header cah kesesi ayu tea

Soto Kimar Ngaliyan

Assalamu'alaikum,

Sebelumnya aku mau ngucapin selamat dan sukses dulu buat komunitas Gandjel Rel Semarang yaa. Di road to 4 tahun usia Gandjel Rel sudah punya banyak cerita dan pengalaman. Aku berterima kasih banyak meskipun sudah hampir empat tahun tidak tinggal di Ngaliyan, tapi aku masih diberi ruang untuk bergabung dan Alhamdulillah setiap anniversary-nya aku bisa datang. Semoga tahun ini nanti ada kopdar lagi, ya. Biar bisa ngelingkarin kalender juga. Hehe.

Nah, di road to 4 tahun usia Gandjel Rel Semarang, ternyata ada challenge nih. Yaitu 4 pekan blogging challenge. Setiap pekannya temanya ditentukan. PIC challenge ini adalah mba Marita, blogger panutanku banget dia. Juoz lah pokokmen, apalagi dia baru aja dapat asus vivobook. Gawe meri wae. Hiks

Well, tantangan pertama adalah ngomongin Semarang. Nah, aku mau nulis tentang Soto Kimar. Sebenarnya tahun 2012 aku udah pernah posting tentang Soto Kimar di blog ini, pas aku baca lagi, lhaa kok dulu harganya masih 6000 per porsi. Tahu sekarang berapa??? 11.000 / porsi.

Bhaaiiqq. Karena aku udah ketahuan bakalan posting soto kimar sama mbak mbak yang ada di Gandjel Rel Grup WA. Jadi yaa sudah lah yaa, posting soto kimar aja sekalian. Wkwkk.

Aku emang kaya semacam maniak banget sama soto. Sebenernya mau soto dari mana saja sih, tapi beneran entah kenapa lidahku ini rasanya kangen kalau ke Semarang terus gak ke soto kimar. Karena ada yang kurang jadinya kalau gak makan soto kimar. Lebay gak sihhh???

Soto Kimar itu soto ayam. Ayamnya pakai ayam potong ayam merah, yang gede-gede gitu. Sotonya di sini porsinya gede. Jadi kalau misalnya kamu kebiasaan makan banyak, haa pasti habis lah, tapi kalau biasanya porsi makannya sedikit, pesen separo porsi juga bisa.

Untuk harga seporsi sekarang sudah 11 ribu rupiah, sedangkan untuk separo porsi sebesar 8 ribu rupiah. Untuk balungan bisa 5 ribu, 8 ribu, atau 10 ribu. Tapiii.. kalau mau balungannya, kamu harus datang pagi-pagi sebelum duhur, ya. Karena kalau habis duhur bisa dipastikan sudag habis :(

Di soto kimar ini juga ada ceker, tapi karena cekernya ceker ayam merah jadinya agak agak keras gitu. Tidak seempuk ceker ayam potong biasa. Tapi kalau udah cinta sama ceker mah ya, mau ceker apapun tetep mau aja dilahap. Wkwkwk.. harga cekernya murah kok. Kemaren aku makan 3 ceker harganya 2 ribu. Semoga ga salah, yes. Hehe

Di sini juga ada bermacam-macam sate. Uuunch lah kalau kulineran di soto kimar ini, karena emang teman-teman sotonya banyak. Ada sate telur puyuh, ada sate telur ayam yang belum jadi telur (nahh lohh paham gak tuh, wkwkwk), ada sate kerang, ada sate kulit, ada sate hati ampela, ada sate usus, dan sate daging ayam. Dari sekian banyak macam sate yang ada di sana, aku paliiiiiiing suka sate ususnya. Dan, pasti ambil tuh sate usus. Sumpah demi usus, itu sate enak banget. Bisa dimasak emvuuq banget, nggak keloloden juga kalau makan sate ini. Pokoke endol markendol lah, ya. Duuuh ini aku kenapa semangat banget sih nulisnya. Wkwkwk..

Oh, kamu pasti nunggu aku nulis gorengan ya? Tenang saja.. lengkaaap! Ada mendoan, ada tahu bakso, ada tahu isi, ada berkedel juga loh. Pengen kerupuk juga ada kerupuk Bandung dan kerupuk gendar. Wis to, pokoke mantap surantap. Itulah kenapa aku masih setia sejak 2006 sampai 2019 masih suka makan soto di situ. Dulu Bu Fitri (yang jualan) belum pakai jilbab, sampai beliau menggunakan jilbab aku masih setia nyoto kimar. Habis enaq sih. 😁

Soto Kimar ini buka dari jam 8 pagi sampai sehabisnya, biasanya jam 4 sore sudah habis. Ada 2 tempat soto kimar ini, pertama daerah Sulanji, samping SMP Negeri 16 Semarang, dan satunya lagi di Margoyoso 2 belakang kampus 1 UIN Walisongo.

So, kalau kamu penyuka soto, monggo bisa nyobain soto kimar ini. Jangan lupa ajak keluarga, saudara, gebetan, atau yang lain deh. Hmmm. Ajak aku juga boleehh..

Ini ada video vlog aku tentang soto kimar, yuk ditonton, jangan lupa dilike, komen, subscribe ya,..hehehehe

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment