Kebanggaan Itu adalah Bermanfaat Bagi Orang lain


Mendefinisikan dan mengartikan kata “kebanggaan” ternyata tidak semudah yang saya pikirkan sebelumnya, karena ternyata kata itu memiliki multi tafsir. Karena memiliki multi tafsir sehingga menyebabkan kata “kebanggaan” akan sangat subjektif sekali tergantung dari sudut pandang yang mana kita melihatnya. Namun, yang pasti setiap orang tentu pernah merasakan kebanggaan dalam dirinya.

Secara umum, kata kebanggaan lebih cenderung diartikan sebagai sifat yang positif, karena seseorang telah berhasil melakukan sesuatu yang istimewa. Atau dalam bahasa lain bisa dikatakan rasa senang, suka cita yang melingkupi seseorang karena telah berhasil melakukan sesuatu atau berhasil menggapai tujuan. Rasa itu kemudian diungkapkan kepada orang lain sebagai wujud syukur atas keberhasilan tersebut. 

Gambar ambil dari SINI
Misalnya saja, seorang pemain Sepakbola Nasional (Kang Mas Evan Dimas) contohnya memiliki kebanggaan karena telah berhasil membawa timnas U-19 Juara Piala AFF serta masuk final Piala AFC 2014. Kebanggaan yang dimiliki oleh pesepakbola Evan Dimas sangat wajar, karena dia telah berhasil mengharumkan nama baik bangsa Indonesia di kancah sepakbola tanah air dan juga sepakbola Asia, apalagi Evan Dimas juga sering mencetak gol dalam setiap pertandingan.

Yang menjadi pertanyaan kemudian adalah apa arti kebanggaan itu sendiri? Sebagaimana telah saya tuliskan di depan tadi, bahwa arti kebanggaan secara sederhana adalah sifat yang dimiliki oleh seseorang karena  telah berhasil melakukan sesuatu yang istimewa menurut dia dan juga orang lain. Ada pula yang mengatakan bahwa kebanggaan itu sangat identik dengan kesombongan. Hal itu bisa benar juga bisa salah. Kebanggaan akan menjadi sebuah kesombongan bila diekspresikan secara berlebihan oleh seseorang yang bersangkutan, akan tetapi kebanggaan akan tetap menjadi sifat yang positif apabila diekspresikan dengan apa adanya dan secara sederhana. 

Bagi saya pribadi arti kebanggaan adalah saat saya bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain meskipun hal itu pekerjaan yang sangat kecil dan terkesan remeh. Misalnya saja, ketika saya ditanya oleh orang lain tentang suatu masalah, dan saya bisa menjawabnya maka saya merasa bangga karena merasa telah bermanfaat bagi orang lain. Itu merupakan contoh kecil saja tentang makna kebanggaan, masih banyak lagi contoh-contoh lainnya yang bisa menjadikan seseorang merasa bangga.

Namun bagi saya pribadi kebanggaan itu lahir dari lubuk hati, apabila kita melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain sekecil apapun namun kita bersyukur karena sudah bisa bermanfaat bagi orang lain maka rasa bangga akan muncul dengan sendiri. Akan tetapi sebesar apapun kita telah berbuat untuk orang lain, namun kita tidak pernah merasa puas maka niscaya kebanggaan itu akan sulit lahir, justru biasanya yang lahir adalah sebuah sifat kesombongan. Inilah yang perlu kita hindari, karena kebanggaan itu sendiri bisa menjadi sebuah kesombongan jika kita mengekspresikannya terlalu berlebihan.

Oleh sebab itulah, kita perlu memaknai kebanggaan itu secara sederhana dan apa adanya supaya bisa terhindar menjadi sebuah kesombongan.

Lalu, bagaimana makna kebanggaan di dalam video Book Trailer CineUS karya Mbak Evi Sri Rezeki? Silakan klik video dibawah ini.




Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Artikel CineUs Book Trailer Bersama Smartfren dan Noura Books.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)