CERDAS MEMILIH PERGURUAN TINGGI


Harus diakui bahwa memilih Perguruan Tinggi (PT) bagi lulusan SMA ibarat memilih pasangan hidup (jodoh), karena sama-sama sulitnya. Jika salah memilih, maka akan berakibat fatal karena hal tersebut menyangkut masa depan. Akan tetapi bagi calon mahasiswa yang tepat dalam memilih perguruan tinggi yang didambakan, tentu saja akan membawa dampak positif bagi masa depannya.

Banyak kasus kegagalan mahasiswa yang tidak bisa menyelesaikan studinya karena masalah sepele yaitu salah dalam memilih jurusan serta perguruan tinggi. Biasanya hal itu lebih disebabkan karena mereka hanya mengikuti perintah orang tua, mengikuti teman atau hanya karena tertarik dari selebaran maupun promosi yang dilakukan oleh beberapa perguruan tinggi tanpa melihat dan mempertimbangkan semuanya dengan matang.

Paradigma seperti itu saat ini harus segera dirubah, karena jika tidak maka sama artinya menggadaikan masa depan kawan-kawan semua. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih perguruan tinggi, hal tersebut diantaranya adalah; pertama,  memilih perguruan tinggi  harus sesuai dengan kata hati. Karena yang akan menjalani proses studi adalah kawan-kawan sendiri bukan orang lain. Ketika ada saran dan masukan dari orang tua maupun teman hendaknya dijadikan pertimbangan bukan berarti harus diikuti.

Kedua, pilihlah perguruan tinggi yang menyediakan jurusan atau program yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Meskipun perguruan tinggi yang kau pilih adalah PT favorit namun jika tidak ada jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu, maka semua akan percuma. Karena dalam proses studi nanti jelas akan dijalani dengan penuh keterpaksaan, dan hal tersebut tentu akan membawa beban tersendiri.

gambar dari sini
Ketiga, pilihlah perguruan tinggi yang memiliki jaringan luas dengan indutri kerja. Bagaimanapun juga orientasi masuk perguruan tinggi adalah untuk bisa bekerja, sehingga jaringan ke dunia kerja sangat penting menjadi pertimbangan. Banyaknya pengangguran yang berstatus sarjana saat ini lebih disebabkan karena perguruan tinggi dimana mereka menuntut ilmu tidak memiliki jaringan dengan industri kerja sehingga ketika mereka lulus akhirnya menjadi pengangguran. Lain lagi jika setiap PT telah memiliki banyak jaringan industri kerja maka hal itu akan lebih memudahkan lulusannya dalam mencari kerja.

Keempat, pilihlah perguruan tinggi yang menyediakan fasilitas memadai. Meskipun bukan PT favorit namun jika menyediakan fasilitas memadai untuk mengembangkan segala minat dan bakatmu maka PT tersebut pantas untuk dipilih. Dunia kampus bukanlah sekolah yang hanya menerima materi, akan tetapi di kampus dituntut untuk mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa. Sehingga ketersediaan fasilitas sangat penting guna mengembangkan potensi, minat dan bakat mahasiswa yang bersangkutan.

Kelima, pilihlah perguruan tinggi yang menyediakan beasiswa prestasi. Bukan bermaksud untuk mencari gratisan dalam biaya kuliah, akan tetapi dengan adanya beasiswa prestasi tersebut tentu akan dapat memberikan motivasi lebih kepada mahasiswa untuk bisa berprestasi.

Kelima tips yang disebutkan di atas hanyalah sebagian kiat dalam memilih perguruan tinggi. Semuanya tentu kembali lagi kepada masing-masing pribadi lulusan SMA, mau memilih perguruan tinggi yang bagaimana. Baik PT negeri maupun swasta, favorit maupun non favorit jelas sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam hal inilah dibutuhkan kecerdasan dalam memilih perguruan tinggi, karena taruhannya adalah masa depan.

18 komentar:

  1. ayo buat adik2 yg masih SMU tipsnya dicatet :)
    cah ayu jadi model nih yeee :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... cateeett jugaa ma mbak Lid dunk..

      alhamdulillah yaahh sesuatuuu :)

      Hapus
  2. kata hati disertai denan kemampuan "brain" tentunya ya mbaa. . . ;)
    tipsnya nanti dibagikan di SMU-SMU se Banjarnegara ya mba? :lol:

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa... catet baen dah.. ntar Idah yang bagiin yahh :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. ndak bingung.. ikuti kata hati nurani yah :)

      Hapus
  4. terus tips buat saya mana dong ??? :p

    BalasHapus
  5. Hihi jangan kayak aku,
    tidak cerdas milih jurusan wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. emangnya jurusanmu opo ta?

      Hapus
    2. kapan luluse Na..?
      ntar aku ndampingi wisudamu yoo..
      jangan2 kedokteran koe Na.. hahhay

      Hapus
  6. bukan hanya perguruan tinggi tp jurusan yg sesuai dengan minat dan bakat biar lulus dengan harapan yg baik dan bekerja sesuai dengan harapan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa tentu dunk mbak :)

      makanya hindari penyesalan dengan melakukan yang sesuai pilihan hati sejak awal :)

      Hapus
    2. betul...pilihan hati harus jadi yang terbaik

      Hapus
    3. nggeh dunk mbak...

      mbak sendiri gimana?

      Hapus
  7. masih tetap bingung buat nyari jurusan, baca lagi ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. bacanya yang detail yahh :p

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)