header cah kesesi ayu tea

4 Macam Genset yang Perlu Diketahui



Semakin hari, listrik semakin memiliki peranan yang vital di masyarakat. Semua perangkat elektronik yang kita perlukan dalam kehidupan sehari-hari menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Untuk itu, keberadaan pembangkit listrik sangat dibutuhkan bagi masyarakat.

Sebagai alat pembangkit listrik, genset tentu memiliki manfaat tersendiri dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan suplai listrik. Jika terjadi pemadaman listrik atau saat memerlukan tambahan daya untuk acara tertentu, biasanya masyarakat akan menggunakan alat ini. Daya yang dimiliki oleh genset ini biasanya berkisar antara 2000KW sampai dengan 2MW.

Ada banyak sekali jenis genset yang ditawarkan di toko jual genset. Nah, agar Anda tidak bingung memilih genset mana yang akan dibeli, berikut beberapa macam genset yang perlu Anda ketahui:

1. Genset Gas

Genset gas merupakan salah satu jenis genset yang memerlukan bahan bakar utama berupa gas. Gas yang dapat digunakan biasanya ialah gas LPG (Liquid Petroleum Gas). Saat ini, gas sudah sangat mudah ditemui sehingga Anda tak akan kesusahan untuk mencarinya. Biasanya, genset jenis ini mempunyai daya mulai 900W hingga 5KW.

2. Genset Bensin

Genset jenis ini termasuk salah satu genset yang paling populer di masyarakat. Genset ini biasanya dipakai untuk menambah daya dalam perhelatan sebuah acara besar misalnya saja resepsi pernikahan yang membutuhkan konsumsi listrik yang lebih besar. Genset ini menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Sementara daya genset ini bermacam-macam, mulai dari 10KW sampai 20KW. Harga jual genset jenis ini relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan genset turbin atau gas.

3. Genset Portable

Genset ini sangat mudah untuk dipindah pindah sehingga dinamakan dengan genset portable. Biasanya, genset ini digunaan untuk mengaliri listrik pada acara perkemahan dan acara-acara lainnya. Daya mesin genset ini tidak terlalu besar karena hanya berkisar antara 1KW sampe 10 KW. Namun karena bentuknya yang kecil dan mudah untuk dipindah-pindah, genset ini sangat cocok jika digunakan di alam terbuka.

4. Genset Turbin

Genset turbin ini kurang lebih sama dengan pembangkit listrik. Genset jenis ini memakai generator untuk menghasilkan listrik. Cara kerja genset ini sama seperti pembangkit listrik yang besar dimana turbin harus digerakkan sehingga generator dapat mengalirkan listrik. Turbin dapat digerakkan dengan tenaga air yang mengalir dengan kencang. Harga jual genset turbin ini terpaut mahal karena daya yang dihasilkan juga sangat besar. Bahkan genset turbin ini dapat mengaliri listrik untuk satu desa kecil karena dayanya yang mencapai 2MW lebih.

Itulah macam-macam genset yang perlu diketahui sebelum membeli genset. Jangan lupa sebelum membeli genset, lakukan survey ke beberapa toko yang menjual genset agar bisa mendapatkan harga terbaik. Semoga bermanfaat!
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment