header cah kesesi ayu tea

Manfaat Terapi Ikan Nilem


Manfaat Terapi Ikan Nilem ...  Dewasa ini banyak sekali tempat wisata untuk rekreasi bersama keluarga yang dapat kita temui. Mulai dari alam seperti pegunungan, laut, pantai, danau, sungai, sampai wahana rekreasi yang sengaja dibangun untuk wisata, seperti waterpark, taman mini, museum, dan masih banyak lagi. Bahkan rekreasi yang sejatinya sangat bermanfaat bagi tubuh pun sekarang sudah banyak di mana-mana. Bagaimana tidak, rekreasi adalah salah satu cara untuk merefresh otak dari pekerjaan yang selama ini dikerjakan. Dengan begini, walaupun waktunya singkat, cukup untuk tubuh dan otak dan dapat dijadikan obat dari penat yang kita rasakan.

Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan terapi ikan. kemaren, saya bersama keluarga pergi ke wahana wisata keluarga Meduri. Meduri terletak di Tirto Pekalongan. tepatnya di Wahana wisata Meduri Asri di Jalan Raya Meduri Kelurahan Pasir Sari Tirto Pekalongan Barat. Tempatnya luas, karena memang diperuntukkan untuk rekreasi keluarga. Banyak sekali permainan di sana, seperti kolam renang, outbound, flying fox, ada juga taman tempat bermain anak-anak dan beberapa hewan. Salah satu tempat yang membuat saya tertarik untuk mencobanya adalah terapi Ikan Nilem. Tempat terapi ikan nilem berada di luar wahana permainan yang lain. Tepatnya di dekat aula dan mushola, bersebelahan dengan lesehan untuk makan bersama keluarga.


Nyobain pake tangan duluuu :D

Terapi ikan nilem ini adalah pengalaman saya pertama kali. Biasanya saya hanya bisa melihat teman facebook upload foto atau melihat banyak pengguna instagram yang mengunggah foto sedang ‘bersenang-senang’ dengan ikan. Dan, Alhamdulillah kemaren saya bisa merasakan sendiri sensasinya digigit ikan nilem yang bikin geli. 




Meskipun bikin geli, terapi ikan ini ternyata banyak manfaatnya, berikut manfaat terapi ikan nilem:



  • Memakan sel kulit mati / kering 
  • Membantu regenerasi dan peremajaan kulit 
  • Merangsang pertumbuhan sel kulit baru 
  • Melancarkan peredaran darah dalam tubuh 
  • Menghilangkan penyakit kulit 
  • Membantu mengurangi rasa gatal-gatal 
  • Membantu menyembuhkan penyakit, seperti eksim, infeksi kulit, dll 
  • Sebagai sarana rekreasi dan kesegaran tubuh

Nah, banyak banget, kan, manfaatnya? Kalau perempuan, sih, pasti kepengen banget punya kulit mulus. Ya nggak?

Sakit Nggak Sih digigit Ikan Nilem?

Pernah digigit semut? Naahh.. digigit ikan nilem tida
k sesakit digigit semut. Kalau digigit semut kan akibatnya bisa bentol dan gatal, kalau digigit ikan nilem malah kulitnya jadi halus. Beneran, deh. Setelah cuci kaki, saya masukkan kedua kaki ke kolam, ikan nilemnya langsung menyerbu.. mainnya kroyokan pulak. Hahaha.. senit-senit clekit gitu rasanya, geli banget karena mereka gigitnya penuh  kelembutan. Hihihi. Tapi nggak lama setelah itu, begitu saya angkat kedua kaki saya, rasanya haluuss, lembut, warna kulit saya juga jadi terang. Coooccooookk!!!

Mahal, nggak?


Enggaaak mahaall..  sangat terjangkau jasa terapi ikan nilem ini, karena di Meduri, kita hanya membayar Rp7500 untuk terapi selama 20 menit.

Oiya salah satu hal yang perlu diperhatikan kalau mau terapi ikan ini adalah memilih pakaian. Pilih pakaian yang adem, celananya juga jangan yang ketat supaya bisa dilipat ke atas. Misalnya kalau mau pakai celana jeans sebaiknya pilih celana yang bagian bawahnya tidak ketat. Wajib cuci kaki dahulu, terus jangan sambil makan. Tapi kalau sambil ngemut permen gak apa-apa kali yaa.. asal sampahnya jangan dibuang sembarangan. ^___^

Atau bisa juga sambil mendengarkan music klasik? Boleeehh.. lebih enjoy lagi sambil dengerin mp3 murotal 30 juz. ^___^
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment