13 Tips Membuat Tulisan Bertenaga Ala Haya Aliya Zaki




Sabtu 19 Maret 2016 yang lalu, Saya dan teman-teman blogger Semarang dan sekitarnya berkesempatan mengikuti acara Fun Blogging di Semarang. Fun Blogging ini merupakan Fun Blogging ke Sembilan #FunBlogging9 yang diadakan oleh Komunitas Blogger Perempuan. Beruntungnya saya bisa menjadi salah satu peserta dalam perhelatan yang boleh dibilang bergengsi tersebut. Gedung Indosat Ooredoo Semarang Lantai 10 menjadi saksi bisu terselenggaranya kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kami para blogger Semarang dan sekitarnya. Silaturahim terjalin, bertambah saudara dan teman, serta mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman adalah berbagai keuntungan yang saya dan teman-teman dapatkan dari mengikuti acara tersebut.

Ada tiga pemateri andal yang datang ke acara tersebut, mereka biasa kami panggil dengan sebutan Cikgu (guru). Mereka adalah Mbak Haya Aliya Zaki, Mbak Shinta Ries, dan Mbak Ani Berta. Semuanya datang jauh-jauh dari luar kota. Sungguh baik mereka ini, datang jauh-jauh dari Ibu kota untuk bisa berbagi ilmu dengan kami.

Postingan tentang Fun Blogging nantinya akan saya tulis bertahap, karena banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dari kegiatan tersebut. Untuk yang pertama, sebagai teaser saya membuat tulisan berjudul 13 Tips Membuat Tulisan Bertenaga Ala Haya Aliya Zaki.

Salah satu tujuan menjadi seorang Blogger adalah agar bisa menulis dengan baik dan benar. Karena kekuatan blogger sesungguhnya berada pada tulisan yang mereka posting di blog mereka masing-masing. Ada banyak orang yang merasa susah ketika menulis, ada yang sudah bisa menulis tetapi kurang pede, atau ada sudah bisa menulis dan sudah pede tapi mereka belum begitu memperhatikan kualitas tulisannya tersebut, apakah tulisannya sudah baik atau belum?

Menurut mbak Haya, apabila seorang blogger ingin bisa menulis, maka yang pertama kali harus dia lakukan adalah latihan menulis, menulis, dan menulis. Ia bisa latihan dari menulis sms, menulis status di FB, atau bisa langsung menulis di blog. Menulis dengan memperhatikan EYD, tapi bukan berarti harus semuanya menggunakan bahasa yang serba baku dan kaku. Menulis sesuai dengan karakter diri sendiri, santai, tapi harus tetap memperhatikan EYD.

Berikut 13 Tips Membuat Tulisan Bertenaga Ala Haya Aliya Zaki yang saya dapatkan dari Fun Blogging 9:

1. Tulisan harus jujur

Tulisan yang jujur di sini adalah tulisan yang ditulis sesuai dengan passion atau minat dan disesuaikan dengan keseharian Blogger. Misalnya, apabila dalam kehidupan sehari-hari si blogger ini adalah vegetarian, akan menjadi aneh apabila tiba-tiba ia menulis tentang beef cornet atau sate ayam.

2. Tulisan harus unik, ide tidak harus mewah dan wah

Keunikan sebuah tulisan biasanya ditandai dengan pengambilan sudut pandang yang berbeda.

3. Riset

Riset yang dilakukan blogger tentu tidak sama dengan riset yang dilakukan oleh para ilmuwan maupun akademisi yang butuh prosedur dan tahapan tertentu yang sangat ketat. Tetapi riset yang dilakukan oleh blogger bisa di mana saja, kapan saja, tentang apa saja, pokoknya yang bisa dijadikan bahan sebuah tulisan.

4. Ingat pesan kunci

Ingat pesan kunci maksudnya blogger fokus terhadap tema yang akan ditulis, bukan melebar membahas macam-macam yang menjadikan tulisan ‘lari’ ke mana-mana.

5. Hindari kalimat klise

Kalimat klise merupakan penyampaian ide yang sudah bisa diperkirakan sebelumnya. Artinya ketika menulis kita harus memunculkan ide-ide yang baru yang nantinya bisa membuat tulisan kita menjadi lebih berkualitas bukan ide-ide lama yang sudah ketinggalan zaman.

6. Gunakan kalimat aktif

Tujuannya adalah supaya kalimat yang ditulis dapat mudah dipahami oleh pembaca. Misalnya, kalimat “Saya mencintai kamu” akan lebih mudah dipahami daripada kalimat “Kamu dicintai saya”.

7. Gunakan kalimat pendek

Salah satu manfaat menggunakan kalimat pendek adalah pembaca tidak cepat lelah ketika membaca meskipun tulisan kita panjang. Selain itu penggunaan kalimat pendek menunjukkan bahwa penulis menyampaikan pesan secara langsung tidak berbelit-belit.

8. Tulisan bersifat sederhana

Tulisan sederhana itu tulisan yang tidak banyak singkatan, tidak banyak jargon yang hanya dimengerti oleh si blogger itu sendiri, dll

9. Mencintai EYD

Blogger bebas memakai gaya bahasa tulisan sesuai dengan karakternya, akan tetapi harus tetap mencintai EYD. Tulisan dengan EYD akan mudah dimengerti dan mudah dibaca. Dari hal yang paling sederhana saja, misalnya penggunaan huruf kapital, tanda baca, kata imbuhan, dll.

10. Perhatikan logika

Menulis selain harus bagus, juga harus memperhatikan apakah tulisan tersebut masuk akal atau tidak. Meskipun menulis fiksi seorang blogger juga harus tetap memperhatikan kekuatan logika. Sehingga ketika sudah menjadi sebuah tulisan tidak dianggap sebagai hasil karya yang asal-asalan.

11. Perkaya diksi

Agar hasil tulisan lebih berwarna dan tidak terkesan membosankan maka salah satu kuncinya adalah menggunakan banyak diksi. Hal ini menjadi penting, karena dengan memperbanyak diksi maka blogger akan lebih leluasa dalam mengembangkan ide tulisan. Tipsnya, banyak membaca.

12. Mainkan indera

Dengan memainkan indera, rasa yang ada dalam tulisan akan bisa dirasakan oleh pembaca.

13. Self editing

Hal yang tak bisa ditinggalkan bagi blogger dalam menulis artikelnya adalah self editing. Penting sekali untuk membaca ulang karya tulis yang telah kita buat, apalagi bagi para blogger. Selain untuk mengetahui kekurangan tulisan yang telah kita hasilkan, self editing juga bermanfaat agar kita lebih berhati-hati dalam menyampaikan pesan moral dalam tulisan kita. Self editing menjadi hal yang wajib dilakukan untuk menghasilkan karya yang berkualitas.

Nah, gimana? 13 Tips Membuat Tulisan Bertenaga Ala Haya Aliya Zaki di atas bagus, kan? Dari 13 Tips di atas, ada berapa point yang sudah temen-temen praktikkan? Atau teman-teman ingin bisa mengetahui tips ini yang lebih komprehensif? Kalau ada Fun Blogging, jangan ragu untuk ikutan. :D

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)