7 Tips Memilih Mukena Katun Jepang

Alhamdulillah Ramadhan sudah 15 hari kita lalui, semalam sudah mulai ada doa qunut di akhir sholat witir. Itu artinya, lebaran sebentar lagi. Menyambut hari lebaran tak lepas dari adat istiadat atau kebiasaan yang dilakukan kaum muslimin di Indonesia, khususnya. Namun, sebenarnya kebiasaan-kebiasaan ini tidak wajib. Seperti halnya yang dilakukan oleh sebagian orang yang mempunyai rezeki lebih, ada waktu dan kesempatan, rumah mereka pun dibuat seperti baru. Dicat ulang supaya rumah menjadi terlihat rapi dan bersih. Kebiasaan lain yang kerap dilakukan adalah membeli barang baru untuk hari Raya seperti membeli perangkat sholat baru seperti mukena, sarung, baju koko, dan masih banyak lagi.


Bicara soal membeli pakaian dan piranti untuk sholat, saat ini sudah banyak sekali koleksi mukena cantik (baca: disclosure) yang disediakan oleh toko offline maupun online. Modelnya bervariasi. Namun saya tak lantas latah membeli setiap model yang keluar. Saya sendiri tidak setiap tahun membeli barang baru. Membeli mukena, misalnya. Saya tidak setahun sekali membelinya. Tidak mungkin juga setiap tahun membeli mukena, hehe. Palingan membeli mukena 3 tahun sekali. Karena setiap saya mau membeli mukena, saya pasti harus memilih mukena yang berkualitas sehingga bisa awet dipakai, bisa sampai bertahun-tahun. Bahkan bisa dipakai hingga anak cucu kita. Hehe..

Salah satu mukena yang saya suka adalah mukena yang berbahan katun santung dan katun jepang. Untuk postingan kali ini saya akan membagikan beberapa tips bagaimana cara memilih mukena katun jepang. Tips ini sesuai dengan pengalaman yang biasa saya lakukan ketika hendak membeli mukena katun jepang. Baik mukena untuk diri saya sendiri, maupun mukena katun jepang untuk ibu dan adik saya.


Tips memilih mukena katun jepang :

1. membeli mukena untuk siapa ?
Membeli mukena untuk saya sendiri tentu tidak sesusah memilih mukena untuk orang lain. Kalau untuk saya sendiri tentu mudah, tinggal memilih sesuai dengan hati, suka, beli. Berbeda bila hendak membelikan mukena untuk ibu, warna, corak, motif, dan ukuran pasti dipertimbangkan. Bila memungkinkan, saya memperhatikan kira-kira mukena yang seperti apa yang ibu saya suka. Atau bisa juga bertanya, ingin mukena yang seperti apa?

2. Model
Mukena kekinian memang sudah banyak model. Kalau mukena katun jepang saat ini tersedia dua model, pertama model gamis ( one piece) dan model setelan (two pieces). Model ini bisa disesuaikan, kalau anak muda bisa memilih yang model setelah, kalau orang tua bisa memilih model gamis, namun tetap disesuaikan dengan selera masing-masing, ya.

3. Warna
Ini nih uyang penting. Karena warna merupakan cerminan jiwa, begitu kata ahli. Dalam hal ini kamu bisa memilih warna yang unik namun tetap mencerminkan selera kamu. Jangan bingung karena varian warna dalam mukena katun jepang sangatlah banyak. Soal warna bisa disesuaikan dengan kesukaan, Ibu saya contohnya, suka warna biru tosca. Yaa kalau beli mukena kebanyakan warna biru tosca.

4. Motif
Mengingat mukena katun jepang ini banyak motif, kamu bisa tentukan berdasar kepribadian kamu seperti motif bunga kecil, bunga besar, polkadot, atau yang lainnya.

5. Aksesori renda
Renda sebetulnya bukan lagi aksesori namun hal yang wajib dalam menyertai mukena model gamis maupun model setelan. Fungsi renda di mukena katun jepang adalah untuk memberi aksen, menambah perbedaan dengan mukena katun jepang produk lain. Lagi-lagi, pilihlah aksen renda yang sesuai dengan selera kamu.

6. Tas
Fungsi tas untuk semua mukena jaman sekarang adalah untuk mempermudah membawa ketika kita traveling. Model tasnya pun berbeda-beda. Kamu bisa memilih yang simple atau yang elegan, sesuaikan dengan keinginan kamu.

7. Harga
Salah satu pertimbangan dalam memilih mukena katun jepang adalah soal harga. Sebenarnya harga ini relatif, sesuai dengan kemampuan calon pembeli. Kalau memang dia mampu, beli harga jutaan yaa sanggup. Tapi kalau dia cukup, membeli yang harganya standar disesuaikan dengan dompet kita.

Itu lah 7 tips memilih mukena katun jepang dari saya. Kalau kamu ingin membeli mukena katun jepang untuk hari Raya nanti. Kamu bisa memilih mukena katun jepang di MatahariMall karena di sana banyak pilihan dan modelnya. Mukena katun jepang juga banyak motifnya, dan banyak pula peminatnya. Semoga Lebaran ini membawa kebahagiaan untuk kita. Amin

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)