Skip to main content

SOTO KIMAR Panembahan Senopati

Dua kali dalam satu minggu aku pasti memilih menu makan siang dengan menu soto ayam. karena aku sekarang tinggal di Semarang, maka soto yang ada disini yaa soto Semarang. disini nggak ada soto tauto khas Pekalongan, boro-boro soto tauto, wong sego megono wae aku belum pernah menjumpainya kok. hehe.. *nyengir

Aku nggak mau ngomongin soto tauto ataupun megono, soalnya cuma bikin ngiler and kangen ma rumah ajah, aku hanya bisa makan sego megono yaa kalo aku pulang ke Kesesi tercinta. Nahh.. aku cuma mau memperkenalkan soto yang sudah menjadi soto favoritku di Semarang, sampe-sampe kalo 3 hari nggak makan soto itu rasanya ada yang kurang, *lebay banget :p


jaman dulu nggak ada tulisan soto ayamnya
"SOTO KIMAR" itulah namanya, awal aku tau namanya, aku kaget, shock.. mosok kimar (keledai;arab) di bikin soto? penasarankupun membuat aku ingin kesana pengen tau sebenere soto kimar itu apa sih, hmm bener kah itu soto keledai? hehe... sampailah aku di depan warung tersebut yang gak jauh dari IAIN Walisongo, parkir motor, masuk ke warung, duduk manis, lalu memesan soto setengah porsi, sembari menunggu pesanan datang, aku melihat seisi warungnya. "mana keledainya??  kok semuanya serba ayam?" dalam hati ku berkata. haaah.. saking penasarannya, akhirnya aku tanya penjualnya, namanya Ibu Fitri, ahihi *podo jenenge*
N : "Bu, soto kimar niku soto nopo, tow?"
I  : "nggeh soto ayam, mbak!"
N : "owalah nggeh to bu, kan Kimar yen bahasa Arab artine keledai bu, mulane kulo penasaran, jebule soto ayam tow.. sami mawon nuw...
I  : "Kimar niku nami sing gadah warung, mbak.. Pak Kimar.
N : *malu muka merah.. "hehhee nggeh to bu"
(percakapan ini adalah kutipan percakapanku dengan Ibu Fitri sekitar 3 tahun lalu)

Yaahh.. kurang lebih 3 tahun soto ini menjadi makanan favoritku. soto ini bener-bener khas, beda dengan soto-soto yang lain, entah kenapa aku bisa jatuh cinta sama soto kimar ini. sampe-sampe sekarang Ibu Fitri paham betul, tanpa banyak ngomong saat pesan, cuma dengan kalimat "Bu,, biasa nggeh" pragmaticly beliau paham maksud dari kata "biasa" itu adalah aku pesen soto setengah porsi dan es teh.
pesenanku :)
Banyak juga selingan atau teman makan soto kimar ini, ada sate kulit ayam, sate daging ayam, sate kerang, sate telur, sate usus, tempe, tahu, bergedel, krupuk, ada juga olahan kepala, ceker, pokoknya komplit-plit semua serba ayam dech..
    
kepala, sayap, dan paha ayam
ceker, hmm.. yummy...
macam-macam satenya
Soto Kimar ini berdiri sejak tahun 1998. Tempatnya pun sudah pindah dua kali. tetapi masih di daerah yang sama. yaitu di daerah Panembahan Senopati - Ngaliyan - Semarang atau dikenal dengan Soto Kimar Sulanji,. Dulu satu porsi menggunakan mangkuk kecil yang imut dipatok dengan harga Rp. 1000/porsi. harga gorengannya masih Rp. 250. Tapi sekarang, seiring mahalnya bahan makanan, harganya pun naik tapi dengan perlahan, dari kurun waktu sekitar 14 tahun, sekarang satu porsi soto kimar seharga Rp. 6000/porsi. Esteh Rp. 2000, sate Rp. 2500. Gorengan Rp. 500, Ceker Rp. 2000 dapet 3 ceker. kalo olahan ayam harganya masing-masing, mulai dari 5000an. oia.. ayam yang digunakan untuk soto ini adalah ayam merah yang super. hmm... menurutku harga segitu masih sangat terjangkau, karena makan soto kimar separo porsi ajah udah bikin kenyang buanget. dan tenang saja, soto kimar ini HALAL 100000%  :)
 
Setiap kali ada teman dari luar kota dateng ke Semarang tuk sekedar main dan jalan-jalan, aku pasti ajak dia ke soto kimar. karena emang enak dan nggak bakal bikin nyesel setelah makan. termasuk keluargaku kalo pas lagi ke Semarang, pasti aku ajak makan disana. yang bikin seneng tuh, tanpa aku promosiin dan memuji tentang rasanya. mereka semua sudah bisa menilai kalo soto kimar ini beda dari soto-soto yang lain. mereka bilang sotonya sangat enak.. emang... lidah tak pernah bo'ong yah.. :D
 
Penasaran??? bagi kawan semua yang pengen mencoba rasa soto ini, silakan.. main saja ke Semarang, main ke tempatku, ntar pasti aku ajak kesana,. tenang ajah aku traktir dech.. ckckckck
 
hmm.. Nikmatnyaaa.....
pelanggan soto kimar
 
Udah dulu ahh,, itu ajah yang bisa aku tulis,..

keep blogging and happy blogging :)

 

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi..  Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya i ni cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu a

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare. Gambar pinjem dari web iinformasitips