BERHENTI MENJADI PEMIMPI


Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah impian semua warga negara Indonesia, tak terkecuali bagi alumni mahasiswa. Buktinya setiap ada pendaftaran CPNS, maka yang mendominasi untuk mendaftar adalah mereka yang berijazah sarjana. Hal ini semakin menunjukkan bahwa animo masyarakat untuk menjadi abdi pemerintah sangatlah tinggi.


Berbagai keuntungan yang di dapat ketika menjadi PNS, mulai dari gaji yang layak, kerja mudah, tunjangan hari tua yang terus mengalir hingga meninggal adalah beberapa faktor yang melatarbelakangi sektor ini menjadi rebutan setiap orang. Sehingga tak salah jika pengangguran di negeri ini kian meningkat setiap tahunnya, karena mereka hanya bermimpi menjadi seorang PNS tanpa mau berusaha bekerja di bidang lainnya.

Sebagai mahasiswa, dan alumni mahasiswa (sarjana) sudah seharusnya tidak menjadikan PNS sebagai satu-satunya orientasi utama dalam bekerja ketika mereka terjun di masyarakat. Karena masih banyak sektor lain yang bisa digarap, apalagi sebagai intelektual yang berpendidikan tinggi, serta mempunyai ilmu pengetahuan luas di atas rata-rata, maka sudah seharusnya mereka dapat menciptakan berbagai peluang kerja baik untuk diri sendiri, maupun untuk orang lain.

Sebagai contoh mahasiswa jurusan Teknik Otomotif, setelah sarjana harus mampu memanfaatkan ilmunya untuk membuka peluang kerja baru dengan cara membangun bengkel-bengkel otomotif. Disamping dapat mengamalkan ilmunya untuk membantu orang lain, hal tersebut juga dapat membuka peluang bagi terciptanya lapangan kerja baru untuk orang lain. Sehingga dengan demikian hal itu akan dapat sedikit membantu mengurangi jumlah pengangguran di negeri ini. Dan hal itu tentunya juga dapat dilakukan oleh setiap mahasiswa dari berbagai jurusannya masing-masing.

Jika setiap mahasiswa memiliki kesadaran seperti itu, maka bukan tidak mungkin setelah lulus dan menjadi sarjana predikat sebagai pengangguran banyak acara (pengacara) akan dapat dihilangkan. Syaratnya adalah mereka harus mau berusaha dengan sungguh-sungguh dan tidak mudah silau terhadap embel-embel untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil. Karena bekerja dengan usaha dan keringat sendiri adalah lebih mulia dibanding jenis pekerjaan yang hanya mengandalkan gaji dari pemerintah.

Mencoba peruntungan mendaftar CPNS adalah sah-sah saja, namun hal itu tidak boleh dijadikan sebagai satu-satunya tujuan. Mahasiswa harus mempunyai prioritas utama dalam bekerja, bukan hanya bermimpi menjadi seorang PNS, akan tetapi lebih pada mengamalkan ilmu yang ia dapatkan semaksimal mungkin. Karena kesuksesan bekerja seseorang bukan terletak pada status sebagai seorang PNS, melainkan karena usaha dan kerja keras yang dilakukan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)