header cah kesesi ayu tea

Memilih Printer Sesuai Kebutuhan

Assalamu'alaikum,

Memilih Printer Sesuai Kebutuhan Printer adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mencetak dokumen berupa teks, gambar atau kombinasi keduanya. Seiring berkembangnya teknologi dan kebutuhan saat ini printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak tetapi juga bisa digunakan untuk menduplikat dokumen layaknya mesin fotokopi, fitur tambahan lainnya yang sering dijumpai di printer perkantoran adalah faks dan scan. Printer model ini disebut All in One karena menggabungkan banyak fitur dalam satu perangkat. Harganya jelas lebih mahal daripada printer fungsi tunggal tetapi jika dihitung akan lebih hemat dibandingkan membeli perangkat terpisah untuk faks atau scanner. 

Saat ini pasar printer di Indonesia dikuasai oleh Epson, Canon dan HP. Ketiga merk ini pasti sudah tidak asing lagi dan kualitas produknya tidak perlu diragukan. Masing-masing mempunyai kelebihan dan pilihan model printer. Printer termahal tidak selalu yang terbaik, pilihlah printer yang sesuai kebutuhan dan anggaran. Untuk pengguna rumahan yang hanya membutuhkan fitur cetak tentu akan berlebihan jika membeli printer multifungsi yang memiliki fitur faks. Begitu juga sebaliknya pengguna di perkantoran akan kurang efisien jika membeli printer cetak saja padahal di saat yang bersamaan juga membutuhkan fitur seperti scan, fotokopi dan faks.


1. Printer Fungsi Tunggal

Printer ini mudah ditemukan di toko komputer. Harganya pun terjangkau karena tidak terdapat fitur lain selain mencetak. Selain itu pengoperasiannya juga mudah karena dibandingkan printer multifungsi. Printer jenis ini cocok untuk Anda yang hanya membutuhkan printer untuk mencetak. Printer cartridge atau tinta isi ulangnya juga murah dan mudah pemasangannya. 



2. Printer Khusus Foto

Untuk Anda yang suka foto-foto printer jenis ini bisa mengabadikan momen perjalanan atau liburan Anda tanpa harus pergi ke studio foto. Printer jenis ini sudah canggih dan tidak memerlukan komputer, bahkan Anda bisa langsung mencetaknya dari smartphone, kartu memori atau flash disk. Untuk hasil cetak foto yang maksimal pastikan Anda menggunakan kertas foto yang direkomendasikan produsen. Selain itu gunakan printer cartridge asli sehingga warna yang dihasilkan tahan lama dan bagus.

3. Printer Laser

Seperti namanya printer ini menggunakan laser dalam proses pencetakan. Printer jenis ini mempunyai kelebihan di kecepatan mencetak dibandingkan printer inkjet. Printer laser tidak menggunakan tinta tetapi berupa serbuk campuran karbon dan polimer. Jika tinta isi ulang pada printer inkjet disebut printer cartridge maka printer laser namanya toner cartridge. Jika Anda membutuhkan printer yang bisa mencetak dengan cepat dalam jumlah banyak maka printer laser merupakan pilihan tepat.

4. Printer Multifungsi

Printer jenis ini banyak digunakan di perkantoran karena banyaknya fungsi yang bisa digunakan dalam satu perangkat. Printer multifungsi hadir sebagai jawaban untuk pengguna kantoran yang sering melakukan faks, fotokopi, scan dan tentunya mencetak. Selain multifungsi, printer jenis ini juga dilengkapi dengan fitur seperti ethernet atau wifi direct sehingga bisa langsung mencetak dari perangkat yang mendukung wifi. Tersedia dalam 2 pilihan printer cartridge, tinta inkjet atau serbuk toner pada printer laser. 

Belanja kebutuhan kantor atau rumah seperti printer atau perlengkapannya semakin mudah di Bukalapak.com, tersedia banyak pilihan produk dengan harga yang lebih murah daripada toko komputer. Selain lengkap, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas produk yang dijual di Bukalapak karena sudah banyak brand resmi yang juga membuka lapaknya di BukaMall. Selain membeli printer Epson, Canon atau HP dan printer cartridge Anda juga bisa membeli produk lain untuk aksesoris komputer atau laptop seperti cooling fan untuk menjaga laptop supaya tetap dingin.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment