Risol Bihun Chicken Stick So Good - Cah Kesesi AyuTea

Risol Bihun Chicken Stick So Good

Assalamu’alaikum teman-teman,

Alhamdulillah ya, puasa kita jalani dengan penuh suka cita. dan tinggal beberapa hari lagi lebaran akan tiba. Bagaimana dengan menu buka puasa dan sahurnya? Masih tetep masak sendiri, kan? Atau sudah males dan model masak gampang seperti telur ceplok atau mie instan? atau udah beli-beli-beli di warung sana sini secara bergantian? Hehehe..

Apapun, yang penting tidak mengurangi semangat berpuasanya yaa..

Saya punya cemilan andalan nih, yang biasanya saya buat saat Ramadhan. Kalau di bulan Ramadhan, di desa saya digilir jatah bagi jajan untuk tarawihnya. Nah, tahu kan kalau gorengan selalu jadi primadona di sini. Jadi, saya seringnya bikin gorengan untuk jajanan setelah tarawih, gorengan yang sering saya bikin seperti tempe mendoan, bakwan, pisang goreng, dan risoles.

Nah, kali ini saya mau share resep risol yang biasa saya buat ya.


Risol Bihun Chicken Stick So Good


Untuk 10 risol.

Bahan:
- 10 lembar kulit risol/lumpia siap pakai
- 10 buah Chicken Stick So Good
- 1 Telur, kocok lepas
- 500 ml minyak goreng

Bahan isi:
- 1 buah wortel ukuran sedang, iris tipis kecil-kecil
- 100 gram bihun yang telah direndam air panas hingga lemas
- 1 batang daun bawang, iris halus
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu:
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 3 siung bawang merah, cincang halus
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 2 sendok teh garam
- 2 buah cabai merah, iris tipis (optional)

Cara membuat:
Panaskan 1 sendok makan minyak di penggorengan, tumis bawang putih, bawang merah, dan irisan cabai, tumis sebentar hingga harum. Kemudian masukkan wortel, aduk-aduk hingga setengan layu. Setelah itu masukkan bihun yang sudah direndam dan ditiriskan, aduk-aduk kembali. Tambahkan merica, garam, kaldu bubuk. Aduk hingga rata. Masukkan irisan daun bawang, aduk sebentar. Koreksi rasa, kemudian angkat dan dinginkan sebentar. 

Siapkan telur kocok lepas di dalam wadah mangkuk kecil dan juga siapkan kulit lumpia taruh di atas penampan supaya mudah mengisi dan membuat risolnya.

Sekarang, mari kita membuat risolnya.

Letakkan selembar kulit risoles siap pakai di penampan dengan meja datar, beri satu sendok makan adonan isi bihun tadi, di salah satu sisi lembar kulit. Lebarkan sedikit adonan. Letakkan 1 buah nugget stik ayam (Chicken Stick Nugget So Good) di tengah-tengah adonan isi, atur agar adonan isi menutupi stik ayam, rapikan. Lipat kulit risoles di bagian bawah adonan sehingga menutupi isi, lipat sisi kiri dan kanan seperti amplop, rapatkan. Gulung keatas sambil jari tangan merapikan kulit risoles agar tidak melebar. Rekatkan dengan menggunakan telur yang sudah dikocok. Taruh di penampan, ulangi ke semua kulit lumpia sampai habis.

Jika semua sudah jadi. Siapkan minyak goreng di wajan. Panaskan, pastikan api kecil saja. Goreng risoles menggunakan minyak panas yang banyak dengan api kecil hingga risoles menjadi coklat keemasan. Tiriskan. Serap kelebihan minyak dengan tissue dapur.


Alhamdulillah, risol bihun buatan saya ini disukai suami dan anak-anak. apalagi saya kreasikan isiannya dengan stik ayam dari so good. Makin lahap makannya. Risol bibun chicken stick so good ini bisa untuk tambahan lauk atau dimakan langsung sebagai cemilan ya, dimakan dengan saus pedas atau cabe rawit bikin rasa makin sip. Selamat mencoba!

5 comments:

  1. Sama ama aku Noorma. Takjil tiap hari tidak bisa lepas dari gorengan.

    ReplyDelete
  2. aku ga pernah bikin risol, baca resep ini jadi pengen buat deh. makasih infonya ya Mba

    ReplyDelete
  3. haloo mbak noorma gimana kabarnya, mau donk risolnya..

    oya mohon maaf lahir batin yaaa

    ReplyDelete
  4. Waaah kayaknya gampang mba :). Risol aku suka, nugget juga. . Kalo dipaduin gini, aku yakin bisa abis banyak ini makannya :p

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)