Skip to main content

Risol Bihun Chicken Stick So Good

Assalamu’alaikum teman-teman,

Alhamdulillah ya, puasa kita jalani dengan penuh suka cita. dan tinggal beberapa hari lagi lebaran akan tiba. Bagaimana dengan menu buka puasa dan sahurnya? Masih tetep masak sendiri, kan? Atau sudah males dan model masak gampang seperti telur ceplok atau mie instan? atau udah beli-beli-beli di warung sana sini secara bergantian? Hehehe..

Apapun, yang penting tidak mengurangi semangat berpuasanya yaa..

Saya punya cemilan andalan nih, yang biasanya saya buat saat Ramadhan. Kalau di bulan Ramadhan, di desa saya digilir jatah bagi jajan untuk tarawihnya. Nah, tahu kan kalau gorengan selalu jadi primadona di sini. Jadi, saya seringnya bikin gorengan untuk jajanan setelah tarawih, gorengan yang sering saya bikin seperti tempe mendoan, bakwan, pisang goreng, dan risoles.

Nah, kali ini saya mau share resep risol yang biasa saya buat ya.


Risol Bihun Chicken Stick So Good


Untuk 10 risol.

Bahan:
- 10 lembar kulit risol/lumpia siap pakai
- 10 buah Chicken Stick So Good
- 1 Telur, kocok lepas
- 500 ml minyak goreng

Bahan isi:
- 1 buah wortel ukuran sedang, iris tipis kecil-kecil
- 100 gram bihun yang telah direndam air panas hingga lemas
- 1 batang daun bawang, iris halus
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu:
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 3 siung bawang merah, cincang halus
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 2 sendok teh garam
- 2 buah cabai merah, iris tipis (optional)

Cara membuat:
Panaskan 1 sendok makan minyak di penggorengan, tumis bawang putih, bawang merah, dan irisan cabai, tumis sebentar hingga harum. Kemudian masukkan wortel, aduk-aduk hingga setengan layu. Setelah itu masukkan bihun yang sudah direndam dan ditiriskan, aduk-aduk kembali. Tambahkan merica, garam, kaldu bubuk. Aduk hingga rata. Masukkan irisan daun bawang, aduk sebentar. Koreksi rasa, kemudian angkat dan dinginkan sebentar. 

Siapkan telur kocok lepas di dalam wadah mangkuk kecil dan juga siapkan kulit lumpia taruh di atas penampan supaya mudah mengisi dan membuat risolnya.

Sekarang, mari kita membuat risolnya.

Letakkan selembar kulit risoles siap pakai di penampan dengan meja datar, beri satu sendok makan adonan isi bihun tadi, di salah satu sisi lembar kulit. Lebarkan sedikit adonan. Letakkan 1 buah nugget stik ayam (Chicken Stick Nugget So Good) di tengah-tengah adonan isi, atur agar adonan isi menutupi stik ayam, rapikan. Lipat kulit risoles di bagian bawah adonan sehingga menutupi isi, lipat sisi kiri dan kanan seperti amplop, rapatkan. Gulung keatas sambil jari tangan merapikan kulit risoles agar tidak melebar. Rekatkan dengan menggunakan telur yang sudah dikocok. Taruh di penampan, ulangi ke semua kulit lumpia sampai habis.

Jika semua sudah jadi. Siapkan minyak goreng di wajan. Panaskan, pastikan api kecil saja. Goreng risoles menggunakan minyak panas yang banyak dengan api kecil hingga risoles menjadi coklat keemasan. Tiriskan. Serap kelebihan minyak dengan tissue dapur.


Alhamdulillah, risol bihun buatan saya ini disukai suami dan anak-anak. apalagi saya kreasikan isiannya dengan stik ayam dari so good. Makin lahap makannya. Risol bibun chicken stick so good ini bisa untuk tambahan lauk atau dimakan langsung sebagai cemilan ya, dimakan dengan saus pedas atau cabe rawit bikin rasa makin sip. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi..  Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya i ni cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu a

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare. Gambar pinjem dari web iinformasitips