header cah kesesi ayu tea

Jenis Sabun untuk 7 Langkah Cuci Tangan

Di beberapa tempat dengan gerakan cuci tangan sebagai praktik umum yang biasa dilakukan sehari-hari, banyak terdapat air bersih serta sabun, sebagian besar masyarakat justru tidak menyadari hal penting 7 langkah cuci tangan dengan sabun. Sementara pada lingkungan kumuh atau padat, maka kebiasaan mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun sebenarnya dapat membantu untuk menurunkan separuh dari jumlah penderita diare.
Gambar pinjem dari web iinformasitips


Segala jenis sabun memang dapat digunakan untuk mencuci dan membersihkan tangan, baik sabun biasa, sabun cair maupun sabun antiseptik. Akan tetapi sabun antiseptik atau anti bakteri memang lebih sering dipromosikan kepada publik melalui gerakan 7 langkah mencuci tangan. Meskipun pada saat ini belum terdapat penelitian yang mampu membuktikan jika sabun antiseptik tertentu dapat membuat seseorang menjadi rentan terhadap organisme umum yang berasal dari alam.

Perbedaan yang mendasar antara sabun biasa dengan sabun antiseptik dalam 7 langkah cuci tangan sebenarnya terletak pada kandungan di dalamnya seperti:

1. Sabun antiseptik memiliki kandungan zat anti bakteri umum sejenis Triklosan dengan daftar panjang mengenai resistensinya terhadap sejumlah organisme penyebab penyakit tertentu.
2. Sabun biasa hanya mampu membantu membersihkan 20% kuman serta menjadikan tangan lebih harum. Sementara jika digunakan terlalu lama justru sabun biasa dalam bentuk batang dapat menyebabkan penyebaran kuman dan bakteri menjadi semakin cepat ke dalam tubuh.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

1 comment

  1. Ketulian adalah disabilitas sensorik paling umum di seluruh dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, sekitar setengah miliar orang mengalami gangguan pendengaran dan angka ini diperkirakan akan meningkat dua kali lipat dalam beberapa dekade mendatang.. Karena setiap individu memiliki konfigurasi gangguan pendengaran yang sedikit berbeda, audiolog dapat melakukan serangkaian tes pendengaran yang aman dan tidak menyakitkan untuk menentukan rencana tindakan terbaik

    ReplyDelete

Post a Comment