Skip to main content

Mencintai Budaya Bangsa

Berbicara mengenai budaya bangsa Indonesia tentu tidak akan ada habisnya, karena budaya bangsa yang dihasilkan oleh masyarakat Indonesia tiada terhitung. Budaya bangsa Indonesia juga sudah ada sejak sebelum bangsa ini merdeka. Itu artinya sejak bangsa Indonesia masih terdiri dari kerajaan-kerajaan, saat itu pula masyarakat telah menghasilkan berbagai budaya.
Pengertian budaya sendiri adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi (wikipedia). Dari pengertian tersebut sudah sangat jelas jika budaya itu merupakan salah satu hasil cipta, rasa dan karsa manusia yang dimiliki oleh individu, kelompok ataupun masyarakat yang harus senantiasa dijaga dan dilestarikan. Dan salah satu bentuk pelestariannya adalah dengan mewariskan budaya tersebut kepada generasi selanjutnya.

Diantara budaya bangsa Indonesia yang dilahirkan oleh masyarakat dahulu, dan harus senantiasa dilestarikan adalah budaya tari. Tari adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan. Gerakan tari berbeda dari gerakan sehari-hari seperti berlari, berjalan, atau bersenam. Menurut jenisnya, tari digolongkan menjadi tari rakyat, tari klasik, dan tari kreasi baru. (wikipedia).

Di Indonesia sendiri terdapat ribuan jenis tari, karena masing-masing Provinsi, Kabupaten bahkan desa memiliki jenis tari yang berbeda satu dengan yang lain. Bahkan dalam satu daerah pun kadang terdapat puluhan tari. Hal tersebut menunjukkan betapa bangsa Indonesia kaya akan budaya, terutama jenis tari. Sebagai warga Negara yang baik, maka sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk selalu berusaha ikut menjaga warisan budaya adi luhur tersebut.

 Salah satu jenis tari yang menarik bagi saya dalah tari Bali, namun itu bukan bebarti saya tidak tertarik pada tari-tari dari daerah lain termasuk tari dari Jawa tengah tempat kelahiran saya. Meskipun saya asli Jawa Tengah namun ketertarikan pada tari Bali begitu besar. Ada nuansa berbeda ketika saya sedang melihat atau menikmati tarian Bali.

Pernah saya memiliki pengalaman yang sangat berharga ketika saya menjalani bulan madu ke pulau dewata. Salah satu tempat wisata yang paling berkesan menurut saya adalah ketika mengunjungi PKB (Pesta Kesenian Bali) di Art Center Bali. Saat itulah disuguhkan berbagai jenis tarian Bali yang disuguhkan dari perwakilan masing-masing Kabupaten di Bali. Pengalaman tersebut hingga saat ini masih begitu berkesan dan ingin saya ulangi lagi untuk melihat pertunjukkan tersebut karena diadakan setiap tahun.
Sayangnya aku hanya bisa ambil gambar dari samping :(
Satu pelajaran yang bisa saya ambil adalah bahwa Pesta Kesenian Bali merupakan salah satu wahana untuk senantiasa melestarikan budaya tari yang berada di Bali. Selain itu saya juga memiliki anggapan bahwa masyarakat Bali telah memiliki kesadaran yang sangat tinggi untuk senantiasa menghargai budaya yang diwariskan oleh nenek moyangnya yaitu tari Bali. Salah satu bentuk penghargaan tersebut adalah dengan menjaga melestarikannya dengan bentuk mengadakan Pesta Kesenian Bali tersebut.




SD Muhammadiyah 07 Semarang
Apa yang pernah saya alami di Bali memang belum lagi bisa saya alami lagi di sini (Semarang) karena memang Semarang tidak memiliki kegiatan pentas kesenian berupa tari seperti yang ada di Bali (PKB). Akan tetapi, keinginan untuk melihat tarian Bali bisa terobati ketika melihat secara langsung pentas seni yang diadakan oleh SD Muhammadiyah 07 Semarang, yang saat itu para siswanya salah satunya menampilkan tarian Bali.

Dari pengalaman ini saya bisa menyimpulkan bahwa menjaga kesenian tari sebagai budaya bangsa adalah tugas segenap masyarakat Indonesia. Meskipun tari tersebut berasal dari daerah lain tidak menjadi penghalang bagi masyarakat daerah lain untuk berperan serta dalam menjaga dan melestarikannya, salah satunya dengan cara mengajarkan kepada putra-putri kita sekaligus menampilkannya dalam berbagai kegiatan yang ada di daerah masing-masing.

Oleh sebab itulah, sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki budaya yang istimewa dengan jumlah yang tiada terhingga banyaknya mari bersama-sama kita menjaga kebudayan bangsa dengan sebaik-baiknya.

 Artikel ini diikutsertakan dalam Jambore On the Blog 2012 Edisi Khusus bertajuk Lestarikan Budaya Indonesia.


Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi..  Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya i ni cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu a

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare. Gambar pinjem dari web iinformasitips