header cah kesesi ayu tea

Pentingnya Susu Kolostrum untuk Sistem Imun Tubuh


Suara tangis pertama anak saya terdengar syahdu malam itu. Kamis, 5 Januari 2017, bayi mungil yang saya beri nama Nooha lahir di Puskesmas Kesesi 1. Anak kedua saya ini Alhamdulillah dapat dilahirkan dengan cara partus normal meski durasi mulesnya sama lamanya dengan anak pertama. Dua hari! Hihihi

Ada tiga bidan yang membantu persalinan saya. Setelah lahir, satu bidan menjahit jalan lahir dengan dibantu bidan satu lagi, dan satu bidan lagi membawa bayi saya untuk ditimbang dan dibersihkan. Setelah bayi saya selesai ditimbang, kemudian bayi tersebut diletakkan di dada saya.

“Inisiasi Menyusui Dini dulu ya, Bu..” ucap bidan itu.

“Iya, Bu...” sambil saya elus-elus punggung anak saya yang halus itu.

Inisiasi Menyusui Dini (IMD) adalah langkah penting untuk memudahkan bayi dalam memulai proses menyusui. Bayi baru lahir diletakkan pada dada atau perut sang ibu, secara alami si bayi dapat mencari sendiri sumber Air Susu Ibu (ASI) dan kemudian bayi akan belajar menyusu puting sang Ibu. Beruntung saya bisa melahirkan di tempat yang Pro-ASI dan Pro-IMD. 

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan proses Inisiasi Menyusui Dini dijalankan dalam satu jam pertama sejak bayi lahir. Karena salah satu manfaat IMD ini adalah memberikan kesempatan bayi memperoleh kolostrum.

Sistem Imun Tubuh dan Susu Kolostrum

Kolostrum adalah cairan pra-susu berwarna kuning dan kental yang dihasilkan oleh kelenjar mamalia pada 16 jam pertama setelah melahirkan. Kolostrum juga banyak mengandung unsur penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Susu kolostrum sangat bagus  karena memiliki kandungan karbohidrat, protein, antibodi dan juga mengandung rendah lemak. Walaupun kolostrum mengandung rendah lemak, namun susu kolostrum berbeda dengan susu rendah lemak pada umumnya.


Setidaknya ada 3 faktor penting kolostrum bagi tubuh manusia, yaitu; Faktor imunitas, faktor pertumbuhan, dan factor nutrisi. Faktor-faktor tersebutlah yang membuat susu kolostrum lebih istimewa dibanding susu rendah lemak untuk dewasa pada umumnya. Baik, di postingan ini saya akan coba bahas satu persatu faktor penting susu  kolostrum.

1. Faktor imunitas
Susu kolostrum dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh manusia. Menurut penelitian, susu kolostrum ini memiliki faktor imunitas yang sangat kuat dibanding dengan susu kesehatan lainnya. Kolostrum memiliki kandungan faktor imun yang dibutuhkan tubuh untuk selalu fit. Saat ini banyak orang mudah lelah, mudah capek, dan mudah terserang berbagai macam penyakit karena adanya sistem imun tubuh yang kurang. Immunoglobulin, Lactoferin, Lactalbumin, Glycoprotein, Cytokines dan jenis imun lainnya yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh dari berbagai virus, bakteri, jamur, alergi ataupun racun yang ada dalam tubuh.

Kolostrum juga mampu membantu mengatasi berbagai masalah usus, alergi dan HIV. Penderita diabetes juga dianjurkan minum susu kolostrum secara teratur karena susu ini dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Selain itu, Kolostrum juga sangat kaya akan kandungan TgF-B yang dapat membantu terapi para penderita kanker, membantu pembentukkan tulang dan juga mampu mencegah penyakit herpes. Kandungan Immunoglobulin pada kolostrum juga telah terbukti sebagai anti virus, anti bakteri, anti jamur dan anti toksin yang sangat diperlukan oleh tubuh.

2. Faktor pertumbuhan
Susu Kolostrum dapat membantu mempercepat pertumbuhan sel dan mempertahankan usia sel. Hal ini dikarenakan susu kolostrum mengandung Insulin Growth Factor (type 1 & 2), Derived Platelet Growth factor, Epidermal Growth factor, Fibroblast Platelet Growth Factor, Transforming Growth Factor α, Transforming Growth Factor β, dan Nerve Growth Factor. 

3. Faktor nutrisi
Faktor yang terakhir adalah faktor nutrisi. Susu kolostrum ini mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk tubuh manusia. Berikut beberapa kandungan nutrisi dalam susu kolostrum. Protein di atas 45%, Asam amino esensial (Isoleusina, Leusina, Histidina, Metionina, Lisina, Treonina, Fenilalanina, Valina, dan Triptofan), Asam amino non-esensial (Arginina, Sisteina, Asam glutamat, Alanina, Tirosina, Glisina, Prolina, Asam Aspartat, dan Serina), Vitamin ( A, B1, B2, B3, B4, B5, B6, B9, B12, E, dan C), Mineral (kalsium, Magnesium, Zinc, Natrium, Kalium, Fosfor, Iron, Iodine, dan Selenium). Lengkap banget, kan, nutrisi yang terkandung dalam susu kolostrum?

MyBio Susu Kolostrum 

MyBio Susu Kolostrum adalah susu bubuk skim yang diperkaya Kolostrum (PRPs, Immunoglobulins IgG, IgA, IgM, IgD, IgE Lactoferrin, Transferrin, Cytokines, Lysozymes, Enzyms, Lactalbumin, Glycoproteins), Calcium, dan Premiks Vitamin and Mineral. Senyawa tersebut berfungsi dalam meningkatkan sistem imun, meningkatkan pertumbuhan, mempercepat penyembuhan, dan meningkatkan fungsi pencernaan. Kolostrum yang terdapat dalam MyBio Susu Kolostrum ini adalah kolostrum dari induk sapi. Di mana komposisinya mirip dengan kolostrum pada manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolostrum sapi (bovine colostrum) memiliki kemiripan dengan kolostrum manusia dan merupakan suatu alternatif yang aman. Bahkan ada laporan yang menyatakan bahwa kolostrum sapi empat kali lebih kaya akan faktor imun daripada kolostrum manusia. 



MyBio Susu Kolostrum ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak di atas usia 2 tahun, remaja, dewasa, orangtua, atlet olahraga, dan juga pasien rumah sakit. Mereka membutuhkan susu kolostrum karena untuk kekebalan tubuh mereka. 

Tidak ada dosis tertentu dalam mengkomsi MyBio Susu Kolostrum ini, karena susu ini bukanlah suplemen makanan. Namun disarankan minum 2 sachet perhari sebelum makan, pagi dan malam. 


Produk ini sudah tersertifikasi HALAL, GMP, HACCP, ISO 22000, ISO 9001, dan U.S. FDA. Jadi tidak perlu ragu mengkonsumsi susu ini, ya..

Oiya, saran penyajian MyBio Susu Kolostrum adalah dengan cara menuangkan 150ml air hangat (jangan pakai air panas) ke dalam gelas, kemudian tuang 1 sachet MyBio Susu Kolostrum, aduklah menggunakan sendok plastik. Tidak disarankan mengaduk dengan sendok aluminium karena bisa terjadi oksidasi.

Yuk ah, jangan biarkan tubuh kita mudah capek dan gampang sakit. Mulailah hidup sehat sejak hari ini. 

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment