Skip to main content

Posts

Showing posts from April, 2016

Cerita Singkat tentang Eni Martini

Bismillah, 
Hallo apa kabar semua? Maaf baru bisa menyapa kembali setelah beberapa hari lalu Noofa sakit. Ndilalah Setelah Noofa sakit, saya nggak enak badan. Jadi, saya memilih untuk istirahat cukup dulu sementara waktu.
Oiya, seperti halnya dua minggu yang lalu, saya akan menulis tentang satu blogger pemenang arisan ke empat setelah Muna Sungkar, Ernawati Lylis, dan Naqiyyah Syam. Ia adalah mbak Eni Martini. dan postingan ini saya beri judul Cerita Singkat tentang Eni Martini. hehee..
Eni Martini adalah Pemilik www.duniaeni.com, seorang ibu rumah tangga dengan empat orang anak (satu almarhum).  Mbak Eni, begitu saya memanggilnya memanglah seorang ibu rumah tangga, tapi dia juga seorang blogger dan penulis novel. Ia sudah mempunyai puluhan karya Novel. Dan, salah satu Novel bergenre horror sudah difilmkan oleh salah satu podusen film ternama di Indonesia. Yes, keren, kan? Saya boleh bilang, ia adalah seorang Ibu rumah tangga yang luar biasa. Bagaimana tidak? Saya paham betul sibuknya me…

Batuk dan Fisioterapi di RSU Siaga Medika Pemalang

Bismillah, sudah lama juga saya tidak curhat di sini. Pantas saja hati saya terasa ada yang mengganjal, ternyata saya pun butuh terapi jiwa dengan menulis. Ben lego!

Sudah seminggu Noofa sakit, panasnya memuncak hingga 40,3 derajat celcius. Saya sudah niat dalam hati mau saya obati dengan herbal dan madu. Tetapi di hari ke empat Noofa panas, kakinya pucat dan dingin banget. Saya minta pendapat suami, dan akhirnya saya manut membawa Noofa ke rumah sakit. Noofa tidak hanya demam tinggi, tetapi juga batuk berdahak. Kasian kalau ngelihat dia batuk, rasanya dada dan perut kaku. Saya saja kalau batuk ngerasa tersiksa banget, apalagi ini anak-anak?

Tips Sukses Menulis untuk Media Massa Ala Naqiyyah Syam

It is Friday! Kalau di grup Fun Blogging, setiap hari Jumat, harus pakai bahasa Inggris, baik untuk promo postingan, maupun komentar. Dan.. Jumat ini, 15 April 2016 juga hari special karena hari ini adalah hari Lahir Bapak. Barokallah, ya, Bapak. Selamat ulang tahun yang ke 54 tahun. Memang tidak ada acara khusus, tapi saya dan adik akan memberikan kejutan ke bapak, niatnya diundur karena besok Minggu adik saya yang terakhir juga ulang tahun. Minta renang, jadi, kami pikir, sekalian saja. Hahaha
Dulu, saya pengen banget ngasih kado ulang tahun ke bapak berupa buku karya saya sendiri, tapi sampai hari ini saya masih belum bisa memenuhi apa yang menjadi keinginan saya tersebut. Belum cukup nyali mungkin, atau sok sibuk? Entahlah.. nyatanya memang baru antologi yang saya punya. Hehe.. Insya Allah suatu saat nanti keinginan saya bisa terkabul. Amin.
Oiya, bicara soal menulis buku. Alhamdulillah sejak membulatkan tekat menjadi seorang blogger saya jadi punya banyak teman sesame blogger maup…

Iuran JKN (BPJS) Naik. Siap?

Postingan ini postingan curhat, ya.. Hehe

Sebenarnya sudah sejak awal bulan Maret lalu saya mengetahui desus-desus kenaikan iuran JKN mandiri. Membaca kronologi alasan kenapa iuran 'terpaksa' naik, saya memahami itu. Dan, dalam hati saya bilang "yaa udiiinn siih gak papa kalau memang itu bisa mengurangi minus-minus yang ada di pemerintah".

6 Kegiatan yang Biasa Dilakukan Saat Libur di Rumah

Membicarakan tentang liburan, tentu setiap orang ingin liburan ke tempat-tempat yang menarik dan menyenangkan. Kalau diadakan voting tentu banyak yang akan memilih Bali, Lombok, Raja Ampat, Ancol, Bandung, dan kota-kota wisata terkenal lainnya sebagai tempat untuk mengisi liburan keluarga. Tapi semua itu kan butuh biaya banyak, dan juga memerlukan waktu yang lama, rugi dunk kalau liburan jauh-jauh tapi cuma sehari, ya kaaan?
Berbica soal liburan, memang saat ini saya bisa dikatakan jarang berlibur ke tempat-tempat wisata apalagi sejak berkeluarga dan memiliki anak kecil. Hari-hari libur biasanya di rumah saja berkumpul bersama keluarga kecil di Kesesi Pekalongan. Atau kalau nggak ketika ada waktu libur tanggal merah berdekatan dengan hari minggu, biasanya saya usahain ke Semarang untuk berlibur bersama suami, maklum suami bekerja di Semarang.
Suami memang setiap weekend mengusahakan untuk pulang ke Kesesi, tepatnya setiap hari Jum’at sore atau nggak ya malamnya baru sampai rumah. Alasan…

3 Hal Horor Dalam Hidup Saya

Setiap orang pasti memiliki pengalaman menakutkan atau kejadian yang membuat seseorang menjadi trauma. Kebanyakan orang biasanya akan menyebutkan bahwa kejadian horror selalu berkaitan dengan makhluk halus atau gaib, entah itu melihat hantu, atau sekedar mendengar suara-suara tanpa rupa. Gak salah, sihh.. tapi bagi saya pengalaman horor yang pernah saya alami bukanlah berkaitan dengan makhluk dunia lain, lhoo.
Pertama, hal yang bagi saya cukup menakutkan atau horror adalah ketika saya pulang kerja (mengajar) saat hari sudah malam. Gimana tidak horror jarak rumah-kampus (STAIN Pekalongan) kurang lebih 40 KM. Dan jalan yang harussaya lalui tidak semua ramai, ada jalan sepi yang sering membuat bulu kudu merinding, yaitu jalan antara Kajen-Kesesi. Yaa! jalan sepanjang kurang lebih 8 km memang tidak terlalu jauh, tapi kalau malam hari sangat sepi, gelap gulita tanpa adanya penerang satu pun. Belum lagi antar kampung yang kulewati berjauhan. Kanan-kiri jalan hanya sawah-sawah. Bayangkan saja…

8 Alasan Kenapa Saya Memilih Pertamax

Sudah hampir satu tahun belakanganini saya mengganti bahan bakar motor saya yang semula premium menjadi pertamax. Kenaikan harga bahan bakar premium dan selisih harga premium dengan pertamax yang tidak terlalu jauh membuat banyak orang termasuk saya akhirnya memilih beralih ke pertamax. Sebenarnya ada beberapa keuntungan yang saya rasakan ketika satu tahun ini menggunakan pertamax, berikut beberapa alasan dan keuntungan yang saya rasakan setelah menggunakan pertamax:

Internet Membawa Saya Berkembang Bersama Jaman

Merasa beruntung saya bisa bersekolah sekaligus nyantri di Pondok Modern Daaru Ulil Albaab Kedungkelor Tegal. Apa pasal? Karena di sana, sedari kelas 1 SMP saya dan teman-teman sudah diajarkan cara mengoperasikan komputer. Meskipun masih sebatas pengetahuan basic tetapi itu sudah dapat dijadikan bekal yang cukup untuk siap berkembang bersama jaman. Hehe.

Iya, bagaimana tidak beruntung? Saya dan teman-teman saya diajarin cara / metode mengetik keyboard dengan 10 jari. Kalau inget waktu itu, saya jadi geli sendiri. Karena saya mempunyai jari yang super unyu, jadi itu yang menjadi kendala saya untuk bisa memencet huruf P dan Q pada keyboard dengan jari kelingking. Haha.


Basic komputer sudah dipastikan bisa dikuasai oleh semua lulusan DUA saat itu. Kebetulan salah satu ustadz di sana yang menjadi  guru komputer sangat yang kagumi. Beliau mengajarkan materi demi materi dengan sabar tetapi tegas. Sehingga semua santri bisa memahami materi dan mengaplikasikannya. 10 jari!

Gara-gara Handuk, Saya Malu!

Cerita ini sebenarnya memang malu-maluin bangeet. Kalau saya inget saja tentang peristiwa tersebut saya bisa tutup muka sendiri karena saking malunya. Bahkan ketika ngetik postingan ini saja saya sambil cengar-cengir sendiri. Pokoknya malu banget kalau inget kejadian itu.
Jadi gini, sejak dulu selama menempuh pendidikan baik di Madrasah Aliyah maupun ketika sudah menjadi mahasiswa, saya memilih kos-kosan yang ada tuan rumahnya, ada Ibu kostnya. Saya memilih kos-kosan yang seperti itu supaya saya tetap merasa dilindungi oleh orang lain yang seperti orang tua sendiri. Tidak seperti kos-kosan yang tanpa ibu kos, karena biasanya kos-kosan yang nggak ada ibu kosnya itu kos-kosan yang bebas, jam malam juga di atas jam 9 malam. Pokoknya saya sendiri punya rasa tidak nyaman bila tinggal di kos-kosan yang yang tidak mempunyai induk semang. 
Cerita ini terjadi saat saya sudah menjadi mahasiswa, dimana suatu pagi, seperti biasa sebelum kuliah, saya mandi dan nyuci baju. Sebelum mandi biasanya saya…

Cerita Tentang Mading di Pondok Pesantren Daaru Ulil Albaab

Madingataumajalahdindingmulaisayakenalwaktusaya masih mengenyam pendidikan jenjang SMP sekaligusnyantri di PondokPesantren Modern DaaruUlilAlbaab Tegal.Waktuitusayamenjadisalahsatu pengurus yang bertugas untuk mengumpulkankaryateman-teman.Isi madding sendiri terdiri dari berbagai rubrik, sepertirubrik opini, sastra, danprofil serta rubrik lainnya.
Saya sendiri merupakan angkatankeduaPondokDaaruUlilAlbaab, tetapiuntuk masalah mading sendiri merupakan produk dari angkatanpertama.Karenasantrinyawaktuitumasihsedikit.Jadi, mading yang pertama kali dipajangadalahhasilkaryaduaangkatan sekaligus dari santridansantriwati PPM DUA.Bahasa yang digunakan dalam mading pun masihcampur-campur.Ada yang berbahasaInggris, Bahasa Arab, danBahasa Indonesia. Kenapa dengan menggunakan banyak bahasa? Karena PPM DaaruUlilAlbaab sendiri memangpesantren Bilingual sehingga karya jurnalistik yang dihasilkan oleh santrinya juga menggunakan multi bahasa.

Resep Masakan Andalan Keluarga yang Murah dan Gampang Banget

Setiap keluarga pasti punya masakan andalan sekalipun setiap anggota keluarga punya selera yang berbeda-beda. Ada yang suka masakan dan makanan pedas, ada yang sama sekali nggak suka pedas. Dan itu hal yang sudah lumrah dalam sebuah keluarga. Di keluarga saya, hampir seluruh anggota keluarga menyukai makanan pedas, jadi bisa dikatakan masak apa saja yang rasanya pedas kami semua tidak keberatan dan bahkan malah bisa langsung diserbu habis.

Masakan yang paling disukai adalah Tempe Pecak. Tempe pecak ini masakan yang berbahan dasar tempe saja. Gampang, simpel, murah meriah pula. Kecuali harga cabai sedang melonjak naik, mungkin ini akan sedikit mahal, tapi tak seberapa juga, karena nggak butuh banyak cabai untuk sambelnya.

Bahasa di Kesesi pakai pecak, kalau di daerah lain lebih dikenal dengan istilah tempe penyet. Intinya sama, tempe dipenyet-penyet. Yang membedakan dengan masakan tempet penyet di warung lamongan adalah, tempenya ini direbus. Jadi masakan ini sehat karena tidak mengandun…

4 Cara Melawan Rasa Jenuh Saat Ngeblog Ala Noorma

Alhamdulillah sudah Senin lagi. Masih semangat kan, ya? 
Sebagian orang mungkin masih semangat dan akan terus semangat menjalani setiap aktifitasnya. Tetapi tidak dengan saya di sini, saat ini saya seperti kehilangan semangat untuk beraktifitas, salah satunya ngeblog. Duuh, kalau sudah males ngeblog, malah bisa jadi rugi duonk, ya. Karena kalau sudah begitu, nantinya akan makin tambah malas. Apalagi kalau sudah bosan dengan kegiatan yang kelihatannya itu-itu saja. Harus mencari cara refresh otak untuk bisa stay on lagi. 
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan blogger untuk bisa menghalau kebosanannya dalam kegiatan ngeblog. Lain orang, lain pula caranya. Dan, cara ini yang biasa saya lakukan mana kala saya sedang dilanda kebosanan.

