header cah kesesi ayu tea

Tumbuh Kembang Balita



Semakin hari usia Noofa bertambah. Seiring bertambahnya usia, tentunya perkembangan dan kecerdasannya pun ikut bertambah. Seperti anak seusia Noofa, rasa ingin tahunya semakin besar, perkembangan yang lain pun selalu ada setiap harinya. Sebagai ibunya, melihat berbagai perkembangan anak adalah suatu kebahagiaan, apalagi saya selalu bersama setiap hari, saya dapat melihat berbagai perkembangan yang terjadi dalam diri Noofa dengan sadar dan penuh kejutan.

Tak seperti alat perekam yang canggih, tentunya saya tidak bisa mengingat satu persatu detail perkembangan Noofa, tetapi dengan postingan blog ini, saya harap saya bisa mengabadikan beberapa perkembangan dalam bentuk tulisan. Perkembangan Noofa di usianya 3 tahun 4 bulan, adalah... 


gambar ambil dari web friso.co.id

Perkembangan Kognitif
 
Ketika Noofa umur 3 tahun lebih, ia mulai membangun kemampuan berpikir logis secara perlahan dan dapat memahami sebab dan akibat dari suatu tindakan. Selain itu, ia juga mampu memecahkan masalahnya sendiri. Contohnya waktu gigi seri bagian depan atas dia terdapat karies. Selama dua hari dia mogok nggak mau gosok gigi. Saya bilang ke dia kalau tidak sikat gigi, kariesnya akan makin banyak dan bisa sakit gigi. Kemudian, dia seperti berfikir dan mau sakit gigi lagi, dia sendiri yang minta untuk gosok gigi dua kali setiap hari, sehabis makan pagi dan sebelum tidur. Selain itu juga waktu dia naik-naik kursi, dia sangat penasaran ingin lebih tinggi dan tinggi, sampai akhirnya jatuh, dia nangis, dan berjanji untuk tidak mengulangi lagi. hihihi

Perkembangan Motorik

Pada perkembangan motorik, anak akan mengalami proses perkembangan yang sejalan dengan kemampuan syaraf dan otot gerak anak. Yang saya suka dari Noofa, dia mulai menunjukkan rasa humor dan ngelucu di depan keluarga saya, sampai-sampai Ibu saya selalu kangen dengan Noofa. Dia juga sudah mulai bisa menggerakkan tangannya menunjukkan arah, ke kanan, ke kiri, ke depan, ke atas, ke bawah, dan ke belakang.

Perkembangan Sosial & Kemandirian

Selain adanya perkembangan kognitif dan motorik, Noofa juga mulai belajar untuk bertanggung jawab pada dirinya sendiri dengan melakukan beberapa aktivitas sederhana sendiri, seperti melepas dan memakai baju sendiri, gosok gigi, sampoan dan sabunan sendiri, pakai sepatu dan sandal sendiri, juga bikin susu sendiri.

Perkembangan Bahasa & Bicara

Naahh.. menurut saya, di usia Noofa yang baru 3 tahun ini, ia mengalami banyak peningkatan saat berinteraksi dengan orang lain. Noofa cerewet banget, sudah mulai bisa protes bila ada suatu hal yang tidak sesuai dengan keingiannya, mulai banyak minta dan menyebutkan apa saja yang dia minta. Ia mulai dapat menyatakan keinginan dan perasaannya melalui kata- kata. Contohnya, ia mulai dapat merespon hal yang ia rasakan dengan cara bertanya atau berkomentar. Kemaren waktu saya ajak dia rutin cek up ke dokter gigi, awalnya memang dia agak sedikit worried, karena dia agak parno dengan dokter. Pikir dia, dia akan disuntik bila ketemu dokter. Tapi dengan rayuan dan pengertian, akhirnya dia mau masuk ke ruang konsultasi dokter gigi. Di dalam ruangan konsultasi, Noofa ditanya-tanya oleh dokternya, dan semuanya dijawab dia, mulai dari ikut menghitung jumlah giginya Noofa, dan menjawab pertanyaan tentang berapa kali gosok gigi. Ketika dokter menasehati juga dia mau mendengarkan. Saya memang suka mengajak Noofa kemanapun saya pergi, dengan tujuan supaya dia bisa terbiasa dengan orang di sekitar, selain itu, dengan adanya interaksi tersebut, si Kecil secara tidak langsung telah menambah kosa kata dalam kehidupan sehari-harinya. 

Alhamdulillah, beberapa perkembangan Noofa di usianya kini seperti yang diharapkan. Sesuai dengan tumbuh kembang balita pada umumnya. Semoga makin pintar, sholihah, ya Nak. Ummi tunggu perkembangan-perkembangan dari dalam diri kamu, Nak.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment