Resep Masakan Andalan Keluarga yang Murah dan Gampang Banget

Setiap keluarga pasti punya masakan andalan sekalipun setiap anggota keluarga punya selera yang berbeda-beda. Ada yang suka masakan dan makanan pedas, ada yang sama sekali nggak suka pedas. Dan itu hal yang sudah lumrah dalam sebuah keluarga. Di keluarga saya, hampir seluruh anggota keluarga menyukai makanan pedas, jadi bisa dikatakan masak apa saja yang rasanya pedas kami semua tidak keberatan dan bahkan malah bisa langsung diserbu habis.

Masakan yang paling disukai adalah Tempe Pecak. Tempe pecak ini masakan yang berbahan dasar tempe saja. Gampang, simpel, murah meriah pula. Kecuali harga cabai sedang melonjak naik, mungkin ini akan sedikit mahal, tapi tak seberapa juga, karena nggak butuh banyak cabai untuk sambelnya.

Bahasa di Kesesi pakai pecak, kalau di daerah lain lebih dikenal dengan istilah tempe penyet. Intinya sama, tempe dipenyet-penyet. Yang membedakan dengan masakan tempet penyet di warung lamongan adalah, tempenya ini direbus. Jadi masakan ini sehat karena tidak mengandung minyak (kolesterol).




Sekarang, saya mau share beberapa bahan yang harus disiapkan untuk membuat tempe pecak ini, monggo kalau temen-temen ada yang mau masak resep ini. Dijamin sedaap deh. Gampang dan Murah meriah. *___*

Bahan:
Tempe
Cabai rawit

Tomat (optional)
Garam
Bawang merah
Trasi
Gula Jawa

Caranya:

  1. Rebus tempe bersamaan dengan cabe, tomat (optional) dan bawang merah, beri garam supaya tempenya tidak hambar. Secukupnya saja.
  2. Setelah semua matang, angkat. Tiriskan tempe. Dan taruh cabai, tomat, dan bawang merah di cowek, tambahkan trasi, garam, dan gula jawa.
  3. Uleg semuanya. Setelah sambal sudah jadi, ambil tempe secukupnya, dan dipecak atau dipenyet-penyet.
  4. Sajikan dengan nasi panas dan sedikit lembek.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)