5 Tempat Belanja Terpopuler di Kuala Lumpur yang Akan Memuaskan Hasrat Belanja Kaum Wanita

Umumnya kaum wanita cenderung menyukai belanja saat pergi traveling, betul, kan? apakah kamu termasuk salah satunya? Untuk memuaskan hasrat belanja, seringkali para wanita memburu produk idamannya hingga ke luar negeri. Kuala Lumpur, Malaysia adalah salah satu destinasi belanja favorit para shopper traveler

Untuk menuju Kuala Lumpur kamu bisa menggunakan maskapai dengan layanan premium seperti Malaysia Airlines atau maskapai bertarif rendah seperti AirAsia. Setidaknya ada sekitar 30 jadwal penerbangan untuk rute Jakarta - Kuala Lumpur setiap harinya, di mana untuk booking tiket pesawat Malaysia Airlines bisa kamu lihat di situs sekelas Traveloka.
Untuk traveling ke sana, sebaiknya rencanakan ini dengan matang. Mulai dari waktu, uang, dan mencatat destinasi, dan persiapan lain yang memang diperlukan. Berikut 5 lokasi belanja di Kuala Lumpur yang bisa kamu singgahi:

Tips Liburan Murah Meriah Ala Noorma

Haii haii haii.. Apa kabar semuanya? Tak terasa wiken sudah mau habis (makanan kaleeeee haha). Besok sudah Senin lagi dan kita semua kembali ke aktifitas mingguan seperti hari-hari biasa. Tapi, akan ada wiken-wiken selanjutnya, kok. So, jangan khawatir, kalau ada yang belum puas liburan di wiken ini, bisa dilanjutin di wiken berikutnya. Ok!


Bicara soal liburan, kamu paling suka pergi ke mana? Ke rumah saudara? Ke pantai? Ke gunung? Ke cafe? Ke Mall? Ke Jembatan? Atau ke Perpustakaan? Hihihi. Setiap orang pasti punya rencana untuk liburan, ya. Tapi, kalau nggak punya duit, gimana donk? Bete pasti yak kalau pas liburan pengen keluar ke suatu tempat tapi nggak ada duit. Eiits.. Jangan manyun gitu duonk.. Nih, saya punya tips liburan yang murah meriah, tentunya ala Noorma, duonk, ya. Dan ini based on my experience, loh.

Saya Datang ke Acara Blogger karena Saya Butuh

Sejak bergabung dengan beberapa komunitas blogger, saya memang punya keinginan untuk bisa kopdar dengan pendiri juga membernya. Jadi menjalin hubungan tidak hanya secara virtual, melainkan bisa secara NYATA, di mana kami bisa merealisasikannya sekaligus bisa mengabadikannya dalam foto yang kami ambil.
Memutuskan untuk ‘aktif’ berarti secara otomatis saya sebisa mungkin harus menyempatkan diri untuk bisa ikut serta dalam acara-acara yang diadakan blogger, atau undangan dari brand yang melibatkan blogger. Namun, bukan berarti setelah saya komit seperti itu kemudian saya ‘kalap’ dengan gathering-gathering yang ada. Saya tetap harus tahu diri, mengukur kemampuan pribadi, memikirkan situasi dan kondisi, serta mempertimbangkan banyak hal riil.
Maksudnya, tidak semua event yang melibatkan blogger saya hadiri, saya tetap menyesuaikan dengan kemampuan saya, dan tidak memaksakan kehendak. Sebagai contoh, saya tinggal di Kesesi, Pekalongan. Apabila event diadakan di Pekalongan dan sekitarnya, tentu…

Parenting Kelas: Tips Melatih Anak Sholat Sejak Usia Dini

One day one post untuk hari ini temanya bebas. Nggak terasa ,ya, hari ini sudah hari ke lima sejak hari Senin kemarin.
Jumat, 1 April 2016. Nggak terasa juga udah masuk bulan April. Waktu berjalan begitu cepat. Katanya kalau kita ngejalanin waktu dan waktu itu terasa berjalan begitu cepat, tandanya kita menjalaninya dengan hati bahagia. Begitupun sebaliknya, bila kita sedang bersedih hati, maka hari yang dijalanin akan terasa sangat lama. Bener, nggak, sih?
Tapi kalau dipikir-pikir, kita memang sebaiknya tidak usah bersedih hati terlalu lama dan senantiasa harus membikin suasana hati kita jadi riang gembira. Mungkin, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara berkumpul dengan teman. Dengan berkumpul, bersilaturahim, dan bercengkrama dengan teman, kita bisa mendapatkan banyak manfaat. Bukan untuk ngerumpi loh, ya. Hihihi..