Skip to main content

13 Tips Membuat Tulisan Bertenaga Ala Haya Aliya Zaki





Sabtu 19 Maret 2016 yang lalu, Saya dan teman-teman blogger Semarang dan sekitarnya berkesempatan mengikuti acara Fun Blogging di Semarang. Fun Blogging ini merupakan Fun Blogging ke Sembilan #FunBlogging9 yang diadakan oleh Komunitas Blogger Perempuan. Beruntungnya saya bisa menjadi salah satu peserta dalam perhelatan yang boleh dibilang bergengsi tersebut. Gedung Indosat Ooredoo Semarang Lantai 10 menjadi saksi bisu terselenggaranya kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kami para blogger Semarang dan sekitarnya. Silaturahim terjalin, bertambah saudara dan teman, serta mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman adalah berbagai keuntungan yang saya dan teman-teman dapatkan dari mengikuti acara tersebut.

Ada tiga pemateri andal yang datang ke acara tersebut, mereka biasa kami panggil dengan sebutan Cikgu (guru). Mereka adalah Mbak Haya Aliya Zaki, Mbak Shinta Ries, dan Mbak Ani Berta. Semuanya datang jauh-jauh dari luar kota. Sungguh baik mereka ini, datang jauh-jauh dari Ibu kota untuk bisa berbagi ilmu dengan kami.

Postingan tentang Fun Blogging nantinya akan saya tulis bertahap, karena banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dari kegiatan tersebut. Untuk yang pertama, sebagai teaser saya membuat tulisan berjudul 13 Tips Membuat Tulisan Bertenaga Ala Haya Aliya Zaki.

Salah satu tujuan menjadi seorang Blogger adalah agar bisa menulis dengan baik dan benar. Karena kekuatan blogger sesungguhnya berada pada tulisan yang mereka posting di blog mereka masing-masing. Ada banyak orang yang merasa susah ketika menulis, ada yang sudah bisa menulis tetapi kurang pede, atau ada sudah bisa menulis dan sudah pede tapi mereka belum begitu memperhatikan kualitas tulisannya tersebut, apakah tulisannya sudah baik atau belum?

Menurut mbak Haya, apabila seorang blogger ingin bisa menulis, maka yang pertama kali harus dia lakukan adalah latihan menulis, menulis, dan menulis. Ia bisa latihan dari menulis sms, menulis status di FB, atau bisa langsung menulis di blog. Menulis dengan memperhatikan EYD, tapi bukan berarti harus semuanya menggunakan bahasa yang serba baku dan kaku. Menulis sesuai dengan karakter diri sendiri, santai, tapi harus tetap memperhatikan EYD.

Berikut 13 Tips Membuat Tulisan Bertenaga Ala Haya Aliya Zaki yang saya dapatkan dari Fun Blogging 9:

1. Tulisan harus jujur

Tulisan yang jujur di sini adalah tulisan yang ditulis sesuai dengan passion atau minat dan disesuaikan dengan keseharian Blogger. Misalnya, apabila dalam kehidupan sehari-hari si blogger ini adalah vegetarian, akan menjadi aneh apabila tiba-tiba ia menulis tentang beef cornet atau sate ayam.

2. Tulisan harus unik, ide tidak harus mewah dan wah

Keunikan sebuah tulisan biasanya ditandai dengan pengambilan sudut pandang yang berbeda.

3. Riset

Riset yang dilakukan blogger tentu tidak sama dengan riset yang dilakukan oleh para ilmuwan maupun akademisi yang butuh prosedur dan tahapan tertentu yang sangat ketat. Tetapi riset yang dilakukan oleh blogger bisa di mana saja, kapan saja, tentang apa saja, pokoknya yang bisa dijadikan bahan sebuah tulisan.

4. Ingat pesan kunci

Ingat pesan kunci maksudnya blogger fokus terhadap tema yang akan ditulis, bukan melebar membahas macam-macam yang menjadikan tulisan ‘lari’ ke mana-mana.

5. Hindari kalimat klise

Kalimat klise merupakan penyampaian ide yang sudah bisa diperkirakan sebelumnya. Artinya ketika menulis kita harus memunculkan ide-ide yang baru yang nantinya bisa membuat tulisan kita menjadi lebih berkualitas bukan ide-ide lama yang sudah ketinggalan zaman.

6. Gunakan kalimat aktif

Tujuannya adalah supaya kalimat yang ditulis dapat mudah dipahami oleh pembaca. Misalnya, kalimat “Saya mencintai kamu” akan lebih mudah dipahami daripada kalimat “Kamu dicintai saya”.

7. Gunakan kalimat pendek

Salah satu manfaat menggunakan kalimat pendek adalah pembaca tidak cepat lelah ketika membaca meskipun tulisan kita panjang. Selain itu penggunaan kalimat pendek menunjukkan bahwa penulis menyampaikan pesan secara langsung tidak berbelit-belit.

