Beberapa Makanan Sehat untuk Penderita Jantung



Beberapa Makanan Sehat Untuk Penderita Jantung - Penyakit jantung merupakan penyakit berbahaya yang bisa mengancam nyawa penderitanya. Penderita penyakit jantung harus menjaga kondisi dan nutrisi yang dikonsumsinya agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Makanan sehat untuk penderita jantung intinya membutuhkan makanan yang mengandung  fitonutrien yang tinggi karena kandungan ini bisa mencegah sekaligus memperbaiki sel-sel yang rusak. Dengan ini, penyakit jantung bisa berkurang tingkat keparahannya. Beberapa jenis makanan yang sehat dan aman dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung antara lain sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, teh dan ikan. Makanan-makanan ini bisa memberantas radikal bebas dalam aliran darah dan melindungi pembuluh darah. 
source tropicana


Makanan-makanan yang seharusnya dikonsumsi oleh penderita jantung salah satunya adalah yogurt. Yogurt memang tidak berhubungan secara langsung dengan penyakit jantung. Tetapi yogurt membantu melindungi rongga mulut dari penyakit gusi. Penyakit gusi bila tidak dirawat bisa menyebabkan penyakit jantung dan meningkatkan resiko terserang penyakit yang satu ini. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menemukan bahwa 1000 orang dewasa yang sering mengkonsumsi yogurt mempunyai gusi yang sehat. Yogurt mengandung probiotik atau bakteri baik bisa menyehatkan gusi dan mampu melawan pertumbuhan bakteri di rongga mulut. Selain itu, dengan mengkonsumsi yogurt, kekebalan tubuh dan sistem pencernaan juga membaik. Jadi, penderita jantung dan orang yang beresiko tinggi terkena sakit jantung perlu mengkonsumsi yogurt secara rutin. 

Selain yogurt, ada juga kacang hijau yang baik dikonsumsi oleh penderita jantung. Tenang saja, tidak harus memakan kacang hijau dalam jumlah yang banyak. Cukup konsumsi setengah gelas kacang hijau setiap hari. Dengan ukuran sebanyak itu, kolesterol sudah berkurang dalam jumlah yang cukup banyak karena mengandung serat dan zat-zat yang lain. Flavanoid pada kacang hijau menghambat adhesi trombosit dalam darah dan bisa melindungi jantung dan mengurangi resiko terjadinya stroke. Mencegah dan mengurangi resiko penyakit jantung sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya membutuhkan kemauan untuk menghindari makanan berkolesterol dan mulai mengkonsumsi bahan makanan rendah kolesterol. Sekarang, bahan makanan yang mengandung sedikit kolesterol tidak sulit ditemukan karena sudah ada Tropicana. 

Setiap orang pasti ingin memiliki berat badan yang ideal. Sayangnya, sebagian besar orang tidak mendapatkan berat badan yang proporsional dan kebanyakan justru kelebihan berat badan. Kalau berat badan sudah di atas rata-rata, cukup sulit membuatnya menjadi ideal dan sesuai dengan keinginan. Untuk itu, banyak orang  mencoba berbagai cara untuk bisa menurunkan bobot tubuhnya sebanyak mungkin khususnya bagi mereka yang obesitas. Salah satu cara yang dicoba adalah dengan diet. Banyak hal yang harus diperhatikan ketika menjalani diet, terutama dalam hal makanan. Jika ingin mendapatkan tubuh yang langsing, seseorang harus meninggalkan makanan berlemak dan mulai mengkonsumsi makanan berserat dan mengandung vitamin. Meskipun awalnya berat, harus dipaksakan kalau ingin kegemukan bisa berkurang. 

Untuk sarapan, sebaiknya pelaku diet menghindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi dan mulai mengkonsumsi makanan untuk diet yang minim karbohidrat seperti sereal dan meminum susu rendah lemak agar tubuh lebih bertenaga dan siap beraktivitas.  Sereal kini tersedia dalam berbagai rasa sehingga sarapan menjadi lebih menyenangkan. Susu rendah lemak juga sangat mudah ditemukan di pasar atau minimarket. Pilihlah merk yang berkualitas seperti Tropicana.
Sedangkan untuk menu makan siang, tetap mengkonsumsi lauk pauk seperti yang biasa dimakan. Misalnya mengkonsumsi ayam yang dibakar tetapi tidak ditambah nasi. Hanya menggunakan kentang untuk pengganti karbohidrat yang dibutuhkan. Sebaiknya juga mengkonsumsi sayuran dan lauk yang mengandung protein nabati seperti tahu dan tempe. Sore hari bisa menambah stamina dengan konsumsi coklat hangat cair.  

Makan malam usahakan jangan mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi. Cukup makan buah-buahan atau sayuran yang mengandung serat. Buah-buahan yang berserat  bisa seperti jeruk, pisang, apel dan buah pir. Saat malam hari, jangan nyemil atau makan makanan ringan terlalu banyak karena akan menyebabkan kenaikan berat badan. Ngemil atau konsumsi makanan ringan boleh-boleh saja asalkan terkontrol. Jangan lupa juga untuk minum air putih minimal 8 gelas setiap hari dan minum juga teh hijau. Keduanya bisa sangat membantu mempercepat metabolisme dalam tubuh. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)