SOTO KIMAR Panembahan Senopati

Dua kali dalam satu minggu aku pasti memilih menu makan siang dengan menu soto ayam. karena aku sekarang tinggal di Semarang, maka soto yang ada disini yaa soto Semarang. disini nggak ada soto tauto khas Pekalongan, boro-boro soto tauto, wong sego megono wae aku belum pernah menjumpainya kok. hehe.. *nyengir

Aku nggak mau ngomongin soto tauto ataupun megono, soalnya cuma bikin ngiler and kangen ma rumah ajah, aku hanya bisa makan sego megono yaa kalo aku pulang ke Kesesi tercinta. Nahh.. aku cuma mau memperkenalkan soto yang sudah menjadi soto favoritku di Semarang, sampe-sampe kalo 3 hari nggak makan soto itu rasanya ada yang kurang, *lebay banget :p


jaman dulu nggak ada tulisan soto ayamnya
"SOTO KIMAR" itulah namanya, awal aku tau namanya, aku kaget, shock.. mosok kimar (keledai;arab) di bikin soto? penasarankupun membuat aku ingin kesana pengen tau sebenere soto kimar itu apa sih, hmm bener kah itu soto keledai? hehe... sampailah aku di depan warung tersebut yang gak jauh dari IAIN Walisongo, parkir motor, masuk ke warung, duduk manis, lalu memesan soto setengah porsi, sembari menunggu pesanan datang, aku melihat seisi warungnya. "mana keledainya??  kok semuanya serba ayam?" dalam hati ku berkata. haaah.. saking penasarannya, akhirnya aku tanya penjualnya, namanya Ibu Fitri, ahihi *podo jenenge*
N : "Bu, soto kimar niku soto nopo, tow?"
I  : "nggeh soto ayam, mbak!"
N : "owalah nggeh to bu, kan Kimar yen bahasa Arab artine keledai bu, mulane kulo penasaran, jebule soto ayam tow.. sami mawon nuw...
I  : "Kimar niku nami sing gadah warung, mbak.. Pak Kimar.
N : *malu muka merah.. "hehhee nggeh to bu"
(percakapan ini adalah kutipan percakapanku dengan Ibu Fitri sekitar 3 tahun lalu)

Yaahh.. kurang lebih 3 tahun soto ini menjadi makanan favoritku. soto ini bener-bener khas, beda dengan soto-soto yang lain, entah kenapa aku bisa jatuh cinta sama soto kimar ini. sampe-sampe sekarang Ibu Fitri paham betul, tanpa banyak ngomong saat pesan, cuma dengan kalimat "Bu,, biasa nggeh" pragmaticly beliau paham maksud dari kata "biasa" itu adalah aku pesen soto setengah porsi dan es teh.
pesenanku :)
Banyak juga selingan atau teman makan soto kimar ini, ada sate kulit ayam, sate daging ayam, sate kerang, sate telur, sate usus, tempe, tahu, bergedel, krupuk, ada juga olahan kepala, ceker, pokoknya komplit-plit semua serba ayam dech..
    
kepala, sayap, dan paha ayam
ceker, hmm.. yummy...
macam-macam satenya
Soto Kimar ini berdiri sejak tahun 1998. Tempatnya pun sudah pindah dua kali. tetapi masih di daerah yang sama. yaitu di daerah Panembahan Senopati - Ngaliyan - Semarang atau dikenal dengan Soto Kimar Sulanji,. Dulu satu porsi menggunakan mangkuk kecil yang imut dipatok dengan harga Rp. 1000/porsi. harga gorengannya masih Rp. 250. Tapi sekarang, seiring mahalnya bahan makanan, harganya pun naik tapi dengan perlahan, dari kurun waktu sekitar 14 tahun, sekarang satu porsi soto kimar seharga Rp. 6000/porsi. Esteh Rp. 2000, sate Rp. 2500. Gorengan Rp. 500, Ceker Rp. 2000 dapet 3 ceker. kalo olahan ayam harganya masing-masing, mulai dari 5000an. oia.. ayam yang digunakan untuk soto ini adalah ayam merah yang super. hmm... menurutku harga segitu masih sangat terjangkau, karena makan soto kimar separo porsi ajah udah bikin kenyang buanget. dan tenang saja, soto kimar ini HALAL 100000%  :)
 
Setiap kali ada teman dari luar kota dateng ke Semarang tuk sekedar main dan jalan-jalan, aku pasti ajak dia ke soto kimar. karena emang enak dan nggak bakal bikin nyesel setelah makan. termasuk keluargaku kalo pas lagi ke Semarang, pasti aku ajak makan disana. yang bikin seneng tuh, tanpa aku promosiin dan memuji tentang rasanya. mereka semua sudah bisa menilai kalo soto kimar ini beda dari soto-soto yang lain. mereka bilang sotonya sangat enak.. emang... lidah tak pernah bo'ong yah.. :D
 
Penasaran??? bagi kawan semua yang pengen mencoba rasa soto ini, silakan.. main saja ke Semarang, main ke tempatku, ntar pasti aku ajak kesana,. tenang ajah aku traktir dech.. ckckckck
 
hmm.. Nikmatnyaaa.....
pelanggan soto kimar
 
Udah dulu ahh,, itu ajah yang bisa aku tulis,..

