Mengajarkan Anak untuk Berbagi

Sudah setengah semester terlewati, waktu berjalan begitu cepat. Semester ini adalah semester kedua Noofa bersekolah di Paud Insan Robbani Kesesi Pekalongan. Melihat anak senang bersekolah menjadi salah satu hal yang membahagiakan bagi saya sebagai orangtuanya. Apalagi bila mendapat kabar baik mengenai perkembangan Noofa di sekolahan dari ustadzahnya, Ummi pasti sangat bersyukur sekali. Begitupun ketika saya mendapat laporan kalau Noofa kurang dalam satu hal atau kegiatan tertentu di sekolah, maka hal tersebut sering membuat saya sebagai uminya menjadi bersedih. Namun disisi lain, saya menyadari sebagai orangtua, bahwa si anak masih dalam fase perkembangan, tentu tidak semuanya bisa oke. Pasti ada yang kurang atau missed. Hal tersebut sangat wajar…

Seperti kemarin, Ustadzahnya menulis perkembangan Noofa di dalam buku kegiatan harian:
“Alhamdulillah Umi.. mbak Noofa sholatnya sudah oke, sudah khusyuk. Kalau mainan sudah oke, bareng-bareng teman, mau membereskan mainan kalau sudah selesai mainan, kalau bawa jajan juga mau berbagi dengan temannya, sudah mau mengantri menunggu giliran mandi, dan berbagi sabun mandi dengan teman-temannya”
Membaca tulian ustadzah seperti itu tentu hati saya sangat lega, bagaimana tidak, ustadzahnya juga kalau ketemu pasti bilang Noofa sudah dewasa dari teman-teman, sudah oke sekali. Nggak nangis kecuali memang ada yang sakit karena jatuh atau terjepit pintu. Namanya juga anak-anak, suka lari-larian, kalau nggak hati-hati nanti bisa jatuh..

Berbagi mainan dengan temannya. Ini nih yang bikin saya seneng banget. Pertama kali Noofa masuk sekolah, ayunan saja rebutan, Noofa sering mengakui kalau ayunan dan mainan apa saja yang ada di lingkungan Paud Insan Robbani adalah milik Noofa. Hal iti saya anggap wajar karena Noofa masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan, apalagi saat itu usia Noofa kurang lebih masih 2 tahun. Sekarang sudah makin besar, Noofa sudah tumbuh lebih baik dan lebih dewasa. Noofa sudah nggak rebutan mainan lagi sama tema-temannya, malah kata ustadzahnya Noofa sering mengalah dan menasehati temannya. Ahihihi.. lucu ya.. sayangnya orangtua tidak bisa melihat langsung tingkah lucu anak-anak di Paud. Hehe

Persoalan mengajarkan anak untuk berbagi memang tidak begitu mudah, juga tidak terlalu sulit. Anak hanya butuh diberi pengertian, diberi contoh dan teladan yang baik, serta yang paling penting anak tidak dipaksa. Bila orang tua tidak memberikan pengertian kepada anak, sudah pasti anak tidak mengerti bagaimana indahnya berbagi. Anak bisa belajar mengerti bagaimana indahnya berbagi juga karena melihat contoh nyata di lingkungannya. Oleh sebab itulah sebagai orangtua, saya sering mengajarkan anak berbagi, contoh paling sederhana adalah ketika saya sedang makan, saya menawarkan makanan yang saya makan kepada Noofa, saya juga menawarkan kepada bulek atau om Noofa. Hal itu saya lakukan dengan harapan Noofa mau berbagi ketika memiliki rezeki atau memiliki sesuatu.

Alhamdulilah teladan tentang indahnya berbagi bisa dipraktikkan langsung oleh Noofa, semisal ketika kemaren Noofa membawa sabun mandi baru. Ditaruh sabun tersebut di tas sekolahnya, dan dia bilang katanya mau mandi sama temen-temen pake sabun baru.
lifebuoy gel

Sabun baru yang dimaksud Noofa adalah sabun lifebuoy Clini-shield 10 Concentrate Antibacterial Shower Gel. Ada 2 aroma pilihan yaitu Complete berwarna merah dan Fresh yang berwarna hijau. Keduanya dibawa Noofa. Dan benar saja waktu saya jemput Noofa pulang sekolah, Noofa sedang asyik sama temannya main sabun, katanya tebak-tebakan warna. Hihihi

sabun gel lifebuoy



Saya juga tidak khawatir sabun sabun lifebuoy Clini-shield 10 Concentrate Antibacterial Shower Gel cepat habis karena sabun ini berupa gel yang gak bikin boros. Cukup satu tetes bisa digunakan untuk seluruh tubuh. Harumnya juga wangi dan seger banget. Noofa suka banget. Apalagi saat ini Noofa lagi suka banget coret-coret tangan dan kaki pakai boardmarker, cuci tangan pake lifebuoy cepet bersihnya. Badan Noofa dan teman-temannya bisa terlindungi 10 kali lipat. Alhamdulillah.

Terima kasih yaa Allah, Engkau telah menganugerahkan anak yang pintar seperti Noofa. Terima kasih lifebuoy sudah menjadi teman mandi yang setia untuk Noofa. Kini Noofa sudah bisa berbagi dengan temannya, hal tersebut tentu sangat membanggakan karena “berbagi” merupakan salah satu karakter yang memang harus ditanamkan sejak dini kepada setiap anak. Berbagi itu indah, dan dengan berbagi kita akan mempunyai banyak teman. *______*

Oiya, Buat yang penasaran dan kebetulan tinggal di Jakarta atau Surabaya, bisa  membeli produk baru Lifebuoy Clini-shield 10 Shower Gel Konsentrat ini di HappyFresh.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)