Skip to main content

Beberapa Makanan Sehat untuk Penderita Jantung



Beberapa Makanan Sehat Untuk Penderita Jantung - Penyakit jantung merupakan penyakit berbahaya yang bisa mengancam nyawa penderitanya. Penderita penyakit jantung harus menjaga kondisi dan nutrisi yang dikonsumsinya agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Makanan sehat untuk penderita jantung intinya membutuhkan makanan yang mengandung  fitonutrien yang tinggi karena kandungan ini bisa mencegah sekaligus memperbaiki sel-sel yang rusak. Dengan ini, penyakit jantung bisa berkurang tingkat keparahannya. Beberapa jenis makanan yang sehat dan aman dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung antara lain sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, teh dan ikan. Makanan-makanan ini bisa memberantas radikal bebas dalam aliran darah dan melindungi pembuluh darah. 
source tropicana


Makanan-makanan yang seharusnya dikonsumsi oleh penderita jantung salah satunya adalah yogurt. Yogurt memang tidak berhubungan secara langsung dengan penyakit jantung. Tetapi yogurt membantu melindungi rongga mulut dari penyakit gusi. Penyakit gusi bila tidak dirawat bisa menyebabkan penyakit jantung dan meningkatkan resiko terserang penyakit yang satu ini. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menemukan bahwa 1000 orang dewasa yang sering mengkonsumsi yogurt mempunyai gusi yang sehat. Yogurt mengandung probiotik atau bakteri baik bisa menyehatkan gusi dan mampu melawan pertumbuhan bakteri di rongga mulut. Selain itu, dengan mengkonsumsi yogurt, kekebalan tubuh dan sistem pencernaan juga membaik. Jadi, penderita jantung dan orang yang beresiko tinggi terkena sakit jantung perlu mengkonsumsi yogurt secara rutin. 

Selain yogurt, ada juga kacang hijau yang baik dikonsumsi oleh penderita jantung. Tenang saja, tidak harus memakan kacang hijau dalam jumlah yang banyak. Cukup konsumsi setengah gelas kacang hijau setiap hari. Dengan ukuran sebanyak itu, kolesterol sudah berkurang dalam jumlah yang cukup banyak karena mengandung serat dan zat-zat yang lain. Flavanoid pada kacang hijau menghambat adhesi trombosit dalam darah dan bisa melindungi jantung dan mengurangi resiko terjadinya stroke. Mencegah dan mengurangi resiko penyakit jantung sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya membutuhkan kemauan untuk menghindari makanan berkolesterol dan mulai mengkonsumsi bahan makanan rendah kolesterol. Sekarang, bahan makanan yang mengandung sedikit kolesterol tidak sulit ditemukan karena sudah ada Tropicana. 

Setiap orang pasti ingin memiliki berat badan yang ideal. Sayangnya, sebagian besar orang tidak mendapatkan berat badan yang proporsional dan kebanyakan justru kelebihan berat badan. Kalau berat badan sudah di atas rata-rata, cukup sulit membuatnya menjadi ideal dan sesuai dengan keinginan. Untuk itu, banyak orang  mencoba berbagai cara untuk bisa menurunkan bobot tubuhnya sebanyak mungkin khususnya bagi mereka yang obesitas. Salah satu cara yang dicoba adalah dengan diet. Banyak hal yang harus diperhatikan ketika menjalani diet, terutama dalam hal makanan. Jika ingin mendapatkan tubuh yang langsing, seseorang harus meninggalkan makanan berlemak dan mulai mengkonsumsi makanan berserat dan mengandung vitamin. Meskipun awalnya berat, harus dipaksakan kalau ingin kegemukan bisa berkurang. 

Untuk sarapan, sebaiknya pelaku diet menghindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi dan mulai mengkonsumsi makanan untuk diet yang minim karbohidrat seperti sereal dan meminum susu rendah lemak agar tubuh lebih bertenaga dan siap beraktivitas.  Sereal kini tersedia dalam berbagai rasa sehingga sarapan menjadi lebih menyenangkan. Susu rendah lemak juga sangat mudah ditemukan di pasar atau minimarket. Pilihlah merk yang berkualitas seperti Tropicana.
Sedangkan untuk menu makan siang, tetap mengkonsumsi lauk pauk seperti yang biasa dimakan. Misalnya mengkonsumsi ayam yang dibakar tetapi tidak ditambah nasi. Hanya menggunakan kentang untuk pengganti karbohidrat yang dibutuhkan. Sebaiknya juga mengkonsumsi sayuran dan lauk yang mengandung protein nabati seperti tahu dan tempe. Sore hari bisa menambah stamina dengan konsumsi coklat hangat cair.  

Makan malam usahakan jangan mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi. Cukup makan buah-buahan atau sayuran yang mengandung serat. Buah-buahan yang berserat  bisa seperti jeruk, pisang, apel dan buah pir. Saat malam hari, jangan nyemil atau makan makanan ringan terlalu banyak karena akan menyebabkan kenaikan berat badan. Ngemil atau konsumsi makanan ringan boleh-boleh saja asalkan terkontrol. Jangan lupa juga untuk minum air putih minimal 8 gelas setiap hari dan minum juga teh hijau. Keduanya bisa sangat membantu mempercepat metabolisme dalam tubuh. 

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . . Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi . Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan? Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya. Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut k

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi..  Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya i ni cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu a

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare. Gambar pinjem dari web iinformasitips