header cah kesesi ayu tea

CIRI ANAK YANG HEBAT


 “Assalamu’alaikum, adik yang cantik... kakak pulang.. salim” sembari mengulurkan tangannya dan adik membalas uluran tangannya, mereka bersalaman.

“Sini, dek. Duduk sama kakak..” kemudian kakak mencium pipi adiknya.

“Jalannya hati-hati, ya, dek.. Biar nggak jatuh” sambil tangan menggandeng tangan adiknya.
“Adek... minta tolong, ini sampahnya diambil terus dibuang di tempat sampah” adiknya pun tanggap apa yang diperintahkan kakaknya.

Itulah beberapa contoh percakapan yang sering kakak Noofa ucapkan ke adiknya. Padahal adiknya belum bisa ngomong, ocehannya baru tatatata saja. Maklum, usianya kini baru 15 bulan. Namun, meskipun belum bisa lancar berbicara, Alhamdulillah adik Nooha sudah bisa menanggapi apa yang dikatakan kakaknya atau orang lain di sekitarnya. Beberapa kalimat yang diucapkan orang terdekat bisa ia pahami. Misalnya dia dimintai tolong untuk membuangkan sampah di tempat sampah, adik cepat tanggap dengan melakukan apa yang diperintahkan.

Begitu pun ketika dia tangannya kotor habis makan slai coklat, dia juga pinter ambil tissue untuk lap tangannya dia. Atau saat dia menumpahkan minumannya di lantai dengan tidak sengaja, dia ngerti dan dengan sendirinya ngambil kain pel untuk mengepel lantai yang basah. Yaa memang sih, belum bisa bersih. Tapi saya bangga bisa melihat anak saya bisa tanggap dengan apa yang terjadi di sekitarnya.

Saya ingin mempunyai anak yang tidak hanya cerdas intelektualnya saja. Melainkan ingin mempunyai anak yang tumbuh dan berkembang dengan baik baik intelektual, emosional, dan sosial. Hal yang paling baik dilakukan orangtua terhadap anaknya saat anak berada masa keemasan adalah dengan memberikan stimulasi yang tepat. Memberikan contoh kepada anak-anak sehingga anak bisa menirukan apa yang orangtua lakukan. Memberikan stimulasi tepat kepada buah hati akan memberikan dampak positif dalam pertumbuhan dan perkembangannya. hal ini akan membantu mereka tumbuh menjadi pribadi yang baik dengan tanggap yang lengkap, yaitu cepat tanggap, mempunyai rasa peduli, dan tanggap bersosialisasi.

permainan edukatif anak
memberikan stimulasi permainan edukatif adalah salah satu stmulasi positif
Anak berkembang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Begitupun dengan perkembangan emosi anak. usia-usia awal memegang peran penting bagaimana si kecil merespon terhadap lingkungannya. Setiap anak pasti melalui beberapa tahapan perkembangan emosional, yang kemudian akan berkaitan dengan bagaimana cara ia mengendalikan dirinya dalam berinteraksi dan belajar. Erickson (1963) seorang tokoh psikologi berkata dalam perkembangan manusia ada tahapan-tahapan perkembangan emosional yang harus dilalui dalam membentuk anak hebat menjadi individu yang cepat tanggap, memiliki rasa peduli, dan tanggap bersosialisasi. Pada anak usia 1-6 tahun mereka belajar tentang 3 nilai utama dalam hidup, yang nantinya membantu mereka mempersepsikan dunia dan membentuk karakter mereka menjadi anak tanggap yang lengkap. 3 nilai utama tersebut adalah harapan, kemauan, dan tujuan. 

Stimulasi memang penting untuk membantu karakter anak. Selain stimulasi, pemberian nutrisi otak yang tepat juga tak kalah pentingnya. Karena nutrisi juga berperan dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Saya ingat apa yang dipaparkan salah satu narasumber di seminar parenting beberapa tahun lalu, bahwa pemberian nutrisi yang baik dilakukan dari mulai usia 0 bulan dalam kandungan. Bukan malah setelah anak lahir. Itu artinya, bila ingin mempunyai anak yang cerdas, berikanlah nutrisi yang tepat sejak dalam kandungan. Makanya, beberapa calon bumil yang ingin program hamil biasanya sudah mempersiapkan segala sesuatunya, agak kelak bisa mempunyai anak yang sesuai harapan.


Nutrisi  yang tepat itu yang seperti apa sih? Nutrisi yang tepat adalah nutrisi yang pas untuk anak kita. Sesuai dengan usia dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan tubuh si kecil. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan makanan bergizi seimbang dan susu bebelac baru. Kenapa Bebelac? Karena Bebelac memiliki kandungan nutrisi yang tepat untuk mendukung perkembangan si kecil.


Bebelac baru memiliki nutrisi yang dapat mendukung buah hati untuk tumbuh hebat dengan tanggap yang lengkap. Pas sekali untuk orangtua yang ingin mempunyai anak dengan tanggap lengkap. Inovasi dari bebelac sebelumnya, bebelac baru mengandung minyak ikan dan omega 6 yang lebih tinggi, FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan, serta 13 vitamin dan 9 mineral. Semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan si kecil untuk mendukung perkembangannya. Si kecil akan berkembang sesuai dengan tahapannya. tanggap lengkap merupakan tujuan dari apa yang selama ini orangtua harapkan, karena anak yang memiliki kecerdasan cepat tanggap, rasa peduli, dan tanggap bersosialisasi adalah ciri anak yang hebat.


Banyak info mengenai tanggap yang lengkap, salah satu tulisan bagus yang rekomended untuk dibaca ibu hebat ada di LINK INI
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment