Ternyata ini Alasan Kenapa Adik Saya Memilih Sekolah di SMK

Saya punya adik sepupu. Dia anak dari bulik saya. Sekarang dia kelas X, mau naik kelas XI. Dia bersekolah di SMK Muhammadiyah Kesesi. Sekolah yang baru berdiri tiga tahun. Adik saya adalah angkatan ke dua SMK MUSI (singkatan). Sebagai siswa sekolahan yang baru saja dibangun, ada suka dukanya. Biasanya kendala yang sering ditemukan di sekolah baru adalah kurangnya tenaga pendidik dan kurangnya fasilitas buku-buku. Namun sepertinya tidak berlaku di SMK Musi ini, karena nampaknya saat mulai didirikan, kesiapan SMK Musi ini cukup bagus, dari mulai pembangunan masjid, beberapa lokal kelas, kejuruan, jumlah guru per- mapel, dan lain sebagainya.



Waktu mendaftar di SMK Musi, saya sempat menyarankan untuk tidak di sana, melainkan di Kajen saja, sama-sama Muhammadiyah, namun di Kajen jurusannya lebih banyak dan berdirinya pun sudah lama. Akreditasi juga sudah A. Tapi adik saya menolak lantaran jaraknya jauh dari rumah, sekitar 10 KM. Sedangkan SMK Musi sekitar 2 KM saja.

Adik saya memilih sekolah di SMK karena memang berniatan untuk bisa langsung bekerja /magang di beberapa kantor / perusahaan yang sudah menjalin kerja sama dengan sekolah tersebut. Adik saya mengambil jurusan Perbankan Syariah karena memang dia suka di bidang tersebut. Padahal saya berharapnya dia bisa ngambil jurusan komputer, tapi apalah artinya bila yang menjalani tidak menyukainya. Hehe

Beberapa alasan adik saya bersekolah di SMK Musi adalah:

1. Sekolahnya baru. Padahal si masih beberapa lokal saja, tapi adik saya betah aja. Hehe
2. Jaraknya dekat dari rumah, sekolah menengah ke atas yang jaraknya paling dekat yaa memang di SMK Musi.
3. Sekolah di SMK diajari ketrampilan dan skill sesuai dengan jurusannya.
4. Siap bekerja. Katanya kalau nggak di SMK tidak punya skill dan harus kuliah dulu, sedangkan adik saya pengen bisa kerja langsung tanpa harus mikir kuliah dulu.
5. Jurusan Perbankan Syariah.  Jurusan yang memang sangat diminati adik saya.

Itulah beberapa alasan adik saya memilih SMK Musi sebagai tempat menimba ilmu. Harapannya sih semoga bisa mendapatkan apa yang dia cita-citakan. Amin.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)