5 Obat Sariawan Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah - Cah Kesesi AyuTea

5 Obat Sariawan Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah



Assalamu’alaikum, temen-temen..

Saya mau tanya dulu, ah. Ada yang pernah sariawan nggak? Biasanya kalau kamu sariawan, diobatin apa? Di keluarga saya yang hampir tiap dua bulan sekali sariawan adalah suami. Udah gitu, sariawannya lama banget pula. Nyiksa banget aseli! Dia susah makan, ngomong juga jadi males. Beberapa kali nanya sama temen tentang obat sariawan apa yang manjur, mulai dari yang murah meriah sampai yang mahal, tetap saja, dua bulan sekali sariawannya kambuh. Huhuhu


Pengertian Sariawan 

Sariawan adalah sebuah luka yang muncul di jaringan lunak mulut, bibir, lidah atau gusi. Luka yang muncul biasa berbentuk bulat atau oval, berwarna putih atau kuning, dan memiliki warna merah akibat peradangan di tepian luka. 

Biasanya kondisi ini terjadi karena kebiasaan sehari-hari contohnya menyikat gigi terlalu keras, memakan makanan yang dapat menimbulkan sariawan, tergigit tidak sengaja saat mengunyah makanan, dan tidak menjaga kebersihan mulut sehingga timbul jamur. 

Pada beberapa kasus, sariawan juga bisa terjadi sebagai tanda tubuh kurang vitamin C dan tidak mendapat asupan air yang cukup.

Meski sariawan bisa sembuh dan hilang dengan sendirinya, ada baiknya tetap diberi pengobatan supaya sariawan yang timbul di bibir atau lidah kita tidak begitu lama. 

Obat Sariawan Alami

Berikut ada lima obat sariawan alami yang bisa kamu gunakan saat sariawan datang menyerang, di antaranya adalah:

1. Madu

Madu dapat berfungsi sebagai penawar bagi luka sariawan. Kandungan yang baik yaitu mengandung antibakteri yang sangat ampuh mengobati sariawan. Di bidang estetika, madu dapat membantu meningkatkan kelembaban bibir sehingga terhindar dari bibir pecah-pecah dan kering.

Bila kamu mengalami sariawan yang tak kunjung sembuh, oleskan madu ke area yang terluka secara rutin. Bila di rumah ada kunyit, kamu bisa mencampurkan kunyit sehingga proses penyembuhan luka akan semakin optimal. Oleskan ramuan ini setiap beberapa jam sekali untuk mendapatkan bibir yang sehat dan terhindar dari sariawan. 

2. Jeruk 

Seperti yang saya ditulis di atas yaitu salah satu pemicu sariawan adalah tubuh kekurangan asupan vitamin C. Maka cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin, salah satu sumber vitamin C terbaik adalah buah jeruk.

Buah jeruk terkenal memiliki rasa manis yang sedikit asam, tapi memberikan sensasi menyegarkan. Manfaat lain yang bisa didapat salah satunya untuk mengobati sariawan. Caranya, minum perasan jeruk untuk meredakan nyeri pada luka sariawan. 

3. Air Garam 

Yups, air garam ini biasanya untuk orang yang sakit gigi, dengan cara berkumur dengan ramuan air hangat setengah gelas ditambah dengan satu sendok garam. Tahu kah kamu, ternyata ramuan ini juga dipercaya dapat membantu menyembuhkan sariawan di mulut, lho.

Air garam memiliki efek menenangkan pada luka sariawan. Meskipun rasanya sedikit perih saat kumur, garam bermanfaat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan jaringan lunak. 

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dari brand apa saja juga bisa dijadikan obat sariawan. Caranya seperti madu, di mana dioleskan pada area sariawan. Hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan membuat mulut jadi lebih nyaman. Minyak kelapa juga mengandung anti imflamasi yang bisa meredakan nyeri akibat sariawan.

Sebaiknya kamu cuci bagian mulut yang sariawan dengan air bersih. Lalu teteskan minyak kelapa pada kapas atau cutton bud yang bersih, dan oleskan pelan-pelan ke mulut dan bibir. Agar hasil maksimal, ulangi cara ini beberapa kali dalam satu hari. 

