header cah kesesi ayu tea

Rengginang Bu'e




Bisnis Rumahan Impianku


Bismillah,
Assalamu’alaikum teman-teman. Apa kabar? Akhir bulan lalu sampai September ini sedang banyak yang sakit, ya. Anak-anak dan suami saya juga demikian. Saya harus semangat walaupun saat ini alarm tubuh udah memberikan isyarat kepada saya untuk bedrest. Batuk, pilek, dan demam. Rasanya lemas dan tulang terasa linu. Biasanya kalau udah kaya gini typhus saya kambuh. Hiks. Doakan segera sehat kembali, ya. Aamiin.

Tetep harus semangat biar penyakitnya nggak betah di tubuh kita. Hempaaasss.. huussss.... sanaaaahh... hahhaa.. berasa jadi Syahrini yang lagi usir cantik itu para jamaah penyakit. Hihihi

Dear, teman-teman. Pernah ngerasa kangen sama mertua nggak? Punya ibu mertua baik itu seneng banget, ya. Sampai-sampai saya kangen banget gini. Ibu mertua dan bapak mertua saya tahun ini melaksanakan ibadah haji. ini tinggal nunggu waktu pulang, insya Allah pulang tanggal 17 September. Jadi sekitar 1 minggu lagi. doakan yaa teman-teman supaya Ibu mertua saya sehat selalu sampai nanti tiba di rumah Blora. Aamiin.

Ibu mertua saya selama ini yang ngajarin saya untuk kreatif perihal makanan. Salah satu contohnya ketika mau ada hajatan atau lebaran. Pokoknya kalau mau ada acara besar, keluarga Blora lebih suka bikin jajanan sendiri jauh-jauh hari untuk hari H. Banyak sekali jajanan yang bisa dibuat oleh Ibu mertua saya dibantu mbak ipar saya. Kalau saya di sana, otomatis saya juga bantu-bantu sekalia belajar cara membuatnya. Jajanan yang sampai sekarang saya tekuni belajarnya adalah membuat rengginang gurih. 

Rengginangnya beda dengan rengginang yang dibuat simbah saya di Kesesi. Kalau simbah saya (almarhum) membuat rengginang pasti dikasih bumbu rempah seperti ketumbar, kemiri, bawang putih, dan garam. Berbeda dengan Ibu mertua saya yang menurut saya simple tapi hasilnya endeus banget. Guriihh segurih-gurihnya. Karena rengginang yang dibuat Bu’e (begitu saya memanggilnya) hanya dengan santan dan garam untuk rasa original (asin). Dan diberi gula (bisa gula pasir atau gula jawa) untuk rasa manisnya.

Waktu lebaran Idul Fitri lalu, saya membuat rengginang rugih rasa trasi. Diajarin Bue caranya bikin dari mulai merendam beras ketan, mengukus, kemudian dikoleh atau diaduk-aduk sambil diguyuri santan dan air trasi. Setelah matang sempurna renggiang dicetak manual menggunakan tangan dan perasaan. Yups, menggunakan perasaan saja untuk mengira-ngira ukuran bulan rengginangnya sama.

Insya Allah sih ya, saya sudah bisa kalau disuruh membuat sendiri. tapi harus dibantu suami juga ding soalnya kalau mbuatnya banyak saya nggak kuat ngaduk beras ketan yang sudah setengah matang, beraaaaatttt uey. 
Bue Lagi bikin rengginang

Rencana, doakan semoga beneran terlaksana, rengginang resep Bue ini pengen banget saya kembangin menjadi bisnis rumahan saya. Hal pertama yang bikin saya yakin sih, ketika teman-teman dan saudara di Kesesi makan rengginang Bue ini semuanya pada suka dan minta resepnya. Hahaha. Jadi banyak lidah yang cocok dengan rasa gurih rengginang Bue.
Sayangnya sih harga beras ketan di Kesesi lebih mahal dari harga beras ketan di desa suami. 

Tapi kan agak kurang hemat kalau bawa beras ketan dari Blora, haha. Lha wong perjalanannya saja kurang lebih 7 jam. Belum bensinnya. Wkwkwk. Pokoknya ini lagi mikir gimana biar bisa dapat beras ketan dengan harga murah dulu. Rengginang di Blora satu kilo (belum digoreng) harganya kemaren masih dibawah 30rb rupiah. Itu jadi patokan saya. Mungkin nanti kalau jadi ngembangin bisnis rumahan, saya mau bikin merk “Rengginang Bu’e”.

Mau mendalami dulu, terus belajar sama yang sudah terjun ke dunia bisnis seperti tanya-tanya dengan Wahyu Widya ( http://www.awanhero.com ) dan BunSal ( http://www.muslifaaseani.com ). Mbak Wahyu dan Bunsal bersedia kan ngajarin saya tentang apa saja yang harus saya lakukan untuk mengembangkan bisnis rumahan impian saya ini?

Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment