Skip to main content

Langkah Utama Perawatan Bayi Usia 0 -6 Bulan

Kehadiran seorang bayi di tengah-tengah keluarga yang memang sedang dinantikan tentunya menjadi kado yang sangat indah bagi pasang suami istri. Namun terkadang kegembiraan tersebut berbaur dengan kekhawatiran. Masalahnya karena bayi yang baru lahir tampak begitu rapuh, lemah yang mana masih membutuhkan ekstra perawatan. Namun di balik itu semua terkadang seorang ibu bingung bagaimana cara merawat bayi baru lahir tersebut, apalagi bagi pasangan muda yang baru dikaruniai seorang anak.


Sebenarnya jika sangat ibu sudah membekali dirinya dengan pengetahuan cara merawat bayi dengan baik, maka kekhawatiran tersebut bisa dihilangkan. Lngkah utama yang bisa dilakukan dalam perawatan bayi terutama baru lahir yaitu dengan cara memandikannya dengan rutin. Dengan memandikannya setiap hari, maka kulit bayi akan tampak bersih dan otomatis sehat. Mandi bisa menjauhkan bayi dari infeksi bakteri dan jamur yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit si kecil.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan memandikan sang buah hati, yaitu;

Pertama, siapkan dulu perlengkapan yang memang dibutuhkan untuk mandi seperti bak mandi, sabun dan sahampo. Gunakanlah sabun dan shampo yang memang cocok untuk bayi.

Kedua, selain memepersiapkan perlengkapan untuk mandi, sebaiknya sebelumnya ibu sudah mempersiapkan perlengkapan setelah mandi seperti minyak telon, bedak, pakaian dsb.

Ketiga, isi bak mandi dengan air yang hangat, mandikan bayi di ruangan yang tidak dingin atau tidak berangin. Berikan mainan seperti bola-bola kecil atau bebek plastik agar mandinya lebih menyenangkan.

Keempat, jangan pernah meninggalkan bayi sendirian di bak mandi, karena itu sangat berbahaya.

Kelima, setelah selesai mandi langsung usah tubuh dan kepala bayi dengan menggunakan handuk lembut. Pastikan setiap sela-selanya kering seperti daerah kuping, ketiak, selangkangan dan lekukan-lekukan lainnya.

Keenam, setelah itu semua bagian tubuh bayi kering, langkah yang terakhir yaitu membalur tubuhnya dengan minyak telon agar hangat kembali dan merasa nyaman.

Kegiatan ini harus rutin dilakukan oleh ibu agar kesehatannya bisa terawat. Tentunya ibu ingin melihat sang buah hati tumbuh dengan baik dan sehat.

Comments

Popular posts from this blog

Granuloma Umbilikalis Pada Bayi

Assalamu’alaikum, sahabatku.. semoga selalu sehat, ya. Amin. . .

Postingan kali ini saya mau bercerita tentang Granuloma Umbilikalis Pada Bayi. Ini tentang Nooha, anak kedua saya yang lahir pada tanggal 5 Januari 2017 yang lalu. Sampai hari ini usianya sudah 3 bulan 4 hari. Alhamdulillah dia tumbuh dengan baik, sehat, dan ceria. Harapannya tentu seperti itu, bukan?
Tetapi, ada sesuatu yang pernah membuat saya khawatir, yaitu masalah tali pusarnya. Dia puput usia 7 hari, tapi saya melihat pada pusarnya itu masih ada yang basah, jadi proses lepasnya puput itu seperti belum waktunya gitu. Dan benar saja setiap hari ada bekas seperti nanah pada kaos dalamnya. Kalo saya ibaratkan itu seperti lelehan lilin yang menempel di kaos. Baunya khas tapi tidak seperti bau nanah, enggak pesing, ataupun bau enggak enak lainnya.
Setiap hari ada bekasnya di kaos, sesekali membesar berwarna merah, seperti daging tumbuh. Nanti meleleh lagi, terus seperti itu setiap hari. Saya takut karena pernah kejadian tet…

Kartu ATM Bisa Kadaluarsa

Mungkin pembaca bingung dengan judul postinganku ini, Masa iya sih Kartu ATM bisa kadaluarsa atau expired? Jawabannya adalah IYA. Ini kisah nyata lhoo ya, bukan fiktif. Hihihi.. sebelum mulai bercerita, mau tanya dulu, kalian semua punya kartu ATM kan? Hehehe.. Iya deh iya.. percaya kalian semua punya, bahkan seperti halnya gadget, kalian juga pasti punya lebih dari satu ATM kan? Hihihi.. 
Oke, mulai ceritanya ya, sebenarnya ini cerita sudah beberapa tahun yang lalu, jadi waktu itu aku belanja di Mini Market deket kontrakan, karena bawa uang cuma Rp50.000 dan khawatir kurang, aku meminta Aby untuk mengambil uang di ATM dulu, kebetulan ada mesin ATM di dalam mini market tersebut. Nggak lama Aby berdiri di depan mesin ATM itu. Aku kira sudah ambil uangnya, ternyata belum dan Aby bilang kalau Kartu ATMku sudah kadaluarsa. Aku kaget donk ya, kok bisa kedaluarsa? Serius? Dengan deg-degan dan penasaran, aku minta kartu ATMku dan menuju ke mesin ATM. Hmmmm...  ternyata benar, waktu aku pencet…

Pengalaman Operasi Bedah Mulut (Gigi Bungsu) dengan Menggunakan BPJS

Halo Assalamu'alaikum,
Sudah lama banget sebenarnya saya pengen posting pengalaman saya operasi gigi bungsu (impacted teeth) di Rumah Sakit Siti Khodijah Pekalongan. 
Sebelumnya sudah saya posting di channel youtube saya, bisa nonton di sini dulu biar ada pandangan hehehe.
Nah, jadi ceritanya semalam ada yang chat WA ke saya, namanya Doni dari Indramayu dia nanya-nanya soal pengalaman saya operasi gigi bungsu karena semingguan lagi dia juga mau operasi gigi bungsu di rumah sakit di Indramayu. 
Dari permintaan dan saran doi akhirnya saya menulis postingan ini. Terasa semangat gitu kan ya kalau postingan kita di sosial media organik terus ada yang nyari kemudian nyari kontak kita untuk tanya-tanya lebih lanjut. Alhamdulillah sekali selama ini masih banyak pembaca blog dan viewer youtube yang kemudian bisa lanjut obrolan dengan chat pribadi. Terima kasih banyak,..
Kenapa Gigi Bungsu Sebaiknya Dicabut?
Biasanya gigi bungsu akan tumbuh ketika kita sudah dewasa. Ada banyak tipikal gigi bungsu…