5. Cuka Sari Apel 

Namanya juga cuka, seperti halnya garam, pengobatan dengan cuka sari apel akan berefek sedikit terasa perih dan menyakitkan. Namun, mengobati sariawan dengan cuka sari apel sangat patut untuk dicoba. Sifat asam yang dimiliki cuka sari apel nyatanya ampuh untuk meredakan luka sariawan.


Beberapa obat sariawan di atas bisa kamu coba, pilih yang paling mudah didapatkan di rumah. Selain mengaplikasikan obat alami, sariawan juga bisa diobati dan dicegah dengan rutin membersihkan rongga mulut. Sebaiknya juga kamu penuhi asupan vitamin C dan air sehingga terhindar dari kekeringan agar bibir tidak kering dan pecah-pecah.

Nah, kalau sariawan tak kunjung hilang, kamu bisa hubungi dokter dan bicarakan kondisi kamu ke dokter. Semoga postingan ini bermanfaat, dan jaga kesehatan, ya.



31 comments:

  1. Bisa nih dicoba kalo nanti sariawan *eh tapi penginnya sih jangan sampai sariawan deh, susah makannya hehe. Anakku pernah tuh sariawan terus dikasih garam tanpa sepengetahuanku, perih katanya tapi cepet sembuh. Klo aku pilih air garam aja deh, air garam aja udah perih ya kayaknya apalagi garam :)

    ReplyDelete
  2. Aku tipe yang nggak sabar kalau sariawan, sih. Jadi kalau sampai sakit, langsung cari obat. Tapi tetap nambah asupan jeruk juga. Kalau nggak terlalu sakit, madu dan jeruk favorit, deh.

    ReplyDelete
  3. Kalau aku sariawan seringnya karena kurang asupan vitamin C.
    Biasanya sih aku langsung minum tablet hisap dosis tinggi seperti Vita*****
    Alhamdullilah, biasanya perlahan sembuh.

    Dulu pernah coba pakai obat tetes.
    Alamak, perih banget!
    Sampai menangis bombay, hahaha.
    Bahkan kulit bibir sampai terkelupas.
    Memang sih sariawan langsung hilang instan.
    Sejak itu tak pernah lagi deh uji nyali, pakai obat tetes.

    ReplyDelete
  4. Anak-anak nich yang sering mengalami sariawan, makasih ya contoh-contoh yang disebutkan di atas. Yang selalu sedia di rumah ya, madu

    ReplyDelete
  5. Saya termasuk yang jarang sariawan, Noor. Mungkin karena selalu makan sayur dan buah plus minum air putih ya. Tapi kalau sakit gigi, jangan ditanya, udah makan pelan masih saja plaaak kena.

    ReplyDelete
  6. Air garam bisa tho mbk. Aku baru tahu nih. Biasanya kalau sariawan aku pakai madu. Dan alhamdulillah manjur. Cepet sembuh dan ilang sariawannya.

    ReplyDelete
  7. kalau saya biasanya pakai madu mba, yang lainnya belum pernah nyoba.
    Madu dan vitamin C sih, Alhamdulillah sehari dua hari sembuh.

    Gak enak banget kalau lagi sariawan, semuanya terasa gak nyaman, mau makanpun gak enak, kayak sakit gigi aja hehee

    ReplyDelete
  8. Aduh... Sariawan itu pedihnya bikin pingin tobat,hahahaha
    Skrg pake madu aja ya biar cepet pulihnya :D

    ReplyDelete
  9. Saya di rumah pakai dua bahan di atas itu mbak, madu dan air garam. Kalau yang lain belum pernah nyoba.

    ReplyDelete
  10. Aku pas sariawan pakai madu aja mba. Lebih manis juga dan nggak bikin perih di bekas sariawan. Hihihi

    ReplyDelete
  11. Saya membayangkan rasa pedihnya saat dikasih cuka apel. Tetapi, kalau memang cepet sembuhnya boleh juga dicoba

    ReplyDelete
  12. Huaaduuhh Mbak, jadi ngilur pas baca garam dan cuka itu. Huhuhuh, gak kebayang deh.

