TINGKATKAN KEPEKAAN SOSIAL

PERAN MAHASISWA sebagai agen perubahan sosial (agent of social change) akan benar-benar terlihat saat mereka terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat lewat program Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN adalah salah satu program pengabdian kepada masyarakat yang masuk dalam Tri Darma Perguruan Tinggi dan wajib diikuti oleh setiap mahasiswa karena masuk sebagai salah satu mata kuliah. 


Modal yang  harus dimiliki oleh mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata selain ilmu dan keterampilan yang telah ia dapatkan di bangku kuliah adalah harus memiliki kepekaan sosial. Kehidupan masyarakat, terutama di desa-desa yang sering menjadi objek KKN sangat berbeda dengan kehidupan mahasiswa di kampus. Oleh sebab itulah kemampuan beradaptasi mahasiswa dalam memahami watak, kebiasaan serta kebudayaan masyarakat setempat dimana mahasiswa tersebut ditempatkan sangat penting sekali.

Kepekaan sosial yang dimiliki mahasiswa dalam KKN sangat menentukan berhasil dan tidaknya mereka dalam merealisasikan program kerja yang disusun selama KKN. Karena dalam menentukan program kerja KKN mahasiswa tidak bisa dengan kehendaknya sendiri tetapi harus menyesuaikan dengan kondisi masyarakat. Berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat saat itulah yang harus menjadi dasar dalam menyusun program kerja.

Untuk dapat mengetahui berbagai problematika yang dihadapi masyarakat, maka dibutuhkan kepekaan sosial yang tinggi dari mahasiswa saat melakukan survei. Mahasiswa yang mempunyai kepekaan sosial akan dengan mudah memetakan berbagai persoalan serta mampu membuat perencanaan yang matang sebagai solusi atas problem sosial yang sedang dihadapi masyarakat.

Untuk mewujudkan rancangan program kerja yang telah disusun maka mahasiswa yang KKN harus mengedepankan kerjasama serta melibatkan tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta berbagai lembaga dan organisasi yang ada di masyarakat. Karena melalui mereka-lah mahasiswa akan lebih memahami kondisi riil serta apa yang dibutuhkan oleh masyarakat yang akan mereka tempati.

Kerja sama yang baik antara mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN dengan tokoh masyarakat dalam memetakan serta mencarikan solusi atas berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat secara tidak langsung akan dapat menghapus kesan negatif bahwa mahasiswa KKN hanya bisa membuat repot masyarakat. Sebaliknya dengan kemampuan dan kepekaan sosial mahasiswa yang baik, jelas akan menimbulkan kesan dan respek yang positif dari masyarakat.

Keberhasilan mahasiswa selama KKN bukan hanya terletak pada tercapainya berbagai program kerja yang disusun. Akan tetapi yang lebih penting lagi adalah keberhasilan mahasiswa dalam meningkatkan kepekaan sosial. Karena dengan memiliki pengetahuan yang luas serta mempunyai kepekaan sosial yang tinggi diharapkan mahasiswa setelah lulus dari perguruan tinggi akan menjadi salah satu problem solver di tengah-tengah masyarakat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)