Perkembangan Anak Usia 12 Bulan

Bismillah, dengan penuh keceriaan, di sini saya akan bercerita sedikit saja tentang tahap perkembangan bayi / anak usia 12 bulan (Satu tahun). Supaya tidak mblarah kemana-mana, maka saya khususkan bercerita tentang ananda tercinta, Noofa Adzkiya Putri Zain. Memang, usia Noofa kini sudah 13 bulan, lebih tepatnya hari ini usianya 13 bulan 9 hari (13m9d). Namun, saya masih ingat betul saat tepat 1 tahun, kepintaran dan perkembangan apa saja yang Noofa raih.

Usia 11 bulan, Noofa sudah bisa berjalan. Otomatis, kemampuan berjalan dia yang sudah terlatih satu bulan lamanya menjadi semakin mahir dan lancar. Diusia 12 bulan, dia sudah lancar berjalan. Sesekali cara berjalan dia pun cepat, hampir seperti mau berlari, namun dia belum bisa berlari. Mengenai kamampuan berjalan ini, saya tes Noofa untuk berjalan kaki sendiri (tidak saya gendong, namun harus saya gandeng) ke rumah Budhenya yang berjarak kira-kira 500 meter dari kontrakan saya. Dia mampu berjalan dengan kondisi jalan yang naik turun. Memang, masih beberapa kali berhenti karena dia melihat kucing di jalan. Namun, dia mau melanjutkannya dan tidak minta digendong. Ini berarti Noofa sudah kuat berjalan kaki dengan jarak tempuh yang cukup jauh untuk ukuran anak usia satu tahun.

Selain saya yang tes Noofa berjalan kaki dari kontrakan menuju rumah Budhenya, ternyata Aby juga pernah bahkan beberapa kali hanya menggandeng tangan mungil Noofa saat berjalan dari Masjid Al-Ikhlas menuju Warnet Marsmello. Memang tidak sejauh kontrakanku ke rumah budhe. Hanya sekitar 100 meter saja. Bahkan, Aby bilang kalau Noofa nggak mau digandeng, dan mau berjalan sendiri. Alhamdulillah, keberanian Noofa untuk berjalan sudah bisa dibilang baik. Apalagi sekarang, usia 13 bulan. Saat jalan agaknya semau dia dan maunya berlari mengejar apa dan siapa saja yang ada di depannya. Walaupun demikian, saya dan suami tetap mengawasi dia dengan sebaik-baiknya pengawasan.

Kemampuan / kepintaran yang lainnya adalah berbicara. Noofa sudah mulai bisa mengucap kata-kata singkat saat usia 9 bulan. Namun, entah dia paham atau tidak saat mengucap kata-kata tersebut. Sebagai contoh, dia mampu mengucap kata "ABI" berkali-kali. Tetapi saya belum yakin kalau Noofa faham maksud 'ABI' itu untuk memanggil Aby atau hanya meniru apa yang sering dia dengar saja. Berbeda dengan sebulan yang lalu, Noofa benar-benar tau fungsi dan arti kata ABI untuk memanggil Aby, atau ketika saya tanya "Aby Noofa mana?". Dan dengan cepat dia menunjuk Aby itu Abinya Noofa.

Selain kata Abi, ananda juga sudah bisa mengucap kata plus fungsi dari kata MANDI, walaupun pengucapan dia belum bisa sejelas saya saat mengajarinya. Dia baru bisa mengucapkan kata 'mandi' dengan 'aadi'. Namun dalam hal ini, yang terpenting adalah, ketika saya bilang 'Mandi, yuukk!', Saat itu pulang Noofa menunjuk kamar mandi dan menarik baju dengan maksud minta dilepaskan bajunya. Sungguh senangnya, usia 12 bulan sudah bisa mengerti fungsi kata. :D

Ada beberapa kata selain mandi, ada "maem", "inum" (minum), "dah" (sudah), "moh" (emoh~ menolak), "tuuuh" (itu), "mimih" (maksudnya UMI), "cicak", "bobok", dan masih banyak lagi.

Kemampuannya mengucapkan beberapa kata juga diikuti dengan kemampuan bernyanyi. Bangga dan senang ketika saya mendengar sendiri saat Noofa bisa menyanyikan lagi berjudul "Cicak-cicak di dinding", lagi-lagi pengucapan yang belum sempurna membuat setiap kata yang terdengar sangat lucu, namun khusus lagu cicak-cicak di dinding ini, saya yakin setiap orang yang mendengar pasti akan tau kalau Noofa menyanyikan lagu itu.

Kira-kira begini transkip lirik yang dihasilkan Noofa:

"Ciicaak... ciiicakk.. di di diii... diaa diaaa.. ciiiicaakk.. ciiiicaakkk.. di di diii.. diaa.. diaa..." dan seterusnya.

Sangat meggemaskan bukan bila si buah hati kita mampu berbicara bahkan bernyanyi, meskipun belum sempurna, terlebih usia dia masih terbilang sedikir, 12 bulan.

Selain tiga kemampuan Noofa yang saya tulis diatas, kemampuan motorik yang lain masih banyak lagi. Dan InsyaAllah akan saya tulis di postingan berikutnya. 

Oiya, besok tepatnya 10 Oktober 2013 adalah pengumuman GA Khayalanku, jangan sampai ketinggalan yaa.......... See You...

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)