    ReplyDelete
  13. Obat sariawan ternyata bisa didapatkan dengan mudah daripada beli. Sangat patut dicoba kalau keluarga saya ada yang sariawanan. Biasanya memang pengaruh makanan, kurang vitamin C, atau tak sengaja menggit bagian dalam bibir. Perihnya jangan ditanya.
    Saya baru tahu bahwa gaeam bisa meredakan nyeri sariawan, akan saya coba terapkan juga. Nuhun, Teh. :0

    ReplyDelete
  14. Aku kalau sariawan kukasih sambal, langsung dah perih!!! Ternyata madu bisa juga ya buat sariawan

    ReplyDelete
  15. Ternyata banyak juga ya yang bisa dipakai dr rumah. Kok ya nggak kepikiran sama air garam juga? Makasih Mbak. :D

    ReplyDelete
  16. Sering sariawan dan obat yang paling ampuh ya menurut saya madu mbak. Selain rasanya enak dan juga cepat banget nyembuhinnya.

    ReplyDelete
  17. Aku paling sering konsumsi madu, kalau lagi batuk perasan jeruk nipis ma madu itu tokcer :D

    ReplyDelete
  18. Wah, banyak juga ya cara alami untuk obat sariawan, biasanya obat sariawan selalu beli di apotek, madu selalu ada dirumah.. garam, air cuka belum pernah coba.. thanks for sharing mba, sangat bermanfaat ini

    ReplyDelete
  19. Kemarin aku setiawan suami juga suruh pakai madu, tapi perih banget

    ReplyDelete
  20. Artikelnya bermanfaat nih mbak, karena anak saya sering kena sariawan. Obat yg alami pastinya lebih aman ya, krn gak mengandung kimia berbahaya

    ReplyDelete
  21. Aku gak pernah ngasih apa-apa kalau sariawan, kak Noorma.
    Biasanya langsung konsumsi vitamin C.
    Kalau gak vitamin C effervescent atau beli jus jeruk/jambu.

    Baru tahu kalau madu bisa jadi mengobati sariawan.

    Haturnuhun tips nya, kak Noorma.

    ReplyDelete
  22. Oh Noorma termasuk yang sering sariawan kambuhan ya. Sebenernya sariawan itu bisa sembuh sendiri sih ya, tapi memang jengkelin banget kalau pas kena. Obat alaminya gampang banget ya di rumah punya semua ini sih, termasuk madu sama cuka apel aku selalu stok nih.

    ReplyDelete
  23. Aku baru tau loh kak, kalau air garam bisa untuk menyembuhkan sariawan, hehehe aku pikir itu cuma mitos tau.. .

    ReplyDelete
  24. Aku dan ibu sering banget ini sariawan, mau banget ah nyoba dengan cara alami
    apalagi bahannya mudah didapatkan pula. Makasih tipsnya kak

    ReplyDelete
  25. Seumur2 kena sariawan hebat pas hamil anak pertama. Yg kena sariawan seluruh mulut lagi. Mulai dari dinding2 mulut sampai lidah juga. Akhirnya makanan diblender semua jadi tinggal telan. Klo ga gitu kasian jabang bayinya ga maem ntar. Lhaaa sakit banget, buat nelen minuman aja sakit.

    ReplyDelete
  26. aku keseringan pake obat kumur gitu, padahal banyak juga ya yang alami

    ReplyDelete
  27. Aku kalo sariawan makan pedes jadi sekalian biar cepet sembuh, hihi

    ReplyDelete
  28. Itu foto aariawan yang pertama juaraaa banget hehehe.. banyak obat alami yang kita bisa pilih yaaa mba. Btw, komentar aku sebelumnya ngg masuk ya? Aku ulang lagi nih

    ReplyDelete
  29. Betul2 pengetahuan baru nih buat saya...terima kasih infonya..bahan2nya memang gampang ditemukan di rumah ya..

    ReplyDelete
  30. Aku baru tahu lho kalau minyak kelapa bisa digunakan untuk obat satiasar

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)