header cah kesesi ayu tea

Dua Buku Pengetahuan Untuk Noofa



Sejak Noofa kecil, Noofa sudah terbiasa dengan buku. Buku untuk anak-anak yang bagus memang harganya mahal, saya harus menabung dulu untuk bisa membelikan buku cerita untuk Noofa. Atau, kalau penerbit besar mau launching buku baru, biasanya ada test pasar dulu dengan visit ke kampus atau sekolah-sekolah. Nah, kalau ada kesempatan seperti itu, saya pasti membeli produk promonya, harganya jauh lebih murah. Tapi sayangnya nggak tiap bulan ada, hehee.. 

Seringnya, tiap ada bazar buku saya membelikan beberapa buku cerita bergambar, harganya memang jauh lebih terjangkau. Tetapi, Noofa seringnya suka nyobek bukunya kalau sudah bosan dengan  buku itu. Buku dengan kertas tipis yang sangat mudah disobek dan rusak bila terkena air. Kan sayang banget kalau kaya gitu. Hiks.

Kemaren Abi membelikan dua Buku untuk Noofa sebesar Rp. 100.000,- sepaketnya. Satu paket mendapatkan 2 buku full gambar.

Abi pulang sekolah membawa buku besar. Yang satu lebarnya melebihi buku besar yang pernah saya beli di penerbit Bentang Pustaka. Yang satunya setengah dari ukuran buku besar.


My First Picture Dictionary dan My First Book of Jungle Animals.



My First Picture Dictionary berisi lebih dari 100 ilustrasi dalam bentuk gambar. Terdapat 24 tema yang menggoda rasa ingin tahu anak untuk menelusuri isinya serta mempertahankan perhatian mereka, setiap gambarnya diberi label jelas sehingga anak dapat dengan mudah mencocokkan kata dengan gambar. Misal, gambar wajah di sana ada beberapa kosakata seperti rambut, pipi, telinga, mata, alis, hidung, dan mulut. Contoh lain kata “rumah sakit”, di sana ada beberapa kosakata yang terdapat di rumah sakit, seperti dokter, suster, obat, kursi roda, dan stetoskop. Atau kata “bandara” berarti benda yang berhubungan dengan bandara, seperti pesawat, pramugari, pilot, penumpang, landasan, dan garbarata. Buku besar ini adalah Kamus bergambar, dilengkapi dengan dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Selain itu, ada juga CD interaktif, di mana CD tersebut adalah aplikasi yang dapat diinstal di leptop. Isinya sama dengan yang ada di buku, hanya saja berbentuk aplikasi yang dapat dimainkan di leptop.



Yang kedua adalah My First Book of Jungle Animals. Seperti judulnya, buku ini berisi gambar-gambar hewan yang ada di hutan. Kategori hewan hutan ini dibagi menjadi empat tempat tinggal, yaitu hewan yang tinggal di pepohonan, seperti kukang, monyet, ular boa pohon, dan tupai. Hewan yang tinggal di lantai hutan, seperti macan tutul, harimau, lintah, semut, dan lain-lain. Hewan yang tinggal di sungai, seperti anaconda, kadal basilisk, kapibara, piranha, dan kaiman. Dan juga Hewan yang sukanya di pucuk pepohonan seperti elang harpy, kelelawar buah, burung nuri, dll. Meskipun judulnya menggunakan bahasa Inggris, namun isi buku ini full berbahasa Indonesia. Seperti kamus bergambar, buku ini juga dilengkapi dengan CD interaktif. Di bagian akhir halaman buku ini terdapat puzzle yang dapat dimainkan bersama-sama. 


Keduanya sudah cukup lama diterbitkan, 2012 lalu. Diterbitkan oleh Cat’s Pyjamas Books, Hong Kong. Alhamdulillah Noofa suka buku pengetahuan yang dibelikan Abi ini.  Semoga semakin banyak kosakata yang bisa dia ngerti dan pahami.
Noorma Fitriana M. Zain
Noorma Fitriana M. Zain, seorang Ibu Rumah Tangga dengan dua anak perempuan yang cantik, hobby menulis dan berselancar di dunia maya, Ia berasal dari Kesesi - Pekalongan, dan kini domisili di Semarang. Lulusan Pascasarjana Unnes ini bercita-cita ingin menjadi Abdi Pendidikan yang bermanfaat di dunia maupun di akhirat. Amin

Related Posts

Post a Comment