Tahap-Tahap Perkembangan Bayi (Noofa)

Alhamdulillah Puji Syukur kepada Allah yang telah melimpahkan segala rahmatnya kepadaku, sehingga sampai sekarang aku bisa mengikuti, melihat dan menjadi saksi setiap perkembangan dan pertumbuhan Noofa, bayi mungilku yang sekarang sudah berusia 6 bulan 13 hari.

Seperti halnya yang sudah pernah aku tulis di blog ini tentang perkembangan Noofa,  di postingan kali ini aku juga ingin menceritakan tahap-tahap perkembangan Noofa sejak usia 0 bulan sampai usia Noofa 6 bulan. Puji Tuhan karena aku dikaruniani bidadari kecil yang aktif dan sehat, meskipun beberapa kali mengalami tidak enak badan, setidaknya sakitnya Noofa masih tergolong wajar, toh rasa sakit itu adalah nikmat yang patut disyukuri, ya kan?
Berikut adalah tahap-tahap perkembangan bayiku, si Noofa imut:
  • Usia 0-1 bulan
Di usia ini Noofa suka tidur miring, nggak mau di bedong, nangis, dan sesekali tersenyum sambil merem, hehe.. Yang paling aku inget sih, ketika Noofa bener-bener ngajak begadang, siangnya buat tidur, dan malam buat melek. Sekitar dua mingguan Noofa begitu, Hmm... kebayang kan bagaimana saat itu??
  • Usia 1-2 bulan
Noofa saat usianya 1-2 bulan mulai bisa menatap dan melihat sekelilingnya, aku sendiri sudah sering di ajak senyum Noofa, uuuhh.. gemes banget lah pokoknya :D
Noofa sudah mulai bisa mengeluarkan suara-suara merdunya, tambah gemes banget aku :D
  • Usia 2-3 bulan
Nah, di usia 2-3 bulan Noofa udah mulai belajar untuk tengkurep. Usahanya yang luar biasa terlihat saat dia mencoba untuk tengkurep, tapi masih agak susah. Noofa belajar tengkurep usia 2,5 bulan. Saat itu aku latih Noofa tengkurep di atas perutku. Senyum dia menandakan kebahagiaan dia. Sebagai umy yang sayang kepada dia, aku peluk dia dengan kasih sayang dan aku yakin Noofapun merasakan kasih sayangku itu, usaha dia untuk tengkurep pun berhasil di usianya 3 bulan, Alhamdulillah :D
  •  Usia 3-4 bulan
Pada fase melewati triwulan pertama, Noofa sudah bisa tengkurep sendiri. Tepat di usia 94 hari Noofa berhasil tengkurep. Tentu saja aku dan Aby sangat bahagia, setalah 2 minggu Noofa latihan, dan kini dia bisa tengkurep sendiri. Ajibnya, Noofa langsung bisa mengangkat kepalanya sendiri ketika tengkurep. Makin bertambah hari, dia bisa mengangkat dadanya ketika tengkurep. Celotehan Noofapun makin bertambah, yang mulanya hanya auu..auu... di usia ini Noofa sudah bisa berteriak dan terdengar teriakan yang melengking. Makin pinter dan pinter dech, Noofaku :D
  •  Usia 4-5 bulan
Makin bertambahnya usia Noofa, tentu saja perkembangan dia makin bertambah pula. Pertumbuhan Noofa yang dibilang cukup bagus membuat aku bangga :D , Noofa yang sudah bisa tengkurep bertambah pinternya dengan bisa guling guling ke kanan dan ke kiri, dan juga bisa merayap tapi mundur, hehe.. kalo aku nyuruh dia maju, eh.. sambil ketawa girang dia tetep mundur, unyuuu beud dah pokoknya :D
  • Usia 5-6 bulan
Foto tanggal 20 Feb 2012
Puji Syukur, Noofa sudah mulai lompat-lompat, mintanya berdiri dan duduk. bergulingnya pun sudah mulai cepet banget, muter-muter dan merespon cepat ketika mendengar suara.
Tingkahnya pun tambah lucu, karena Noofa sudah bisa mengangkat kakinya ke atas dan bisa mengulum jempol kakinya, Hmm.. sepertinya jempol kakinya noofa manis ya? :D . Selain itu, celotehan Noofapun bertambah banyak, seperti papapa, mamama, wawawa, tatatata, ambuu, chachacha, dan masih banyak lagi. Pertumbuhan Noofa pun dilihat dari berat badannya dan panjang badannya yang setiap bulan bertambah. Alhamdulillah yah, sesuatu!
  • Usia 6-7 bulan
Lagi-lagi aku sangat berterima kasih pada Allah atas apa yang telah Dia berikan kepadaku, karena tepat di usia Noofa 6 bulan, Noofa bisa merayap maju dan bukan mundur lagi. Setiap harinya Noofa terus berlatih sampai akhirnya sekarang di usia 6 bulan 13 hari, gerakan majunya Noofa makin pintar dan cepat, dan diapun sudah bisa melewati bantal yang aku taruh di sekelilingnya. Kalo dalam istilah bahasa Jawanya, Noofa sedang belajar onggong-onggong, yaitu belajar merangkak. Di usia ini juga Noofa sudah mulai MPASI, aku memberinya buah-buahan untuk makanan pendamping ASInya, alhamdulillah Noofa sangat suka makan, apalagi kalo aku beri dia jeruk, baru lihat jeruknya yang belum aku kupas aja Noofa sudah ngrebut-ngrebut dariku. hihihi

Kejutan yang sangat mengagetkan bagiku, karena sekarang setelah Noofa bisa melompati dua tumpuk bantal sebagai kepungan di sekeliling kasur, ketika bangun tidur sudah tiga kali aku kehilangan Noofa, hehe.. Karena Noofa tiba-tiba sudah berada di lantai dan mainan sendiri, beewh.. Noofa punya kebiasaan tidur jam 8 malam dan bangun ketika adzan subuh, Nah.. kalo subuh-subuh dia sudah tengkurep sambil mainan apa aja yang ada di depan dia. Kalaupun jaraknya jauh, dia sudah bisa mengambilnya sendiri, menghampiri benda itu dengan cara dia merayap, hihi.. lucu banged dech pokoknya :D
Bangun tidur, tau-tau Noofa dah di lantai mainan sepatunya :D
Aku sebagai umy nya yang setiap detik bisa melihat langsung perkembangan Noofa sangatlan bangga, dan aku sangat menikmati apa yang aku lihat, aku rekam, aku catat, dan aku abadikan dengan tulisan untuk setiap perkembangan Noofa. Siapa sih yang senang ketika tau buah hatinya tumbuh sehat? dan aku berharap, di usia Noofa 7 bulan nanti akan ada kejutan lain yang dia persembahkan buat aku, semoga Noofa bisa tumbuh kembang normal sesuai masanya, Amin..

Keep Blogging and Happy Blogging :D




No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)