LIMA MAKANAN FAVORIT SAAT BULAN RAMADHAN



Assalamu’laikum, temen-temen..
Bagaimana puasa di hari ke tiga ini? Masih semangat dong pastinya. Alhamdulillah kalau masih semangat. Dulu seorang guru pernah bilang ke saya, kalau puasa itu nggak akan bikin sakit, justeru malah bikin badan sehat. Puasa juga bukan menjadi hujjah untuk bermalas-malasan. Lemes sih pasti, ya. Tapi nggak lantas malas segala-galanya karena puasa. Apalagi menghabiskan waktu untuk tidur sejak Subuh hingga Maghrib, hehehe.. Salah BESAR!
Oiya, saya mau tanya dulu, ah. Kemaren puasa pertama sahurnya makan apa? Wahh pasti sahur pertama banyak di antara teman-teman yang makan lauk enak-enak, ya? Makan enak sebenarnya pendapat nafsi-nafsi kan ya, tapi kalau di keluargaku, makan enak itu makan makanan protein hewani. Bisa ayam, ikan, atau paling gampang makan lauk telur. Hihihi.
Iyaps, sahur pertama kami di rumah makan lauk ikan bakar. Kami beli sih. Nggak bisa kalau masak sendiri pasti ribet duluan. Beli 3 ekor ikan bakar Rp 85.000 bisa untuk sekeluarga. Makan bareng, rahat, sahur pertama terasa mantap! Apalagi ditambah minum susu kalengan ^_____^ dan makan kurma berjumlah ganjil. Untuk saya sendiri sangat manfaat karena saya masih menyusui bayi 4 bulan saya secara eksklusif. Kurma dan susu menjadi salah satu asi booster selain makanan bergizi yang saya makan. Alhamdulillah puasa nggak lemes, malah dua hari berturut-turut saya ke Pemalang untuk belanja keperluan bulanan, siang hari pula!
Sahur makan enak, lalu buka puasanya? Enak juga kan?
Hahaha.. apa-apaan ini, lagi puasa malah ngomongin makanan. #sabar dan tahan, ya. Maghrib masih 3 jam lagi. hihihi.
Well, postingan ini saya persembahkan untuk Mbak Ika Hardiyan Aksari dan Mbak HidayahSulistyowati yang pengen tahu bangeeeedd masakan favorit saya saat bulan Ramadhan. Yang namanya masakan di bulan Ramadhan berarti bisa masakan untuk sahur dan juga untuk buka puasa, kan, ya?
Sebenarnya sih, kalau boleh saya jujur *halah opo iki* saya tidak terlalu spesifik memfavoritkan suatu makanan. Karena saya doyan semua makanan alias pemakan segala. Haha. Tapi boleh lah ya, nyebutin beberapa makanan atau masakan yang seriiiiing jadi menu  makanan saya saat buka puasa. Oke, saya sebutin untuk buka puasa saja, ya. Karena kalau sahur biasanya nggak jauh beda dengan menu buka, hanya saja paling ditambah tempe goreng, sambel, telur dadar, atau malah (hanya) mie instan? Hahaha..
Baik, di bawah ini saya akan sebutkan beberapa menu favorit. Dikatakan favorit karena paling sering menjadi menu masakan, di antaranya:
1.    KLUBAN
Kluban atau kuluban atau urab. Orang Jawa pasti tahu makanan ini dong. Yups. Kluban terbuat dari sayuran yang direbus. Biasanya terdiri dari kecipir, kacang panjang, taoge, kol, bayam, kangkung, nangka muda, dan daun ubi rambat. Setelah matang sayuran tadi diurap dengan parutan kelapa muda dan sambal kencur. Dicampur jadi satu kemudian dikasih topping sambal lagi (ini opsional) untuk pecinta pedas. Kluban di Pekalongan berbeda dengan kluban pada umumnya, karena di sini biasanya ada tambahan bothok dan krupuk usek. Duuh Gusti... nglamir tenan!



