Skip to main content

CIRI ANAK YANG HEBAT


 “Assalamu’alaikum, adik yang cantik... kakak pulang.. salim” sembari mengulurkan tangannya dan adik membalas uluran tangannya, mereka bersalaman.

“Sini, dek. Duduk sama kakak..” kemudian kakak mencium pipi adiknya.

“Jalannya hati-hati, ya, dek.. Biar nggak jatuh” sambil tangan menggandeng tangan adiknya.
“Adek... minta tolong, ini sampahnya diambil terus dibuang di tempat sampah” adiknya pun tanggap apa yang diperintahkan kakaknya.

Itulah beberapa contoh percakapan yang sering kakak Noofa ucapkan ke adiknya. Padahal adiknya belum bisa ngomong, ocehannya baru tatatata saja. Maklum, usianya kini baru 15 bulan. Namun, meskipun belum bisa lancar berbicara, Alhamdulillah adik Nooha sudah bisa menanggapi apa yang dikatakan kakaknya atau orang lain di sekitarnya. Beberapa kalimat yang diucapkan orang terdekat bisa ia pahami. Misalnya dia dimintai tolong untuk membuangkan sampah di tempat sampah, adik cepat tanggap dengan melakukan apa yang diperintahkan.

Begitu pun ketika dia tangannya kotor habis makan slai coklat, dia juga pinter ambil tissue untuk lap tangannya dia. Atau saat dia menumpahkan minumannya di lantai dengan tidak sengaja, dia ngerti dan dengan sendirinya ngambil kain pel untuk mengepel lantai yang basah. Yaa memang sih, belum bisa bersih. Tapi saya bangga bisa melihat anak saya bisa tanggap dengan apa yang terjadi di sekitarnya.

Saya ingin mempunyai anak yang tidak hanya cerdas intelektualnya saja. Melainkan ingin mempunyai anak yang tumbuh dan berkembang dengan baik baik intelektual, emosional, dan sosial. Hal yang paling baik dilakukan orangtua terhadap anaknya saat anak berada masa keemasan adalah dengan memberikan stimulasi yang tepat. Memberikan contoh kepada anak-anak sehingga anak bisa menirukan apa yang orangtua lakukan. Memberikan stimulasi tepat kepada buah hati akan memberikan dampak positif dalam pertumbuhan dan perkembangannya. hal ini akan membantu mereka tumbuh menjadi pribadi yang baik dengan tanggap yang lengkap, yaitu cepat tanggap, mempunyai rasa peduli, dan tanggap bersosialisasi.

permainan edukatif anak
memberikan stimulasi permainan edukatif adalah salah satu stmulasi positif
Anak berkembang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Begitupun dengan perkembangan emosi anak. usia-usia awal memegang peran penting bagaimana si kecil merespon terhadap lingkungannya. Setiap anak pasti melalui beberapa tahapan perkembangan emosional, yang kemudian akan berkaitan dengan bagaimana cara ia mengendalikan dirinya dalam berinteraksi dan belajar. Erickson (1963) seorang tokoh psikologi berkata dalam perkembangan manusia ada tahapan-tahapan perkembangan emosional yang harus dilalui dalam membentuk anak hebat menjadi individu yang cepat tanggap, memiliki rasa peduli, dan tanggap bersosialisasi. Pada anak usia 1-6 tahun mereka belajar tentang 3 nilai utama dalam hidup, yang nantinya membantu mereka mempersepsikan dunia dan membentuk karakter mereka menjadi anak tanggap yang lengkap. 3 nilai utama tersebut adalah harapan, kemauan, dan tujuan. 

Stimulasi memang penting untuk membantu karakter anak. Selain stimulasi, pemberian nutrisi otak yang tepat juga tak kalah pentingnya. Karena nutrisi juga berperan dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Saya ingat apa yang dipaparkan salah satu narasumber di seminar parenting beberapa tahun lalu, bahwa pemberian nutrisi yang baik dilakukan dari mulai usia 0 bulan dalam kandungan. Bukan malah setelah anak lahir. Itu artinya, bila ingin mempunyai anak yang cerdas, berikanlah nutrisi yang tepat sejak dalam kandungan. Makanya, beberapa calon bumil yang ingin program hamil biasanya sudah mempersiapkan segala sesuatunya, agak kelak bisa mempunyai anak yang sesuai harapan.


Nutrisi  yang tepat itu yang seperti apa sih? Nutrisi yang tepat adalah nutrisi yang pas untuk anak kita. Sesuai dengan usia dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan tubuh si kecil. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan makanan bergizi seimbang dan susu bebelac baru. Kenapa Bebelac? Karena Bebelac memiliki kandungan nutrisi yang tepat untuk mendukung perkembangan si kecil.


Bebelac baru memiliki nutrisi yang dapat mendukung buah hati untuk tumbuh hebat dengan tanggap yang lengkap. Pas sekali untuk orangtua yang ingin mempunyai anak dengan tanggap lengkap. Inovasi dari bebelac sebelumnya, bebelac baru mengandung minyak ikan dan omega 6 yang lebih tinggi, FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan, serta 13 vitamin dan 9 mineral. Semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan si kecil untuk mendukung perkembangannya. Si kecil akan berkembang sesuai dengan tahapannya. tanggap lengkap merupakan tujuan dari apa yang selama ini orangtua harapkan, karena anak yang memiliki kecerdasan cepat tanggap, rasa peduli, dan tanggap bersosialisasi adalah ciri anak yang hebat.


Banyak info mengenai tanggap yang lengkap, salah satu tulisan bagus yang rekomended untuk dibaca ibu hebat ada di LINK INI

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

USAHA MIKRO; TETAP BERTAHAN DI TENGAH PANDEMI BERSAMA PIP

Kurang lebih 6 bulan masyarakat Indonesia berperang melawan pandemi Covid-19, dan hingga saat ini perang tersebut belum ada indikasi berakhir. Pandemi Covid-19 di Indonesia yang diketahui sejak awal bulan Maret 2020 harus memaksa sebagian besar masyarakat Indonesia untuk membatasi aktivitasnya agar penularan dapat dicegah. Dampak dari pembatasan tersebut mengakibatkan berbagai sektor terkena imbas akibat terhentinya aktivitas masyarakat. Di antara sektor yang paling parah terkena dampak Covid 19 adalah sektor ekonomi. Bukan hanya dalam skala makro, pandemi Covid-19 ini pun menghantam sektor mikro, bahkan tak tanggung-tanggung para pedagang kecil dan pelaku UMKM juga terkena imbasnya. Bahkan tidak sedikit dari mereka harus gulung tikar dan tidak dapat melanjutkan usahanya karena mengalami banyak kerugian, mulai dari turunnya pendapatan, hingga tidak lakunya barang-barang hasil produksi mereka.  Jika kita mau menengok lebih dalam lagi, UMKM di Indonesia sangat banyak jumlahnya, usaha ini

Pengalaman Operasi Bedah Mulut (Gigi Bungsu) dengan Menggunakan BPJS

Halo Assalamu'alaikum, Sudah lama banget sebenarnya saya pengen posting pengalaman saya operasi gigi bungsu ( impacted teeth ) di Rumah Sakit Siti Khodijah Pekalongan.  Sebelumnya sudah saya posting di channel youtube saya, bisa nonton di sini dulu biar ada pandangan hehehe. Nah, jadi ceritanya semalam ada yang chat WA ke saya, namanya Doni dari Indramayu dia nanya-nanya soal pengalaman saya operasi gigi bungsu karena semingguan lagi dia juga mau operasi gigi bungsu di rumah sakit di Indramayu.  Dari permintaan dan saran doi akhirnya saya menulis postingan ini. Terasa semangat gitu kan ya kalau postingan kita di sosial media organik terus ada yang nyari kemudian nyari kontak kita untuk tanya-tanya lebih lanjut. Alhamdulillah sekali selama ini masih banyak pembaca blog dan viewer youtube yang kemudian bisa lanjut obrolan dengan chat pribadi. Terima kasih banyak,.. Kenapa Gigi Bungsu Sebaiknya Dicabut? Biasanya gigi bungsu akan tumbuh ketika kita sudah dewa