header cah kesesi ayu tea

Ibu Menyusui Boleh Makan Makanan Pedas?



“Fit.. Mbok yaa jangan makan pedes, sih. Nanti Noofa mencret”

Kalimat itu seriing banget saya dengar waktu saya masih menyusui Noofa. Apalagi waktu Noofa masih berusia beberapa hari. Simbah saya wanti-wanti banget soal makanan yang saya makan. Dari mulai nggak boleh makan makanan berminyak, makanan pedas, makanan yang amis-amis, sampai soal minum minuman yang dingin, seperti es the dan minuman es lainnya.

Katanya, Ibu menyusui nggak boleh makan makanan pedas karena nanti bayinya bisa diare. Kalau makan makanan berminyak katanya nanti tali pusarnya susah kering dan lama puputannya. Begitupun makan yang amis-amis seperti ikan dan telur katanya nanti lukanya lama keringnya, baik luka jahitan pasca melahirkan, maupun luka di tali pusar bayi. Benarkah begitu?

Waktu saya kontrol di rumah sakit, saya menanyakan tentang kebenaran itu. Apakah benar ASI akan terasa pedas dan panas bila Ibunya makan makanan yang pedas? Dan benarkah Ibu menyusui yang makan makanan pedas bisa berakibat bayinya menjadi diare?


 
gambar ambil dari elifmedika
Memang saya jadi banyak tanya karena Noofa anak pertama saya, saya belum punya pengalaman sebelumnya. Banyak sekali mitos karena hidup di Jawa, segala sesuatunya selalu dikait-kaitkan dengan mitos. Sejak saya hamil juga simbah saya sering wanti-wanti tentang apa saja yang saya lakukan. Seperti  harus membawa ‘bekal’ saat pergi-pergi, berhati-hati dengan sekeliling, dan masih banyak lagi. Ada baiknya menuruti omongan orang tua, asalkan hati nggak tersugesti dari mitos tersebut. 

Jawaban dokter singkat saja, “Ibu hamil dan ibu menyusui itu tidak sama dengan Orang sakit. Bila orang sakit ada beberapa pantangan makanan yang memang harus dihindari, tetapi ibu hamil dan ibu menyusui bukanlah orang sakit yang banyak pantangannya”.

Meskipun Ibunya makan pedas, ASI tidak menjadi pedas dan panas seperti yang dikatakan simbah saya. Tidak juga akan menyebabkan bayi menjadi diare karena ASI yang dia minum.
Bila Ibu hamil atau menyusui makan pedas yang berlebih, bisa jadi si ibu akan menjadi sakit perut, di mana bila kebanyakan makan makanan pedas sangat memungkinkan menyebabkan diare. Bila Ibu sakit, Air Susu Ibu yang diproduksi akan berkurang, dan itu akan berpengaruh kepada bayi.

Atau, misal terjadi diare pada bayi, bisa jadi sang bayi alergi terhadap salah satu zat yang terkandung pada cabai. Bukan pedasnya, melainkan salah satu zat yang terkandung pada makanan pedas itu sendiri.

Ibu menyusui boleh makan apa saja asalkan pada porsinya, bila mana ia suka makanan pedas, yaa sebaiknya secukupnya saja. Bukankan orang yang berlebih-lebihan itu tidak disukai Allah? *__*

Yang harus dilakukan ibu menyusui adalah makan makanan yang bergizi, apa saja asalkan gizinya terpenuhi. Banyak makan sayur, makan buah, minum susu Ibu menyusui, dan banyak minum air putih. Air putih sangat penting bagi ibu hamil dan menyusui, lho.

Kenapa air putih penting untuk ibu menyusui? Karena Ibu yang baru melahirkan memproduksi ASI yang sangat bermanfaat untuk bayi karena terdapat zat gizi dan juga imun yang terkandung di dalamnya. Air putih berfungsi untuk menjaga produksi ASI didalam tubuh Ibu. Dari beberapa riset menjelaskan ibu menyusui dengan kondisi kekurangan air atau dehidrasi bisa menyebabkan produksi ASI menjadi berkurang sampai 5%.

Air putih akan membantu proses pembuangan sisa metabolisme. Sisa-sisa metabolisme ini kalau tidak segera dibuang di dalam tubuh kita dapat menjadi racun, nah akibatnya adalah Ibu tersebut bisa terganggu kesehatannya, terganggu keseimbangan hormonal juga. Salah satunya adalah hormon oksitosin yang berfungsi dalam produksi ASI. Bila hormon ini bermasalah makan dapat berakibat produksi ASI menjadi sedikit.

Minum air putih juga tidak sembarangan, maksudnya konsumsi air putih yang berimbang dan tidak berlebihan. Pilihlah sumber air putih terbaik dan sesuai dengan kebutuhan. The Institute of Medicine (IOM) memberikan rekomendasi agar ibu menyusui mengkonsumsi air putih sebanyak 3,1 Liter atau setara 13 gelas setiap harinya.

Bagaimana? Intinya, ibu menyusui boleh makan pedas, boleh makan yang berminyak, dan boleh makan yang amis-amis. Apalagi minum susu ibu menyusui dan air putih, boleh banget! Semoga manfaat!
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment