MELURUSKAN NIAT

Apakah kampus besar, ternama dan memiliki berbagai fasilitas yang lengkap akan menjamin sukses seorang mahasiswa? Pertanyaan tersebut perlu untuk dilontarkan bagi siswa lulusan SMA sederajat yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Pertanyaan tersebut sebenarnya merupakan sebuah penegasan bahwa kesuksesan mahasiswa bukan ditentukan dari besar atau tidaknya sebuah kampus, terkenal atau tidaknya perguruan tinggi atau lengkap dan tidaknya fasilitas yang dimiliki kampus. Akan tetapi kesuksesan seorang mahasiswa lebih ditentukan dari perjuangan dan kemauan keras mereka untuk belajar. 


Saat ini terdapat salah kaprah di kalangan masyarakat, mereka beranggapan bahwa kampus besar, ternama dan memiliki berbagai fasilitas lengkap dapat menjamin sukses kuliah anak-anaknya. Oleh sebab itulah ada kecenderungan dari sebagian besar orang tua untuk berlomba-lomba memasukkan anaknya ke perguruan tinggi terkenal dengan harapan nanti ketika lulus akan segera mendapatkan pekerjaan yang layak. 

Orientasi semacam itu saat ini cenderung ditanamkan kepada para lulusan SMA yang hendak melanjutkan kuliah. Bukannya orientasi agar tekun belajar supaya menjadi pandai dan memiliki ilmu pengetahuan yang matang, akan tetapi lebih mengejar prestise, status sosial dan juga selembar ijazah dari kampus besar yang dianggap bisa mendatangkan kesuksesan dalam kehidupan setelah kuliah terutama sukses dalam meraih pekerjaan. 

Padahal kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa saat ini lapangan pekerjaan tidak membutuhkan lulusan perguruan tinggi yang mengandalkan nama besar kampus dimana ia kuliah, melainkan membutuhkan lulusan perguruan tinggi yang memiliki kematangan ilmu, etos kerja serta dedikasi tinggi. Dan semua itu hanya bisa di dapat dari mahasiswa yang ketika kuliah benar-benar berorientasi untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Karena dampak dari tekun belajar ketika kuliah bukan hanya bisa mendapatkan ilmu yang banyak, akan tetapi kesempatan mendapatkan pekerjaan akan lebih terbuka dengan modal ilmu dan kemampuan yang mereka miliki.

Memilih kampus yang ideal memang sebuah keharusan. Ideal dalam arti sesuai dengan kemauan, potensi dan kemampuan calon mahasiswa. Namun, di atas semua itu langkah pertama dan paling utama yang harus ditekankan adalah meluruskan niat. Yaitu, niat untuk belajar dengan sungguh-sungguh dimanapun kelak akan kuliah. Niat untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki dengan segala fasilitas yang ada. Niat untuk selalu berkarya dengan segala sumber daya yang bisa dimanfaatkan. Serta niat berusaha memberikan prestasi terbaik bagi perguruan tinggi sebagai tempat menuntut ilmu.

Innama a’malu binniyat, sesungguhnya segala sesuatu ditentukan dari niatnya. Itulah ajaran mulai Islam, dimana niat dijadikan sebagai modal utama untuk melakukan segala sesuatu tak terkecuali ketika akan menempuh studi di perguruan tinggi. Niatkanlah untuk belajar dengan sungguh-sungguh insyaallah akan mempermudah dalam proses perkuliahan serta dapat mendatangkan kesuksesan di masa yang akan datang. 

Bagi orang tua maupun calon-calon mahasiswa, jangan sekali-kali menanamkan niat kuliah hanya sekedar untuk mendapatkan selembar ijazah, gelar sarjana serta agar mendapatkan pekerjaan di kemudian hari. Namun tanamkanlah niat kuliah untuk belajar agar mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya. Karena hanya dengan ilmu kita akan dihargai orang lain, bahkan pekerjaan akan bisa datang mencari orang-orang yang berilmu.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)