Nutrisi untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Saya punya temen yang sekarang sedang hamil muda. Selamat yaa, say.. Allah sudah memberikan rezeki yang luar biasa kepada kamu berupa kehamilan, bersyukurlah atas segala nikmat yang telah diberikan oleh-Nya. Semoga kamu dan janin yang kamu kandung senantiasa diberi kesehatan, serta diberi kemudahan saat persalinan nanti.

Yang namanya teman dekat, dan mengetahui saya sudah pernah hamil, dia banyak bertanya kepada saya, seperti halnya pengalaman yang saya alami, juga beberapa tulisan teman blogger yang dipublish bisa dengan gratis saya serap ilmunya. Tak sungkan-sungkan saya menjawab, sebisanya. Lagipula pertanyaannya biasanya experience-based jadi sesuai apa yang pernah saya alami saja. Hehe..


Kebanyakan pertanyaan yang ditanya dia adalah soal makanan dan minuman, namanya juga hamil pertama, ditambah lagi karena dia juga tinggal di Jawa, pasti tidak lepas dengan yang namanya mitos. Banyak sekali mitos makanan yang seakan-akan menjadikan si ibu hamil justru menjadi khawatir untuk memakannya, tetapi bagi saya, selagi kandungan gizi atau nutrisinya baik untuk ibu hamil, kenapa tidak? Dokter saya dulu juga pernah bilang kalau orang hamil tu bukan orang sakit yang dilarang makan ini dan itu, tetapi ibu hamil konsen ke janinnya, apa yang dia makan adalah untuk janinnya. Disesuaikan porsinya, tidak berlebihan.

Mbak, Makanan apa aja sih yang baik dimakan ibu hamil di Trimester Pertama? 

Satu pertanyaan dari teman saya itu membuat saya mengingat-ingat kembali saat saa hamil Noofa di Trimester pertama (Minggu Ke-1 Sampai dengan Minggu Ke-12). Saat trimester ini janin sedang mengalami pembentukan dan perkembangan, sehingga kebutuhan gizi nutrisi ibu hamil harus tercukupi. Ada pembentukan kantung janin di dalam rahim sang ibu sampai nantinya berisi janin. Agar kantung janin tidak hanya berisi kantung saja maka ibu hamil perlu menjaga asupan nutrisi, salah satunya dengan makanan yang dikonsumsi. Beberapa ibu hamil ada yang mengalami hamil kosong yaitu kondisi kehamilan dimana calon janin tidak ada di dalam kantung janin, di sini berarti rahim hanya berisi kantungnya saja. Na'udzubillah.

Pada minggu pertama sampai dengan minggu keempat kehamilan, ibu hamil disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori. Makanan mengandung kalori seperti daging merah dan daging unggas. Kalori diperlukan agar tubuh memiliki energi yang cukup dan agar janin yang tengah terbentuk bisa berkembang pesat. Menurut artikel yang saya baca, jumlah kalori yang harus dikonsumsi minimal 2000 kilo per harinya.

Kemudian pada Minggu kelima hingga minggu keenam ibu hamil yang biasanya mengalami muntah dan mual bisa mengkonsumsi sayuran hijau. Bisa dimasak sayur soup, atau sayur bening dan dimakan dalam keadaan hangat bisa menjadi pilihan makanan bagi ibu hamil. Banyak vitamin dan juga mineral yang terkandung dalam sayuran hijau sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Kalau saya dulu pernah makan sayur aja, tanpa nasi, karena pernah mengalami masa di mana saya merasa mual melihat nasi, hehehe

Selanjutnya, pada minggu ketujuh dan kedelapan janin akan mengalami pembentukan rangka dan tubuh janin. Untuk menunjang pembentukan tulang tersebut dibutuhkan kalsium sebanyak 1000 miligram per harinya. Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, bisa juga makan makanan ringan seperti kacang-kacangan.

Pada minggu kesembilan ibu hamil membutuhkan vitamin C dan Asam folat yang banyak. Jumlah asam folat yang harus dikonsumsinya adalah 0,6 miligram per harinya. Makanan yang bisa dikonsumsi seperti buah-buahan. Kalau males makan bisa juga dibuat juice dan itu tergantung dari kegemaran masing-masing ibu hamil.

Pada minggu kesepuluh ibu hamil membutuhkan nutrisi berupa protein yang mengandung asam amino yang tinggi. Asam amino ini sangat bermanfaat untuk membentuk otak pada janin, bisa dikombinasikan dengan DHA dan juga kolin agar janin dapat memproduksi sel otak lebih sempurna. Protein tersebut bisa di dapatkan dari ikan laut, dan kebetulan saat saya hamil saya suka makan ikan laut, biasanya saat makan ikan laut saya suka sama sambel. hihihi

Pada minggu kedua belas, ibu hamil membutuhkan nutrisi yang tinggi. Nutrisi itu ada pada vitamin. Mengkonsumsi nutrisi tinggi berfungsi untuk menghindari bayi lahir dengan cacat. Tentu semua orang ingin bayi yang dikandung sehat-sehat saja, kan? Beberapa Vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin A, vitamin B1, B3, B2 dan juga B6. Jumlah yang harus dikonsumsi per hari adalah 60 gram per hari. Intinya di trimester pertama ini perbanyaklah makanan sehat seperti daging, buah dan sayur.

Mengkonsumsi makanan sehat saat hamil sangat dianjurkan, karena apa yang kita makan sesungguhnya merupakan asuoan makanan yang diteruskan untuk janin yang kita dikandung. Selain makanan, multivitamin yang biasanya didapatkan dari dokter kandungan juga baik untuk dikonsumsi jika memang diperlukan.  Selain itu ibu hamil juga bisa melengkapi nutrisi dengan cara minum susu khusus ibu hamil. Semua itu bertujuan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dna juga janin yang sedang di kandung. Semoga manfaat, ya, say. Saya tulis di sini supaya bisa kamu bisa baca. Hehe..

Referensi
http://hamil.co.id/nutrisi-ibu-hamil/gizi-ibu-hamil-berdasarkan-trimester-kehamilan

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Cah Kesesi Ayutea ini, Silakan tulis komentar untuk postingan ini.. :)

Mohon maaf.. spammer atau komentar dengan menyertakan link hidup akan saya hapus .. :)