Fokus Pada Belajar

Bisa menuntut ilmu hingga ke perguruan tinggi tentu merupakan cita-cita setiap anak bangsa. Namun sayang, tidak semua anak bisa mewujudkan cita-cita tersebut, salah satunya tentu disebabkan karena mahalnya biaya kuliah. Berbagai orientasi tentu telah dirumuskan oleh mereka yang saat ini telah menjadi bagian dari dunia kampus jauh-jauh hari sebelum mereka resmi menjadi seorang mahasiswa.


Salah satu orientasi yang umum dimiliki oleh mahasiswa adalah untuk memperbaiki kondisi hidup setelah lulus kuliah. Ada sebuah kenyakinan bahwa dengan menjadi seorang sarjana, maka akan mempermudah dalam mendapatkan sebuah pekerjaan. Jika sudah bekerja maka secara otomatis kondisi ekonomi juga dapat berubah menjadi lebih baik, meskipun sesungguhnya tesis tersebut belum sepenuhnya terbukti. Karena saat ini telah terbukti banyak sekali sarjana yang masih menganggur.

Orientasi lainnya yang umum dimiliki mahasiswa adalah agar status sosialnya meningkat. Masih banyak sekali masyarakat Indonesia, terutama  para orang tua yang memiliki sebuah kenyakinan bahwa dengan menguliahkan anak-anak mereka di perguruan tinggi favorit akan memiliki dampak pada meningkatnya status sosial keluarga. Sehingga tak jarang banyak keluarga yang rela menghabiskan kekayaan hanya untuk membiayai kuliah anaknya agar  ketika anaknya lulus dan menjadi sarjana akan dapat membawa nama baik keluarga, sehingga bisa dihormati.

Meskipun orientasi kuliah tersebut di atas sah-sah saja dimiliki, akan tetapi hal tersebut sebenarnya malah dapat membebani mahasiswa. Betapa tidak, hanya karena ingin dapat pekerjaan setelah lulus atau agar dapat meningkatkan prestise keluarga di mata masyarakat, mahasiswa tersebut akan menjalani hari-hari kuliahnya dengan kondisi yang tertekan. Hal tersebut tentu dapat mengganggu konsentrasi mahasiswa dalam belajar. Padahal dalam dunia perkuliahan belajar adalah pekerjaan utama mahasiswa.

Gambar di ambil dari SINI
Fokus belajar seharusnya menjadi agenda utama mahasiswa selama berada dalam lingkungan kampus, bukan hal lain. Jika mahasiswa bisa fokus dalam belajar tentu akan berdampak positif terhadap nilai akademiknya. Jika nilai akademik mahasiswa selalu bagus tentu akan mempermudah dan mempercepat proses kelulusan. Jika mahasiswa dapat lulus dengan nilai yang bagus tentu menunjukkan bahwa mahasiswa tersebut adalah mahasiswa yang berkualitas. Lulusan kampus yang berkualitas tentu akan mudah mencari pekerjaan, atau bahkan malah akan dicari oleh perusahaan-perusahan besar yang memang membutuhkan tenaga berkualitas lulusan perguruan tinggi.

Sehingga dalam hal ini bisa dikatakan bahwa orientasi utama yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa dalam kuliah adalah fokus pada belajar bukan hal lain. Karena hanya dengan belajar yang sungguh-sungguh mahasiswa akan menjadi seseorang yang pintar, dan orang pintar akan mudah dalam mencari pekerjaan. Karena pada dasarnya orang pintar selalu dicari dan dibutuhkan oleh orang lain demi memanfaatkan kepintarannya tersebut.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)