8. Tulisan bersifat sederhana

Tulisan sederhana itu tulisan yang tidak banyak singkatan, tidak banyak jargon yang hanya dimengerti oleh si blogger itu sendiri, dll

9. Mencintai EYD

Blogger bebas memakai gaya bahasa tulisan sesuai dengan karakternya, akan tetapi harus tetap mencintai EYD. Tulisan dengan EYD akan mudah dimengerti dan mudah dibaca. Dari hal yang paling sederhana saja, misalnya penggunaan huruf kapital, tanda baca, kata imbuhan, dll.

10. Perhatikan logika

Menulis selain harus bagus, juga harus memperhatikan apakah tulisan tersebut masuk akal atau tidak. Meskipun menulis fiksi seorang blogger juga harus tetap memperhatikan kekuatan logika. Sehingga ketika sudah menjadi sebuah tulisan tidak dianggap sebagai hasil karya yang asal-asalan.

11. Perkaya diksi

Agar hasil tulisan lebih berwarna dan tidak terkesan membosankan maka salah satu kuncinya adalah menggunakan banyak diksi. Hal ini menjadi penting, karena dengan memperbanyak diksi maka blogger akan lebih leluasa dalam mengembangkan ide tulisan. Tipsnya, banyak membaca.

12. Mainkan indera

Dengan memainkan indera, rasa yang ada dalam tulisan akan bisa dirasakan oleh pembaca.

13. Self editing

Hal yang tak bisa ditinggalkan bagi blogger dalam menulis artikelnya adalah self editing. Penting sekali untuk membaca ulang karya tulis yang telah kita buat, apalagi bagi para blogger. Selain untuk mengetahui kekurangan tulisan yang telah kita hasilkan, self editing juga bermanfaat agar kita lebih berhati-hati dalam menyampaikan pesan moral dalam tulisan kita. Self editing menjadi hal yang wajib dilakukan untuk menghasilkan karya yang berkualitas.

Nah, gimana? 13 Tips Membuat Tulisan Bertenaga Ala Haya Aliya Zaki di atas bagus, kan? Dari 13 Tips di atas, ada berapa point yang sudah temen-temen praktikkan? Atau teman-teman ingin bisa mengetahui tips ini yang lebih komprehensif? Kalau ada Fun Blogging, jangan ragu untuk ikutan. :D

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

USAHA MIKRO; TETAP BERTAHAN DI TENGAH PANDEMI BERSAMA PIP

Kurang lebih 6 bulan masyarakat Indonesia berperang melawan pandemi Covid-19, dan hingga saat ini perang tersebut belum ada indikasi berakhir. Pandemi Covid-19 di Indonesia yang diketahui sejak awal bulan Maret 2020 harus memaksa sebagian besar masyarakat Indonesia untuk membatasi aktivitasnya agar penularan dapat dicegah. Dampak dari pembatasan tersebut mengakibatkan berbagai sektor terkena imbas akibat terhentinya aktivitas masyarakat. Di antara sektor yang paling parah terkena dampak Covid 19 adalah sektor ekonomi. Bukan hanya dalam skala makro, pandemi Covid-19 ini pun menghantam sektor mikro, bahkan tak tanggung-tanggung para pedagang kecil dan pelaku UMKM juga terkena imbasnya. Bahkan tidak sedikit dari mereka harus gulung tikar dan tidak dapat melanjutkan usahanya karena mengalami banyak kerugian, mulai dari turunnya pendapatan, hingga tidak lakunya barang-barang hasil produksi mereka.  Jika kita mau menengok lebih dalam lagi, UMKM di Indonesia sangat banyak jumlahnya, usaha ini

Pengalaman Operasi Bedah Mulut (Gigi Bungsu) dengan Menggunakan BPJS

Halo Assalamu'alaikum, Sudah lama banget sebenarnya saya pengen posting pengalaman saya operasi gigi bungsu ( impacted teeth ) di Rumah Sakit Siti Khodijah Pekalongan.  Sebelumnya sudah saya posting di channel youtube saya, bisa nonton di sini dulu biar ada pandangan hehehe. Nah, jadi ceritanya semalam ada yang chat WA ke saya, namanya Doni dari Indramayu dia nanya-nanya soal pengalaman saya operasi gigi bungsu karena semingguan lagi dia juga mau operasi gigi bungsu di rumah sakit di Indramayu.  Dari permintaan dan saran doi akhirnya saya menulis postingan ini. Terasa semangat gitu kan ya kalau postingan kita di sosial media organik terus ada yang nyari kemudian nyari kontak kita untuk tanya-tanya lebih lanjut. Alhamdulillah sekali selama ini masih banyak pembaca blog dan viewer youtube yang kemudian bisa lanjut obrolan dengan chat pribadi. Terima kasih banyak,.. Kenapa Gigi Bungsu Sebaiknya Dicabut? Biasanya gigi bungsu akan tumbuh ketika kita sudah dewa