Skip to main content

AJANG ADU BAKAT


Citra kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) dalam beberapa tahun terakhir tercoreng. Penyebabnya tak lain karena sering terjadinya kasus perpoloncoan terhadap mahasiswa baru. Tak salah jika kemudian Ospek dikenal sebagai ajang balas dendam senior kepada yuniornya. Bahkan dalam beberapa kasus berakhir terdapat korban meninggal di beberapa perguruan tinggi.

Akibatnya kegiatan penyambutan mahasiswa baru yang sudah lama menjadi tradisi tersebut dilarang oleh pemerintah. Meskipun demikian, hampir semua perguruan tinggi tetap melaksanakan kegiatan penyambutan mahasiswa baru dengan nama dan format yang berbeda sesuai dengan keinginan masing-masing kampus. Jika dulu Ospek ditangani sepenuhnya oleh mahasiswa, maka saat ini kegiatan Ospek atau penyambutan mahasiswa baru langsung ditangani oleh pejabat kampus, sedangkan mahasiswa memiliki peran sebagai pelaksana.
Pada prinsipnya Ospek merupakan kegiatan yang positif untuk dilakukan, karena bertujuan baik untuk memberikan bimbingan sekaligus mengenalkan mahasiswa baru kepada lingkungan barunya. Bahkan di kampus dimana penulis pernah kuliah sewaktu masih menjadi mahasiswa S 1  yaitu di IAIN Walisongo Semarang kegiatan untuk menyambut mahasiswa baru dikemas secara menarik dan kreatif oleh para mahasiswa senior.
Di kampus lama penulis kegiatan penyambutan mahasiswa baru diberi nama Pekan Studi dan Sosialisasi Kampus (PASSKA). Kegiatan yang dilakukan sepekan tersebut dibagi menjadi dua bagian utama. Tiga hari pertama diisi dengan pengenalan seluk-beluk kampus dan berbagai kegiatan yang dilaksanakan di dalam kampus mulai dari pengenalan struktur kampus, sistem perkuliahan, dan juga pengenalan organisasi intra kampus dan berbagai kegiatannya. Biasanya dalam sesi ini diisi oleh para pejabat kampus dan juga pejabat dari mahasiswa.
Sedangkan tiga hari kedua diisi dengan lomba adu bakat antar mahasiswa baru dari empat Fakultas. Jenis cabang yang diperlombakan pun bermacam-macam, mulai dari cabang olah raga (volley, sepakbola, bulu tangkis, karate, dll), keilmuan (presentasi makalah, debat mahasiswa, tafsir kitab kuning, pidato bahasa Arab dan Inggris), keterampilan (orasi aksi, MTQ, Kaligrafi), dan juga seni (musik, drama, puisi). Berbagai lomba tersebut diadakan dengan tujuan untuk mencari bibit-bibit unggul dari mahasiswa baru untuk dikembangkan di kemudian hari.
Kegiatan adu bakat antar mahasiswa baru memang menjadi salah satu momen yang paling berkesan bukan hanya bagi mahasiswa baru, melainkan juga bagi segenap mahasiswa senior yang menjadi panitia. Karena saat itulah semua potensi, keterampilan dan kecerdasan mahasiswa baru sebagai atlit dan mahasiswa senior sebagai pelatih akan terlihat. Bagi mahasiswa baru bisa menjadi atlit dan bisa membawa Fakultasnya sebagai juara umum merupakan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan hingga lulus kelak.
Dari ajang perlombaan tersebut sebenarnya memiliki dampak positif bagi mahasiswa baru, pertama sebagai sarana untuk menggali minat, bakat dan potensi yang dimiliki mahasiswa untuk kemudian dikembangkan di unit-unit kegiatan mahasiswa selama mereka kuliah. Kedua, sebagai sarana untuk melatih dan menggembleng mental mahasiswa baru agar bisa menjadi mahasiswa yang memiliki  kematangan dalam berpikir dan bertindak.
 Apapun nama dan bentuk kegiatan penyambutan mahasiswa baru baik Ospek maupun Passka atau apapun namanya, jika di konsep dan dikemas dengan menarik dan kreatif tentu akan memberikan dampak positif bagi mahasiswa baru.

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi..  Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya i ni cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu a

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare. Gambar pinjem dari web iinformasitips