keep blogging and happy blogging :)

 

42 comments:

  1. ntar kalau ke semaran di ajak ke soto kimar yoo mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. siaaapppppppppppppp niar sayang...
      apa sih yang nggak buat Niaar yang cantiikk.... :P

      Delete
  2. Ikutan Kompetisi Blog Mama Cake yok. Ada 2 hadiah utama Galaxy Tab dan hadiah hiburan lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke TKP langsung yaa mama cake..

      aku tak baca2 dulu, key :)

      Delete
  3. wah, mantep banget nich.
    Kapan2 mampir sini ach kalau ke Semarang
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggeh pakde...
      kalo pakde ke semarang, nanti kesana bareng2 yaa :)

      Delete
  4. Porsi sotone separo neng satene 10 :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha yrn iku koe na... Ahihihi
      ora to ya, ku kan maeme sitik

      Delete
  5. i lovit ceker mbak :)
    wah kelihatannya enak yah..udah gtu hrganya murah terjangkau buat smua msyrakat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow... Suka ceker ayam to??
      Enak pake banget dech...

      Delete
  6. Ketoke Maknyuuus ki sotone, kapan2 kulo nyicipi...he he

    ReplyDelete
  7. ooo ternyata bukan keledai beneran hehe.. terus kalo soto bangkong itu apa? kodok beneran bukan :-s

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...

      Kalo soto bangkong yaa soto ayam juga yang ada didaerah Bangkong Semarang..
      Di jalan MT. Haryono :D

      Delete
  8. hmmm...makanan.....:((
    kpn kurusnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Makan2 terus..
      Kurusnya kapan2 ajah mbak :p

      Delete
  9. Waah pantes getol banget dirimu mbak..?? Enak kaya'e, :-p

    Yeek, isin yoo? Nyari keledai atau Pak Kimarnya?? Whakakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. He em Gand. Enak banget soalnya :D

      nyari Gandi ajah wes.. :p

      Delete
  10. haaaaa :o kok aku agak ngeri liat a-a-a-yam mati ya
    eh udah mati ya =P maksudnya kepala, leher, ceker.. hmm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus nggak ngerinya lihat apa dunk may??
      Ahihihi.. Lum tau rasanya sih :D

      Delete
  11. wah saya jadi laper nih ,,, hikhikhik . ;;)

    ReplyDelete
  12. Sempat ketemu sama pak kimar nggak fit ?
    Yen ketemu salam yo hahahha

    Eh fit, PR mu wes tak garap, gari nunggu makan2'e :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Durung pernah ketemu je.. Nyalamkene liwat sing dodol wae yoo.. Ahihihi..

      Oke, thanks yoo..
      Makan2 dewe po'o aahh.. :p

      Delete
  13. widiw sottooooo entar kalau emang berkesempatan cobain ah. secara soto itu emang gua bangettt *apaandah*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seumur hidup gak nyobain soto kimar, bakalan nyesel lhoo.. Ahihihi :p

      Delete
  14. wah kalau saya ga jadi beli sist, ud malu dulu mengatai si pembejualnya keledai.

    ahahah, tapi sepertinya enak tu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk...

      Malu yo lapar nuw.. Ahihihi
      enaaakk bangeett :p

      Delete
  15. nang semarang to iki mba, aku ko ga tau ruh yo..
    sesuk nek mulih nang semarang aku, ngone adiku, aku ta mampir ah.
    nyicipi koyo opo rasane to

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey.. Silakan.. Hehhe..
      Ora bakalan nyesel we mas :D

      Delete
  16. soto kimar kirain soto keledai jebule sing dodol jengene pak kimar tho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Iyaa :D

      dulu yo tak kiro soto keledai og :D

      Delete
  17. aku coba ah kalau kesemarang nanti

    ReplyDelete
  18. jd inget wkt masih ngantor. Tiap kali dpt tugas keliling Joga-Jateng bersama salah satu rekan kerja yg lebih senior, pasti dia selalu blg kl dpt tugas keliling jogja-jateng saatnya wiskul aneka soto.. Segala macem soto di datengin, gak berani protes ah krn dia lebih senior.. Tp emang sy juga suka soto sih, jadinya enak aja di ajakin wiskul soto terus.. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahihihi... tapi gak pernah bosen kan sob?
      soto emang enak lhoo sob.. hehhe :D

      Delete
  19. suka ama ceker....apalagi yang lagi mendalami ilmu cakar kaki ayam...mmmm bakalan nambah tenaga dalam di perut....yaitu kenyang.

    ReplyDelete
  20. wah bikin ngiler. IAIN semarang tu sebelah mana ya?

    ReplyDelete
  21. Ayam di baskomnya menggoda bangeeeeeeeeet ... btw, wira-wiri ke IAIN koq belum pernah liat ya, sebelah mana seh mb? qeqe

    Oh ya, kebetulan Fenny sedang mengelola jelajahsemarang.com, ada kategori wisata kuliner juga, mb Fitri minat jadi kontributornya? Ini Fenny jadikan referensi ya *-^

    ReplyDelete
  22. mirip SOTO KUDUS ya banyak temen2nya :D
    murah pula :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :) dan tolong, jangan spam yaa... :)