MURAH NAMUN BERKUALITAS


Memilih perguruan tinggi yang ideal dan tepat sesuai dengan keinginan sesungguhnya tidaklah sulit. Akan tetapi masih banyak juga diantara siswa-siswi SMA yang baru lulus mengalami kesulitan dalam menentukan perguruan tinggi pilihannya. Pangkal semua masalah tersebut sebenarnya adalah karena minimnya informasi tentang perguruan tinggi yang diperoleh oleh siswa-siswi SMA. Oleh sebab itulah kunci utama dalam memilih perguruan tinggi adalah lengkapnya informasi tentang perguruan tinggi.

Setelah mendapatkan informasi lengkap tentang berbagai perguruan tinggi tersebut, maka langkah selanjutnya adalah menentukan pilihan yang tepat. Diantara hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam  memilih perguruan tinggi adalah soal biaya studi. Setiap calon mahasiswa tentu menginginkan bisa masuk ke PT favorit yang memiliki program studi sesuai dengan minat dan bakat mereka. Namun karena terbentur masalah biaya, alangkah bijaksananya jika bagi calon mahasiswa menyesuaikan dengan kondisi keuangan orang tua.

Dalam hal ini memilih perguruan tinggi yang murah menjadi solusi paling tepat bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Hanya saja yang harus menjadi catatan adalah perguruan tinggi yang dipilih tersebut tetap harus memiliki kualitas yang baik. Dengan kata lain bahwa PT tersebut adalah perguruan tinggi murah namun tidak murahan, baik itu PT negeri maupun swasta asal murah dan berkualitas maka patut untuk menjadi pilihan.

Anggapan bahwa perguruan tinggi yang biaya perkuliahannya murah adalah murahan tidaklah benar, karena keberhasilan mahasiswa dalam menuntut ilmu bukan ditentukan dengan besar kecilnya biaya kuliah namun lebih ditentukan oleh semangat belajar. Semewah dan sebesar apapun biaya kuliah seseorang jika tidak mau belajar dengan sungguh-sungguh maka akan gagal ditengah jalan. Sebaliknya meskipun murah biaya kuliah seseorang asal dia mau berusaha belajar dengan sungguh-sungguh maka keberhasilan tentu dapat diraih.

Setelah menentukan memilih perguruan tinggi yang berbiaya murah, maka langkah selanjutnya adalah memilih program studi yang memiliki prospek ke depan. Artinya program studi yang dipilih haruslah yang dapat memberi jaminan bahwa setelah lulus kuliah nanti mahasiswa yang bersangkutan dapat bekerja sesuai dengan bakat dan ilmu yang ia pelajari selama kuliah.

Sudah menjadi alasan umum bahwa orientasi calon mahasiswa meneruskan jenjang pendidikan ke Perguruan Tinggi adalah sebagai sarana agar bisa mendapatkan pekerjaan setelah lulus nanti. Dalam hal ini yang harus disadari oleh calon mahasiswa adalah bahwa program studi yang memiliki prospek ke depan yang baik biasanya akan diserbu oleh banyak peminat. Oleh sebab itulah agar bisa masuk ke program studi yang diinginkan maka harus belajar lebih giat.

Langkah terakhir tentu saja belajar dan berdoa. Semua orang tentu sudah paham bahwa untuk masuk ke perguruan tinggi tentu maka harus melewati seleksi dengan cara tes tulis dan ada juga ditambah dengan tes lisan. Oleh sebab itulah yang harus dilakukan oleh para calon  mahasiswa adalah belajar semaksimal mungkin dan juga berdoa supaya ketika tes berlangsung bisa menjawab semua pertanyaan yang diujikan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)