Apalagi kalau klubannya ada daun pepaya atau daun singkongnya. Euleuh-euleuh, itu udah sampurna banget! Sedeeepp teooo. Buat busui daun pepaya bisa jadi booster juga loh, bisa bikin ASI lancar dan PEKAT!
2.      PARE
Naahh, ini juga.. juara kalau saya dimasakin Ibu sayur pare atau oseng pare. Bisa makan dengan porsi lebiiihh dan lebiiihh. Saya suka pare karena menurut saya pare itu enak! Sedep! Pahitnya nggak bikin baper, karena pahitnya pare nggak sepahit hidup kamu. *ora nyambung maneh*
3.      PECAKAN
A post shared by Noorma Fitriana M. Zain (@noormafitrianamzain) on
 
Harus saya akui, saya memang suka sekali makanan pedas. Pecakan sering kali hadir di atas meja makan keluarga kami. Pecak Ikan panggang, sambalnya sambal tomat yang direbus dulu. *ini ngetik sambil membayangkan* atau bisa juga pecak tempe atau yang biasa dikenal dengan tempe penyet juga seriiing banget jadi menu masakan di keluarga kami. Selain gampang dieksekusi, tempe juga murah meriah. Tempe kaya akan protein nabati. Terbuat dari kacang kedelai yang dikasih ragi. Bagus juga ini untuk busui.

4.      AYAM KECAP
Sebenarnya banyak sekali masakan dengan bahan utama ayam. Tapi kenapa yaa, ayam kecap paling saya suka. Meskipun ayam kecap, tapi nggak yang manis-manis banget. Tetep harus irisan cabai yang banyak. Biar nafsu makan bisa UP UP dan UP lagi!
5.    KORMA-KOLAK-BUBUR-ESBUAH
Kalau yang ini merupakan takjil atau makanan untuk membatalkan puasa. Saya nggak terlalu mengharuskan makanan ini ada terus setiap hari sih. Bisa salah satunya, bisa kurma saja dan teh anget, bisa kolak dicampur es, bisa bubur sumsum, atau es buah. Kalau mentok nggak ada semua juga nggak masalah, bisa diganti dengan es teh atau teh anget.

Itu saja sih, biasa aja kan ya? Bukan ya wah mungkin menurut temen-temen, tapi gimana lagi, lha wong saya suka.. Kalau mbak Ika dan mbak Wati, punya menu favorit apa? Teman-teman juga punya menu favorit apa? Hayuk atuh share di kolom komentar.

Sudah ashar nih, mau masak duyuuu yaa... Insya Allah ketemu di postingan lainnya.

12 comments:

  1. wah menu favoritnya endes-endes ya mbak bikin mupeng deh...

    ReplyDelete
  2. Ngelap iler disik, hiksss
    Pit, napa masakan favoritmu bikin aku makin baper *eh laper. Udah buka pakai nasi padahal

    ReplyDelete
  3. Kalau saya kayaknya gorengan :D

    ReplyDelete
  4. Favoritny banyak banget mbak, hahaha

    ReplyDelete
  5. Aku nggak suka pare... :D klubannya endezz tuh keknya, hmmmm

    ReplyDelete
  6. Kangen urabnya mb...pecak nya juga :D

    ReplyDelete
  7. Kluban itu bagus buat menu puasa ya mbak, karena terdiri dari sayuran dan rasanya juga enak. Kami termasuk sering juga masak ini :)

    ReplyDelete
  8. Pare kalo makannya pakai siomay enak 😊

    ReplyDelete
  9. Aku suka oseng pare dikasih cabe, kecap, tempe dan udang kecil 😊

    ReplyDelete
  10. Puasa ini belum pernah masak kluban blas, ntar sore ah mau bikin. Sudah ada bahannya di kulkas. Dibikin ouedes mesti endues Yo, Mbak. Duh, bayangke to, padahal baru juga sahur. Wkwkwkwkw

    Makasih ya, Mbak, sudah meramaikan arisan blog kedua ini.

    ReplyDelete
  11. Hampir sama sih, kecuali ayam kecap. Diganti tongkol kecap wkkwkw.

    ReplyDelete
  12. korma kolak bubur es buah paduan yang paling asyiiik

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)