header cah kesesi ayu tea

SUDAHKAN KAMU MEMBACA ALQURAN?

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Assalamu’alaikum..

Rukun Iman yang ketiga adalah Iman kepada Kitab-kitab Allah..
Sebagai seorang Muslimah, Alquran adalah kitab saya.


"Sesungguhnya Alquran ini memberi petunjuk kepada jalan yang lebih lurus dan membawa kabar gembira untuk orang-orang mukmin yang beramal saleh, sesungguhnya bagi mereka pahala yang besar" (QS Al-Israa:9)

Kurang lebih 3 tahun lalu saya tergabung dengan grup One Day One Juz. Tapi beberapa bulan lalu saya left grup itu. Dulu mikirnya sih, dengan ikut grup One Day One Juz saya bisa konsisten mengaji Alquran dengan baik. Setiap hari satu juz sebenarnya mudah, tetapi kalau tidak konsisten dengan manajemen waktu akhirnya merasa kesusahan. Lalu kenapa saya left? Jawabannya adalah karena saya sudah susah membagi waktu. Punya bayi memang bukan alasan dan tak boleh dijadikan alasan, ini hanya karena kesalahan saya saja yang tidak piawai membagi waktu dengan baik dalam 24 jam. Ngajinya Alquran jadi keteteran. hiks


Saya dulu pernah posting tentang Grup One Day One Juz saya, grup #ODOJ2629. Saya tergabung dengan grup One Day One Juz awalnya karena saya ngefans banget sama mbak Oki Setiana Dewi. Saya sering sekali stalkerin akun instagram miliknya. Setiap kali mantengin timelinenya, ada pertanyaan yang sempat membuat saya ngaca, bener-bener ngaca! "Sudahkan kamu membaca Alquran?" Hiks.. Saya malah rajin baca timeline Facebook ketimbang baca Alquran. Dari situ saya berkeinginan untuk ikut ONE DAY ONE JUZ aja, mungkin dengan gabung dalam satu kelompok ngaji, saya bisa terus termotivasi.

Grup One Day One Juz saya malahan bikin semangat karena yang gabung di grup itu kebanyakan teman2 blogger dari komunitas Kumpulan Emak Blogger. Yang awalnya dikenalkan oleh mak Aulia Gurdi. Akhirnya bisa gabung. Tapiii... lambat laun, satu persatu emak2 blogger left grup hingga akhirnya saya pun sekarang sudah left grup.

Ada rasa yang hilang loh sebenarnya waktu pertama saya left grup One Day One Juz. Kan biasanya grup aktif ada notifikasi masuk teman-teman laporan tilawahnya sudah selesai dengan menuliskan kata ‘kholash’ di grup.  Kalau saya belum selesai tilawah rasanya malu, jadi saya semangat untuk menyelesaikan ngaji saya sebelum deadline waktu yang sudah disepakati.

Sekarang bagaimana? Sekarang saya tetap mengaji Alquran, walau tidak tergabung dengan grup One Day One Juz lagi. Tapii... mengalami menunduran, karena saat tergabung dengan grup One Day One Juz saya bisa ngaji 1 juz sehari, kalau sekarang nggak mesti satu juz. Kadang 1 juz selesai dalam 2 hari atau bahkan satu minggu. Tapi di bulan Ramadhan ini menyempatkan diri untuk membaca Alquran minimal satu lembar dalam sehari. 

Ramadhan tahun ini saya sedih, sudah hari ke 20 tapi saya belum khatam. Ya Allah, sediiihh sekali. Padahal bapak dan Ibu sudah khatam, bulik saya juga sudah khatam di hari ke 10 malahan bikin berkat slamatan nasi tumpeng.

Saya iri sama Ibu-Ibu yang punya anak bayi tapi tetap bisa khatam Alquran. Katanya menyempatkan waktunya membaca 2 lembar setelah sholat fardhu. Dalam satu juz biasanya kan 8 sampai 10 lembar, jadi selesai dalam sehari membaca masing-masing 2 lembar setelah sholat lima waktu. Tapi kenapa saya nggak bisa ya? #tanya kenapa? Semoga Allah mengampuni saya yang telah mengalami kemunduran dalam beribadah. Aamiin. Kalau temen-temen bagaimana? Sudah khatam berapa kali bulan Ramadhan tahun ini?
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment