header cah kesesi ayu tea

Turnamen Bola Volley Tunas Muda VII Tahun 2018 untuk Mendukung Asian Games 2018

Asian Games sudah di depan mata. Seperti yang kita semua tahu, Asian Games tahun 2018 diadakan di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang. Ini merupakan suatu kebanggaan kita semua. Indonesia sudah dua kali ini menjadi tuan rumah untuk perhelatan agung Asian Games, yang pertama tahun 1962, pada saat itu Presiden Soekarno yang menjadi orang nomor satu di Indonesia. Dan yang kedua ini tahun 2018, di mana Pakdhe Joko Widodo yang menjadi presidennya.

Sebagai tuan rumah, kita tentu harus bisa menyambut tamu dengan baik. Dan sebagai warga negara Indonesia, kita bisa mendukung Asian Games dengan banyak cara. Bisa dengan cara mengkampanyekan Asian Games dengan memposting foto banner Asian Games di sosial media, bikin status menginformasikan Asian Games ini di Facebook, nulis tentang Asian Games di blog, mengadakan turnamen-turnamen. Atau kalau ada banyak rezeki dan waktu, kita bisa menjadi pendukung langsung dengan menonton pertandingannya. Wah, pasti seru!


Seperti yang dilakukan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka menggelar turnamen Bola Voli antar kampung untuk menyemarakkan Asian Games 2018. Turnamen digelar di Lapangan Bola Voli Tunas Muda Padukuhan Keceme, Desa Catur Harjo, Sleman, DI Yogyakarta. Turnamen ini diikuti oleh 44 tim dari Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, Bantul dan Magelang.  

Kenapa bola voli yang diturnamenkan? Karena bola Voli merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak diminati anak muda sebelumnya. Namun beberapa tahun ke belakang, perkembangan bola Voli cukup mengalami kemunduran. Sehingga dengan diadakannya turnamen bola Voli ini harapannya mereka dapat memajukan lagi cabang olahraga tersebut dan dengan tujuan menumbuhkan bibit-bibit unggul bola Voli.


Tema kegiatan ini adalah “Dengan semangat Asian Games Tahun 2018 Jakarta Palembang sebagian media menggalang persatuan dan kebersamaan generasi muda yang sehat jasmani dan rohani untuk berprestasi, kompak Optimis Sportif Enerjik Kreatif berdedikasi tinggi, dan disiplpin sebagai generasi penerus bangsa.”

Acara ini dibersamai oleh Bank Mandiri. Rudi As Aturrida, selaku Area Manager Bank Mandiri Yogyakarta mengatakan,  dukungan Bank Mandiri ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung sosialisasi Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang. Beliau menuturkan bahwa dengan mendukung turnamen semacam ini masyarakat dapat merasa memiliki Asian Games 2018 karena seluruh panitia dan peserta berasal dari masyarakat setempat.


Turnamen bola Voli ini bukan turnamen yang pertama. Melainkan kegiatan ini sudah menjadi kalender unit Karang Taruna Permadi yang ada di Padukuhan Keceme, Caturharjo, Sleman dan saat ini merupakan turnamen yang ke - VII. Dan karena kebetulan tahun 2018 ini menjadi tahun diselenggarakannya Asian Games, maka masyarakat ingin sekalian menggelar sekaligus menyemarakkan Asian Games 2018.

Oiya, sebagai informasi, penyelenggaraan turnamen Bola Voli di Padukuhan Keceme ini diselenggarakan setiap 2 (dua) tahun sekali, dan diikuti oleh seluruh kampung di kabupaten Sleman dan sekitarnya. Antusias masyarakat begitu luar biasa. Nyatanya, turnamen ini mampu menyedot perhatian masyarakat pecinta olah raga bola voli di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Pengunjung yang menonton turnamen ini bisa mencapai 4000 orang.


Turnamen bola voli ini sudah berlansung sejak tanggal 14 Juli 2018 yang lalu dan akan terus berlanjut hingga tanggal 1 September 2018. Sistem pertandingan ini menggunakan sistem gugur, di mana nantinya akan diambil empat tim pemenang baik putra maupun putri. Oiya, selain menggunakan sistem gugur, pertandingan ini juga menggunakan peraturan PBSI yang terbaru, dilengkapi dengan Tata Tertrib dari Panitia.

Hadiah yang diberikan juga sangat ajib. Untuk pemenang putra akan mendapatkan hadiah Rp 7.000.000,- untuk juara I, Rp 5.000.000,- untuk juara II, Rp 4.000.000,-  untuk juara ke III, dan juara ke empat akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 3.000.000,-. Berbeda dengan juara pertama putri akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 5.000.000,-, Juara II sebesar Rp 4.000.000,-, Juara III akan mendapatkan Rp 3.000.000,-, dan juara terakhir akan mendapatkan uang sebesar Rp 2.000.000,-.

Jika Anda ingin menyaksikan turnamen ini, Anda bisa datang langsung ke sana, yaitu di Dusun Keceme Caturharjo Sleman Yogyakarta. Ayo dukung Asian Games 2018 dengan penuh semangat. Jadi Mandiri Indonesiaku, Indonesia Maju dan Jaya.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment