kental dengan nuansa yang negatif, akan tetapi hal tersebut bukanlah menjadi satu penghalang untuk melahirkan sesuatu yang positif dari warna tersebut.

Gambar pinjem dari Google
Pernah juga disebutkan oleh penyanyi dangdut favoritku; Rhoma Irama, yang memaknai warna hitam sebagai simbol kebijaksanaan dan ketegasan. Sedangkan warna putih melambangkan kesucian. Itulah yang membuat Bang Haji menyukai dua warna tersebut dimana kedua warna ini beliau aplikasikan kepada baju yang dikenakan beliau dan gitar yang beliau miliki.
 
Gambar pinjem dari Google
Intinya warna putih dan hitam adalah dua warna yang memiliki keistimewaan sendiri-sendiri, dan juga memiliki makna tersendiri sesuai dengan kebutuhan orang yang akan memaknainya. Terlepas dari semua itu, warna putih maupun hitam hanyalah merupakan sebagaian dari banyak warna yang dikenal oleh manusia. Makna yang terkandung di dalamnya merupakan sebuah misteri, setiap orang berhak untuk memaknainya sesuai dengan kebutuhan sang penyuka warna tersebut seperti halnya aku yang memaknai warna kuning, putih dan hitam. Lalu, bagaimana denganmu?

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi..  Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya i ni cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu a

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare. Gambar pinjem dari web iinformasitips